Mohon tunggu...
Tri Rahayu Setyorini
Tri Rahayu Setyorini Mohon Tunggu... Guru - GURU

Pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Refleksi Dwi Mingguan Modul 1.3 Budaya Positif

15 Januari 2024   20:39 Diperbarui: 15 Januari 2024   20:43 300
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Halo Ibu/Bapak guru, saya Tri Rahayu Setyorini Calon Guru Penggerak Angkatan 9 Kabupaten Wonogiri. Pada kesempatan ini saya akan menulis mengenai Jurnal Refleksi Dwi Mingguan pada modul 1.4 tentang Budaya Positif. Jurnal ini sebagai refleksi diri setelah selama dua minggu ke-2 mengikuti kegiatan Pendidikan CGP yang kedepannya akan ditulis secara rutin selama dua mingguan sebagai tugas yang harus dikerjakan oleh calon guru penggerak.

Dalam menulis jurnal refleksi ini saya menggunakan model 1 yaitu model 4F (Fact, Feeling, Findings, dan Future, yang diprakarsai oleh Dr. Roger Greenaway. 4F dapat diterjemahkan menjadi 4P yakni : Peristiwa; Perasaan; Pembelajaran; dan Penerapan.

  1. Fact (Peristiwa)

Pada modul 1.4 ini saya mulai mempelajari materi mengenai Budaya Positif diawali dengan pembelajaran secara mandiri diawali dengan 'Mulai Dari Diri'. Pada bagian ini saya diminta untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada di LMS diantaranya:

1) Pentingnya menciptakan budaya positif di lingkungan sekolah;

2) Bagaimana cara menciptakan budaya positif di lingkungan sekolah;

3) Hubungan antara menciptakan suasana/budaya positif dengan proses pembelajaran yang berpihak kepada murid;

4) Penerapan disiplin saat ini di sekolah saya, apakah sudah diterapkan dengan efektif, bila belum, apa yang masih perlu diperbaiki dan dikembangkan. Dilanjutkan dengan menjawab pertanyaan refleksi diri, harapan untuk diri sendiri, harapan kepada siswa, dan ekspektasi.

Setelah mempelajari bagian 'mulai dari diri', berlanjut ke bagian 'Eksplorasi Konsep' dimana ada 6 materi yang esensial pada modul 1.4 ini. Materi tersebut adalah:

 1) Disiplin Positif dan Nilai-nilai Kebajikan Universal;

 2) Teori Motivasi, Hukuman dan Penghargaan, Restitusi;

3) Keyakinan Kelas;

4) Kebutuhan Dasar Manusia dan Dunia Berkualitas;

5) Restitusi -- Lima Posisi Kontrol;

6) Restitusi -- Segitiga Restitusi.

Setelah mempelajari eksplorasi konsep, saya berkolaborasi dengan kelompok lain yang dilakukan secara tatap maya dipimpin oleh fasilitator kami yaitu Ibu Ira dalam sesi Ruang Kolaborasi. Ruang kolaborasi dibagi menjadi dua bagian. Bagian pertama adalah diskusi dengan anggota kelompok dan yang kedua adalah bagian presentasi hasil diskusi kelompok. Kami banyak berdiskusi dalam sesi ini, khususnya dalam sesi menanggapi presentasi dari setiap kelompok.

Setelah berkolaborasi, kami fokus mengerjakan tugas mandiri lagi di bagian 'Demonstrasi Kontekstual'. Di bagian ini saya mendapatkan tugas membuat dua skenario penerapan segitiga restitusi. Setelah skenario dibuat, saya membuat video penerapan segitiga restitusi bersama siswa.

Kegiatan selanjutnya dalam modul ini adalah 'Elaborasi Pemahaman' bersama instruktur Ibu Siti Luthfah. Di bagian ini, saya ditugasi untuk memberikan pertanyaan yang dapat menguatkan pemahaman saya tentang isi modul 1.4. Budaya Positif. Pada sesi ini saya banyak berdiskusi bersama instruktur yang bertujuan untuk memahami lebih dalam maksud dari materi pada modul 1.4 ini.

Setelah mengikuti serangkaian kegiatan, saya lanjutkan dengan membuat tugas 'Koneksi Antar Materi'. Bagian ini adalah pengaitan antar materi yang sudah saya pelajari mulai dari modul 1.1, 1.2, 1.3. dan 1.4. Tugas di bagian ini adalah menjelaskan pemahaman saya tentang konsep-konsep inti yang telah saya pelajari di modul ini, yaitu: disiplin positif, teori kontrol, teori motivasi, hukuman dan penghargaan, posisi kontrol guru, kebutuhan dasar manusia, keyakinan kelas, dan segitiga restitusi. Saya juga diminta untuk menjelaskan hal yang menarik dan di luar dugaan saya. Saya juga membuat rancangan aksi nyata sebagai persiapan pelaksanaan aksi nyata modul 1.4.

Kegiatan  terakhir pada modul ini adalah pembuatan 'Aksi Nyata', yang mana dalam aksi nyata ini saya melaksanakan penerapan budaya positif diskeolah. Ada dua kegiatan yang saya lakukan yaitu dengan melakukan diseminasi Budaya Positif kepada kepala sekolah, bapak/ibu guru dan Tata Usaha dan pembuatan keyakinan kelas di kelas VII C.

 Dalam kegiatan diseminasi ini saya menjelaskan apa yang sudah saya dapatkan mengenai materi budaya positif, dan saya meminta kepada semua rekan sejawat agar dapat membuat 'Keyakinan Kelas' di kelas masing-masing yang nantinya menjadi keyakinan kelas sampai menjadi keyakinan sekolah. Aksi nyata ini dibuat dalam  bentuk  video yang diunggah melalui LMS dan unggah di Bukti Karya platform merdeka belajar.

  1. Perasaan (Feeling)

Yang saya rasakan setelah mempelajari modul 1.4 ini adalah perasaan semangat dan senang. Saya semangat karena di modul 1.4. ini saya bisa mempelajari materi tentang budaya positif yang memberikan pencerahan saya tentang penerapan budaya positif di sekolah. Saya bisa lebih paham tentang nilai-nilai kebajikan, posisi kontrol guru, teori motivasi, keyakinan kelas, segitiga restitusi, dan lain-lain. Yang membuat saya senang karena bisa melakukan aksi nyata penerapan budaya positif di sekolah dan berkolaborasi dengan teman CGP lain untuk membuat presentasi tentang analisis kasus berdasarkan konsep budaya positif.

  1. Pembelajaran (Findings)

Di Modul 1.4. saya mendapatkan materi tentang konsep-konsep budaya positif, diantaranya 1) Disiplin Positif dan Nilai-nilai Kebajikan Universal; 2) Teori Motivasi, Hukuman dan Penghargaan, Restitusi; 3) Keyakinan Kelas; 4) Kebutuhan Dasar Manusia dan Dunia Berkualitas; 5) Lima Posisi Kontrol ; 6) Segitiga Restitusi. Saya juga bisa membuat contoh penerapan segitiga restitusi bersama siswa yang bisa digunakan untuk contoh bagi guru lain yang belum mengetahui tentang segitiga restitusi untuk membangun budaya positif di sekolah. Selain itu saya juga melakukan praktik baik penerapan budaya positif dan pembuatan keyakinan kelas.

  1. Penerapan (Future)

Setelah memahami materi dalam modul 1.4. tentang budaya positif, saya akan berupaya menggerakan seluruh warga sekolah untuk menerapkan konsep inti budaya positif demi mewujudkan kemerdekaan belajar peserta didik sehingga akan terbentuk peserta didik dengan profil pelajar Pancasila.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun