Mohon tunggu...
Trifena
Trifena Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa SCU Prodi Manajemen

Mahasiswa dari Universitas Soegijapranata Semarang prodi Manajemen semester 3

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Mengapa Kepuasan Pelanggan Bisa Meningkatkan Keuntungan Bisnis Kita?

21 Oktober 2023   14:33 Diperbarui: 21 Oktober 2023   23:09 131
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Pada zaman sekarang ini sulit meningkatkan keuntungan bisnis kita dikarenakan selera konsumen yang semakin cepat berubah dan semakin banyaknya kompetitor yang menyebabkan susahnya untuk meningkatkan penjualan produk/jasa bisnis kita, sebagai pengusaha kita pasti ingin meningkatkan keuntungan bisnis kita salah satu cara yang dapat kita gunakan yaitu dengan meningkatkan kepuasan pelanggan kepada produk kita. 

  • Apa sih kepuasan pelanggan itu ? 

Kepuasan pelanggan adalah skala ukuran yang digunakan untuk menentukan apakah nilai produk kita sudah sesuai dengan harapan konsumen saat produk tersebut sampai ke tangan mereka atau bisa juga dikatakan sebagai tanggapan pelanggan bahwa terpenuhinya kebutuhannya yang berasal dari produk bisnis kita. 

  • Mengapa kepuasan pelanggan begitu penting ?

Hal tersebut menjadi penting  karena untuk meningkatkan loyalitas konsumen terhadap produk kita yang menyebabkan mereka cenderung bersedia membeli produk tersebut dengan harga yang wajar dapat meningkatkan penjualan produk kita sehingga keuntungan yang didapatkan oleh perusahaan secara alami akan ikut mengalami peningkatan dan kemungkinan besar akan  pelanggan membeli ulang produk tersebut.

  • Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan yang bisa kita lihat yaitu :

a. Kualitas pelayanan yang disediakan 

Pelayanan seringkali menjadi kunci penting dalam menentukan kepuasan pelanggan karena walaupun produk kita bagus tetapi pelayanan yang diberikan buruk bisa jadi konsumen akan pindah ke kompetitor dengan pelayanan yang lebih baik walaupun dengan harga yang bisa jadi lebih mahal daripada produk kita.

b. Kualitas produk /jasa 

Kualitas produk juga merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan karena kualitas produk merupakan ekspektasi dari konsumen terhadap produk yang kita buat dan juga menjadi pembeda produk/jasa kita dari kompetitor lainnya.

c. Penetapan harga 

Penetapan harga yang terjangkau juga menjadi penentu dari kepuasan pelanggan karena hal tersebut akan memiliki nilai lebih pada konsumen agar mereka bersedia membeli produk kita.

d. Kemudahan

kemudahan ini dapat diartikan sebagai kemudahan dalam bertransaksi,kemudahan dalam mendapatkan produk/jasa tersebut,kemudahan dalam mencari informasi produk/jasa tersebut,dsb. Sehingga konsumen tidak merasa kesulitan untuk mendapatkan produk/jasa tersebut.

  • Manfaat 

Manfaat yang kita bisa dapatkan dari kepuasan pelanggan selain untuk meningkatkan loyalitas pelanggan yaitu meningkatkan penjualan produk/jasa kita,  menjaga hubungan yang harmonis dengan pelanggan, memastikan apakah konsumen puas dengan produk dan layanan bisnis kita, meningkatkan impresi positif terhadap bisnis dan menguatkan posisi brand bisnis.

  • Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengukur kepuasan pelanggan yaitu : 

a. Survey kepada pelanggan

Survey merupakan metode pengumpulan data dengan memberikan pertanyaan kepada konsumen sehingga kita dapat mengumpulkan informasi yang kita butuhkan seperti kepuasan konsumen pada produk/jasa kita. Biasanya pertanyaan pertanyaannya berkaitan dengan produk/jasa yang ditawarkan serta kualitas pelayanan yang didapatkan.

b. Tingkat pembelian ulang oleh konsumen

Kita bisa mengukur tingkat kepuasaan konsumen dengan melihat apakah mereka ingin membeli kembali produk/jasa yang telah mereka beli dari bisnis kita sebelumnya, yang menandakan bahwa mereka puas dengan kualitas produk bisnis kita.

c. Memantau saluran media sosial

Disini kita harus memantau saluran media karena disitu kita bisa melihat komentar komentar dari postingan bisnis kita, dalam komentar tersebut kita dapat melihat kepuasaan mereka terhadap pengalaman dari postingan kita tersebut entah itu yang sudah membeli maupun yang belum membeli tetapi bisa jadi tertarik setelah melihat postingan kita, jadi kita harus tetap menghasilkan konten atau postingan yang berkualitas di media sosial kita.

  • Selain dari kepuasan pelanggan cara lain meningkatkan keuntungan bisnis kita bisa dengan beberapa cara yaitu : 

1. Menambah variasi produk/jasa yang ditawarkan ke segmen pasar

2. Menjangkau pelanggan baru/new user

3. Mengurangi biaya operasional

4. Menambah fungsi baru agar menjadi pembeda dari produk pesaing.

Kesimpulannya bahwa menjadikan kepuasan pelanggan menjadi salah satu aspek penting dalam meningkatkan keuntungan merupakan hal yang baik karena dapat meningkatkan keuntungan perusahaan karena jika pelanggan puas dengan layanan atau produk, maka pelanggan akan menjadi loyal pada produk kita sehingga dapat meningkatkan penjualan sehingga keuntungan bisnis kita akan semakin meningkat tetapi juga ada cara lain yang bisa meningkatkan keuntungan bisnis kita seperti menambah variasi produk, menambah fungsi baru produk,dan lain-lainnya.

 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun