Penulis : Tri Djoko Susila
Lokasi : SMKS Muhammadiyah 2 Sragen
Lingkup Pendidikan : Sekolah Menenggah Kejuruan Kelas XII TP 2
Tanggal : 23 Januari 2024
Best Practice
Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi,Tantangan, Aksi Refleksi Hasil Dan Dampak) Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Peserta Didik Dalam Pembelajaran
Tujuan yang ingin dicapai
Tujuan yang ingin dicapai adalah:
- Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantuan media slit PPT,diskusi kelompok dan LKPD (proyek) untuk meningkatkan Hasil belajar dan keaktifan peserta didik Mapel TPF XII pada materi KD 3.10 Menerapkan prosedur teknik pengefraisan untuk berbagai jenis pekerjaan KD 4.10 Menyaji prosedur pembuatan Holder Pahat ½”
Situasi
(1) hal hal yang benar benar terjadi selama proses pembelajaran (keaktifan peserta didik. dalam belajar, capaian kompetensi oleh, peserta didik. kegiatan yang dilakukan guru, kendala, penghambat dan pendukung),(2) membandingkan dengan apa yang direncanakan dalam RPP, (3) menyimpulkan apa yang telah berhasil dan dengan yang belum berhasil,(4) mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dantanggung jawab anda dalam praktik ini
Situasi atau kondisi yang menjadi latar belakang masalah pada praktik ini adalah: