Surakarta, 26 Februari 2024 -- 16 Juni 2024
Program Kampus Mengajar Angkatan 7 telah dilaksanakan di SDN Sumber 6 No. 255, yang beralamat di Jl. Kutai Barat 3 No 17, RT 02/RW 16, Sumber, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Kegiatan ini melibatkan sejumlah mahasiswa dari Universitas Sebelas Maret Surakarta. Sebanyak lima mahasiswa berpartisipasi sebagai mitra guru, dengan fokus membangun Sinergi Literasi dan Numerasi  Untuk Menyongsong Pendidikan Bermutu Tinggi.
Pada  penempatan Kampus Mengajar ini, saya memiliki kesempatan untuk mengajar secara langsung di SDN Sumber 6 No. 255 selama periode 4 bulan. Kegiatan yang saya lakukan bertujuan membangun Sinergi Literasi dan Numerasi  Untuk Menyongsong Pendidikan Bermutu Tinggi di SDN Sumber 6 No. 255, antara lain:
1. Bidang Literasi
a) Kegiatan Utama
   Kegiatan Rutin Literasi
Kegiatan utama yang dilaksanakan dalam kegiatan Kampus Mengajar Angkatan 7 di SDN Sumber 6 No 255 Surakarta adalah Kegiatan Rutin Literasi. Program ini dirancang untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa melalui pendekatan yang interaktif dan menyenangkan. Dalam kegiatan ini, para mahasiswa yang terlibat bertugas untuk mengajar, membimbing, dan mendampingi siswa dalam memahami konsep-konsep dasar membaca dan menulis. Setiap hari Selasa, mahasiswa yang tergabung dalam program ini mengadakan sesi pembelajaran yang fokus pada pengembangan kemampuan membaca dan menulis. Mahasiswa menggunakan berbagai metode kreatif dan interaktif, seperti permainan edukatif, diskusi kelompok, dan penggunaan media visual, untuk menarik minat siswa dan membuat proses belajar menjadi lebih menyenangkan. Selain itu, para mahasiswa juga memberikan bimbingan individual kepada siswa yang membutuhkan perhatian khusus, memastikan bahwa setiap anak mendapatkan kesempatan untuk berkembang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhannya.
Kontribusi nyata dari program literasi numerasi rutin ini juga terlihat dalam upaya menarik minat siswa dan membuat proses belajar menjadi lebih menyenangkan. Mahasiswa menggunakan pendekatan yang kreatif dan interaktif dalam mengajar, sehingga siswa merasa lebih tertarik dan termotivasi untuk belajar. Metode pembelajaran yang inovatif ini membantu siswa memahami materi dengan lebih mudah dan menumbuhkan minat mereka terhadap pelajaran. Selain itu, kehadiran mahasiswa di kelas memberikan contoh positif bagi siswa dan menciptakan suasana belajar yang lebih dinamis dan inspiratif. Dengan demikian, program literasi numerasi rutin tidak hanya meningkatkan kemampuan akademik siswa, tetapi juga mendukung perkembangan keterampilan sosial dan emosional mereka.
Kegiatan literasi ini rutin dilakukan setiap hari Selasa. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan minat siswa dengan literasi dengan menyuguhkan literasi yang menyenangkan. Kegiatan pada Selasa, 23 April 2024 yaitu game literasi (TTS Literasi). Sedangkan pada hari Selasa, 14 Mei 2024, ada game literasi (pendengar yang baik). Mahasiswa akan bercerita, misal cerita kancil dan buaya. Ketika kami mulai bercerita lalu ada kata "kancil" maka anak wajib berebut benda didepannya (bolpoin), yang pertama mendapatkan benda tersebut menjadi pemenangnya. Kegiatan literasi pada Selasa, 21 Mei 2024 yaitu membaca nyaring yang disesuaikan jenjang kelas. Pada kelas 1 - 3: Membaca Nyaring (Menyaring), yaitu siswa menyimak dan mahasiswa akan membacakan cerita, kemudian siswa dan mahasiswa bertanya jawab mengenai unsur-unsur intrinsik dalam cerita (judul, tokoh dan penokohan, pesan moral). Sedangkan di kelas 4 dan 5: Membaca Nyaring (Menyaring), yaitu siswa diberikan cerita untuk dibaca bersama secara berkelompok, kemudian siswa dan mahasiswa bertanya jawab mengenai unsur-unsur intrinsik dalam cerita (judul, tokoh dan penokohan, pesan moral).
b) Kegiatan Penunjang
(1) Festival Literasi Numerasi
Kegiatan Festival Literasi Numerasi ini menjadi program penunjang kegiatan rutin literasi numerasi, yang dilaksanakan pada hari Selasa, 30 April 2024, berfungsi sebagai puncak dari serangkaian aktivitas yang dirancang untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa. Festival ini merupakan hasil kolaborasi antara mahasiswa dan pihak sekolah penugasan dalam merayakan Hari Pendidikan Nasional. Program ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan metode pembelajaran interaktif yang telah mereka gunakan dalam kegiatan rutin, memperkaya pengalaman siswa dengan berbagai aktivitas yang menantang dan menyenangkan. Dengan demikian, festival ini bukan hanya sekadar perayaan, tetapi juga sarana evaluasi dan apresiasi terhadap pencapaian yang telah diraih melalui program literasi numerasi yang berlangsung secara rutin.
Tema "Mewujudkan Generasi Literat Menuju Indonesia Emas 2025" menjadi landasan dalam setiap kegiatan di festival ini, menggarisbawahi pentingnya literasi dan numerasi dalam membentuk generasi yang siap menghadapi tantangan masa depan. Kegiatan utama dalam festival ini adalah jelajah literasi, di mana siswa berpartisipasi dalam permainan berbasis pangkalan. Jelajah Literasi Numerasi:
Pos 1 (True False & Rangkai Kata)
Pos 2 (TTS Numerasi & Sandi)
Pos 3 (Puzzle Maker & Pesan Berantai)
Pos 4 (Puzzle Numerasi & Fun Math)
(2) Revitalisasi Perpustakaan
Kegiatan revitalisasi perpustakaan yang dilaksanakan pada Senin, 27 Mei hingga Selasa, 28 Mei 2024, memiliki hubungan erat sebagai penunjang kegiatan rutin literasi numerasi di SDN Sumber 6. Dalam kegiatan ini, perpustakaan yang sebelumnya beralih fungsi menjadi ruang agama, diperbaiki dan ditata ulang untuk meningkatkan kenyamanan dan kelayakan penggunaannya bagi peserta didik dan guru. Langkah-langkah yang dilakukan meliputi perbaikan fisik, pembersihan, pelabelan buku, serta pengkategorian buku berdasarkan jenis dan kebaruannya. Selain itu, dibuat juga perpustakaan darurat menggunakan etalase di luar ruangan, memastikan akses literasi tetap tersedia meskipun dalam kondisi terbatas. Perpustakaan yang rapi dan terorganisir dengan baik akan mendorong siswa untuk lebih sering membaca, yang pada akhirnya memperkuat kemampuan literasi dan numerasi mereka.
Revitalisasi ini tidak hanya memanfaatkan buku-buku yang sudah ada di perpustakaan sebelumnya, tetapi juga memanfaatkan donasi buku dari lembaga Donasi Buku Kita. Buku-buku yang diperoleh dari donasi dipilah dengan cermat agar relevan dengan kebutuhan dan minat siswa saat ini. Dengan perpustakaan yang lebih tertata dan koleksi buku yang up-to-date, siswa akan lebih termotivasi untuk memanfaatkan fasilitas perpustakaan, sehingga mendukung kegiatan literasi numerasi rutin yang telah berjalan. Adanya perpustakaan yang nyaman dan mudah diakses juga menjadi sarana penting bagi siswa untuk mengembangkan kebiasaan membaca dan belajar mandiri, yang sangat penting dalam meningkatkan keterampilan literasi dan numerasi mereka. Oleh karena itu, revitalisasi perpustakaan ini menjadi pondasi penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan mendukung pencapaian pendidikan yang lebih baik.
(3) Mading
Kegiatan ini dilakukan pada tanggal 26 Maret 2024 yang digunakan untuk merevitalisasi mading yang ada di sekolah tersebut, karena pada sekolah tersebut mading sempat terhenti disebabkan oleh adanya pandemi covid pada waktu itu. Program ini dilakukan setiap 2 minggu sekali yang diawali dengan kelas 1 hingga kelas 6 kegiatan ini bersifat fleksibel yang dimana setiap kelas memiliki tema yang berbeda, tema tersebut adalah kelas 1 bertema toleransi agama, kelas 2 bertema hari raya keagamaan, kelas 3 bertema hari pendidikan nasional, kelas 4 bertema go green, kelas 5 bertema hari pancasila, dan kelas 6 bertema teknologi transformasi.
(4) Lingkungan Literasi
Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 27 Mei 2024 dengan menempelkan poster yang telah dicetak pada dinding area sekolah. Isi dari poster mencakup poster makanan sehat, anti perundungan, 4 kata bijak, cinta lingkungan, pengelolaan sampah, menghemat air, dan 5 S. Lingkungan Literasi diadakan supaya siswa menambah wawasan dan informasi.
(5) Nobar Literasi
Kegiatan ini dilaksanakan pada 10 Juni 2024 dengan narasumber bapak Danang selaku Dosen Pembimbing Lapang SD Negeri Sumber 06 Surakarta. Kegiatan ini disasarkan untuk peserta didik kelas 1-5. Film pendek yang disajikan berjudul Gerobak Perdamaian dan Melawan Perundungan. Kegiatan ini akan diulas dengan beberapa pertanyaan untuk melatih anak mengingat informasi tersirat maupun tersurat dalam film pendek yang telah disajikan bersama.
(6) Bimbingan Literasi
Kegiatan bimbingan literasi dilakukan dengan memberikan kelas tambahan kepada peserta didik yang masih sulit dalam membaca, menulis, memahami teks bacaan, meningkatkan keterampilan menulis, dan meningkatkan kemampuan membaca dengan memperhatikan ejaan dan tanda baca yang tepat. Kegiatan ini dilaksanakan dilakukan di hari kamis sepulang sekolah pada pukul 13.00. Bimbingan literasi ditujukan untuk kelas 4-5 dengan membentuk kelompok kecil sesuai kemampuan dengan didampingi 1 mahasiswa Kampus Mengajar di setiap kelompok.
2. Bidang Numerasi
a) Kegiatan Utama
  (1) Kegiatan Rutin Numerasi
Kegiatan rutin numerasi dilakukan pada setiap hari Rabu. Kegiatan ini bertujuan untuk membiasakan siswa dengan kegiatan numerasi yang tidak menyeramkan dan sangat menyenangkan. Kegiatan pada Rabu, 24 April 2024 yaitu game numerasi (TTS Numerasi). Sedangkan pada hari Rabu, 15 Mei 2024, ada game numerasi yaiyu Bubble Berantai (Bantai Numerasi). Pada kegiatan ini, peserta didik secara bergantian menjawab soal bubble berantai (penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian yang disesuaikan pada tingkatan kelas) di papan tulis. Kegiatan literasi pada Rabu, 22 Mei 2024 yaitu puzzle numerasi. Pada kegiatan ini, peserta didik menghitung dan menyusun puzzle sesuai jawaban di kotak-kotak yang telah tersedia.
(2) Lingkungan Numerasi
Program kegiatan lingkungan numerasi ini dirancang sebagaimana untuk mengintegrasikan keterampilan matematika dengan kesadaran lingkungan. Kegiatan ini dilakukan pada tanggal 7 Juni 2024 yang di mana kami menempelkan bentuk-bentuk penjumlahan dan pengurangan, konsep geometri, satuan panjang, serta satuan waktu pada tangga sekolah yang sering dilewati oleh peserta didik. Kegiatan ini bertujuan untuk membiasakan peserta didik dengan lingkungan yang berbasis numerasi yang nantinya akan terbiasa dan hafal karena sering melihat, mengembangkan keterampilan numerasi siswa melalui kegiatan yang berbasis lingkungan, meningkatkan kesadaran siswa tentang pentingnya menjaga lingkungan serta mengajarkan siswa cara menggunakan matematika untuk memecahkan masalah di lingkungan sekitar.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI