Mohon tunggu...
Trisastia Wani
Trisastia Wani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa/ Tadris IPS, Uin Suska Riau

Membaca,Menonton

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Ilmu tentang Geografi Terkait dengan Adanya Perubahan Kurikulum untuk Jenjang Pendidikan

24 Juni 2022   12:29 Diperbarui: 24 Juni 2022   12:44 200
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

ilmu pengetahuan tentang geografi terkait dengan adanya perubahan kurikulum untuk jenjang pendidikan

Oleh: Trisastia Wani 

Jurusan Tadris IPS Fakultas Tarbiyah dan Keguruan 

Email: trisastiawani2003@gmail.com

pendidikan selalu menjadi bahan yang sangat menarik untuk diperbincangkan, ditambah adanya perubahan kurikulum, tentunya proses pembelajarannya juga akan berbeda. terdapat beberapa alasan kenapa kurikulum sering berubah, karena manusia adalah insan dan misi kehidupan  tentunya ada pembaharuan, kebaikan sesuai dengan perkembangan teknologi. nah disini akan dibahas tentang perubahan kurikulum terutama dalam materi geografi

Geografi ittu sendiri adalah ilmu yang menelaah tentang bumi dan berkaitan dengan manusia sebagai pelakunya. membahas berbagai feneomen yang terjadi dialam, baik yang diair, hutan, dan lainnya

1. Kurikulum 2013

kedudukan geografi pada K-13 dikelompokkn menjadi pelajaran yang berkaitan dengan ilmu-ilmu sosial, karena kajiannya itu lebih mengarah pada sudut pandang posisi serta aktivitas manusia yang dipengaruhi dengan dinamika dan tantangan alam fisik, sehingga materi geografi cukup luas untuk dibahas. tatanan kurikulumnya juga memperhatikan untuk syarat materi berikutnya. pak Ismail selaku dosen mata kuliah Geografi  juga menegaskan bahwa geografi kaitannya juga sangat erat dan sosial 

2. Kurikulum merdeka

pada tahubb 2022 ini, adanya aturan dari pemerintah bahwa kajian geografi ini memaparkan beberapa modul tempat ajar untuk satuan pendidikan. sehingga siswa bisa mengembangkan modul ajar yyang sudah dibagikan tersebut. sehingga siswa dituntu lebih mandiri, cekatan dan aktif dalam memahami suatu materi. tidak hanya itu RPP yang biasanya digunakan itu tidak perlu lagi, karena pihak yang pengajar itulah yang menentukan sendiri bagaimana menyusun strategi modul ajar sesuai dengan yang dibutuhkan siswanya 

Nah jadi dari perubahan kurikulum tersebut dapat disimpulkan bahwa meskipun perubahan tersebut tidak jauh beda tapi perubahan kurikulum untuk mengarah pendidikan agar menjadi lebih baik dari sebelumnya, mengajak para siswa maupun mahasiswa untuk menjadi generasi yang cerdas dan aktif dalam menghadapi perkembangan zaman, sehigga bisa menjadi generasi emas. 

Referrnsi

Nofrion, (2015) penguattan kurikulum dan pembelajaran geografi, UNPAD, fakultas ilmu sosial, jurusan geografi 

Nirwanto dan Heri Tjahjono (2016) kesiapan guru geografi mmebuat strategi pembelajaran k-13 vol 4 no 1 2016

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun