Pandemi Covid-19 yang merebak di negara-negara, upaya isolasi dan self-distancing pun gencar dilakukan oleh masyarakat. Perusahaan-perusahaan mendorong karyawan untuk bekerja dari rumah (Work from home), sekolah dan perkuliahan di pindahkan online, dan masyarakat semakin menolak untuk pergi ke tempat umum dan kerumun. Namun masyarakat tetap perlu memenuhi kebutuhan sehari-hari, dan di sinilah Covid-19 berdampak pada e-commerce.
Apa itu E-Commerce?
E-Commerce (Elektronik Commerce) atau dalam bahasa indonesia perdagangan secara elektronik adalah aktivitas penyebaran, penjualan, pembelian, pemasaran produk (barang dan jasa), dengan memanfaatkan jaringan telekomunikasi seperti internet, televisi, atau jaringan komputer lainnya.
Secara sederhana e-commerce adalah proses pembelian maupun penjualan produk secara elektronik. E-commerce sendiri sendiri semakin berkembang beberapa tahun belakang ini dan secara perlahan menggantikan toko tradisional (Offline)
Melakukan penjualan via E-commerce adalah pilihan yang tepat karena dengan semakin berkembangnya e-commerce di indonesia, menjadi peluang yang cukup besar bagi bisnis. Selain itu, berjualan lewat e-commerce juga lebih mudah di bandingkan harus membangun website sendiri yang akan membutuhkan waktu lama dan biaya cukup besar.
E-Commerce di indonesia saat ini mengalami perkembangan yang cukup pesat. Seiring dengan semakin banyaknya pengguna internet dan juga smarthphone, bisnis e-commerce ini menjadi salah satu platform jual beli yang dapat di andalkan oeleh pemilik bisnis online. Seperti yang anda ketahui, platform e-commerce di indonesia sudah makin beragam. Melihat semakin banyakanya pemilik bisnis online yang menggunakan platfrom ini, makan dibutuhkan beberapa cara agar bisnis ini dapat bersaing dengan mengembangkan bisnis E-commerce.
Cara Mengembangkan bisnis E-Commerce
Berikut ini merupakan cara mengembangkan bisnis e-commerce di masa pandemi antara lain:
1. Optimalkan Layanan Pelanggan
Kualitas layanan pelanggan bisa mencerminkan seberapa profesional produk tersebut. Tonjolkan layanan pelanggan yang baik untuk pelanggan setia. Intinya adalah membuat pelanggan merasa istimewa.
Berikan pelayanan pelanggan yang berkualitas seperti:
1. Tulisan ucapan terimakasih.
2. Kirimkan email untuk meminta umpan balik.
3. Merespon dengan cepat melalui email,live chat ,telepon dan media sosial.
4. setakan hadiah freebie khusus pada paket produk.
5. Buat metode tukar/pengembalian barang yang mudah.
2. Terapkan Harga Psikologis
Memengaruhi keputusan pelanggan dengan menetapkan aturan. Salah satunya adalah menerapkan harga psikologis, ini merupakan strategi harga produk dan promosi yang cenderung akan mendorong pelanggan untuk membelanjakan uang mereka labih banyak.
3. Optimalkan Sektor Mobile
Buatlah situs e-commerce agar mendukung tampilan mobile untuk memberikan pelanggan pengalaman yang ketika menggunakan dekstop. Hal yang harus di perhatikan disini adalah tampilan navigasi pada mobile juga harus jelas dan mudah di gunakan.
4. Strategi pengiriman
Menawarkan insentif pengiriman adalah cara yang efektif untuk meningkatkan tingkat konversi dan meminimalisir keranjang belanja yang di tingggalkan begitu saja.
Berikut ini merupakan 4 strategi pengiriman ini untuk memengaruhi keputusan pelanggan untuk melanjutkan proses pembelian:
- Gratis biaya kirim: anda bisa menetapkan batas nominal tertentu untuk pengiriman gratis atau berdasarkan wilayah yang mudah di jangkau.
- Pengiriman cepat : Bagi pelanggan yang membutuhkan produk mereka secara cepat, anda bisa menambahkan pilihan 1,2, atau 3 hari pengiriman cepat.
- Pengiriman flat : Maksudnya adalah jika anda menjual produk sejenis yang tidak memiliki variasi dalam hal berat dan ukuran.
- Gratis pengiriman kembali : Teknik ini membantu membangun kepercayaan pelanggan.
5. Membangun email marketing
Untuk membangun email marketing, anda bisa menawarkan insentif sebagai imbalannya. Selain itu cara ini bisa membantu meningkatkan traffic, meningkatkan penjualanan dan membangun hubungan yang lebih dekat dengan pelanggan.
6. Tentukan target pasar
Setelah mengidentifikasi jangkauan pelanggan, berarti anda telah berada dalam sebuah market tertentu yang ditargetkan. Dengan mendefinisikan pasar, kamu akan dapat melakukan lebih banyak hal dengan anggaran yang kecil. Fokuslah pada cara-cara yang melibatkan pelanggan melalui jaringan sosial, konten online, guest blogging, dan sosial influencer. Menargetkan pasar tertentu adalah cara yang bagus untuk tetap fokus pada marketing campaign.
7. Tingkatkan pengalaman belanja dengan cross selling
Biarkan pelanggan menemukan semua yang mereka cari sehingga bisa meningkat. Produk cross selling akan efektif pada halaman produk dengan memasukkan bagian seperti 'pelanggan yang membeli produk ini juga membeli', 'produk yang sering di beli' dan lainnya
8. Pertimbangkan Layanan Subsciption
Layanan Subscription adalah salah satu cara yang bisa di gunakan untuk meningkatkan pendapatan .
9. Terhubung dengan influencer online
Influencer online biasanya telah memiliki banyak pengikut, jelas ini cara yang bagus untuk mengenalkan produk ke target yang lebih luas. Hal ini juga membantu ketika mereka menambahkan link yang merujuk ke toko onlinemu, yang biasa disebut backlink atau link inbound yang sangat mebantuSEO.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI