Mohon tunggu...
Tri Ariani
Tri Ariani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Seorang mahasiswi yang ingin bermanfaat dengan langkah kecil

Mahasiswa Teknologi Informasi UIN Walisongo Semarang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Penerapan Teknologi dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Dengan Game Edukasi Zooletter Puzzle

13 Juni 2024   14:18 Diperbarui: 13 Juni 2024   16:18 74
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Perkembangan teknologi saat ini berdampak signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dunia pendidikan. Teknologi telah memberikan solusi dan kemudahan dalam proses belajar mengajar, terutama bagi anak-anak usia dini (4-6 tahun). Anak-anak pada rentang usia ini sering mengalami kesulitan dalam mengenal huruf dan merangkainya menjadi kata atau kalimat. Untuk mengatasi tantangan ini, kami merancang sebuah game edukasi yang dapat membantu anak-anak belajar huruf alfabet dan nama hewan dengan cara yang interaktif dan menyenangkan. 

Mengapa Game Edukasi?

Di era digital ini, banyak orang tua memberikan gadget kepada anak-anak mereka sebagai alat bantu belajar sekaligus hiburan. Namun, tidak semua aplikasi yang tersedia di pasaran cocok atau dirancang khusus untuk pendidikan. Oleh karena itu, kami mengembangkan sebuah game edukasi berbasis Android yang dapat diakses dengan mudah dan dirancang khusus untuk membantu anak-anak mengenal huruf alfabet dan hewan.

Game edukasi yang kami kembangkan adalah ZOOLETTER PUZZLE. Game ini dilengkapi dengan fitur-fitur yang menarik dan bermanfaat bagi anak-anak. Game ini tidak hanya mengenalkan huruf dan hewan, tetapi juga dilengkapi dengan audio yang membantu anak-anak belajar cara pelafalan yang benar. Dengan demikian, anak-anak dapat belajar dengan cara yang lebih menyenangkan dan efektif.

Metode Pengembangan

Untuk mengembangkan game ini, kami menggunakan metode waterfall, yang melibatkan beberapa tahap: analisis kebutuhan, desain, implementasi, verifikasi, dan pemeliharaan. Berikut adalah tahapan yang kami lalui dalam pengembangan game edukasi ini:

Metode Waterfall/Raharja.ac.id
Metode Waterfall/Raharja.ac.id
  1. Requirement: Kami melakukan analisis kebutuhan dengan observasi, wawancara dengan guru PAUD dan TK, serta studi literatur tentang metode pembelajaran untuk anak usia dini.
  2. Design: Merancang kebutuhan sistem berdasarkan analisis yang telah dilakukan.
  3. Implementation: Mengembangkan aplikasi dengan software Construct 2 dan Figma, yang dapat diakses gratis di internet.
  4. Verification: Menguji aplikasi dengan metode black box testing untuk memastikan semua fungsi berjalan sesuai dengan yang diharapkan.
  5. Maintenance: Melakukan perawatan dan update aplikasi sesuai dengan kebutuhan.

Fitur dan Tampilan Game

ZOOLETTER PUZZLE memiliki berbagai fitur yang dirancang khusus untuk menarik perhatian dan memudahkan anak-anak dalam belajar. Berikut adalah beberapa tampilan dan fitur utama dari aplikasi ini:

Halaman Menu Aplikasi

Halaman Menu/dokpri
Halaman Menu/dokpri

Halaman ini adalah halaman menu untuk penggunna memilih menu aplikasi diantaranya adalah memilih menu untuk bermain, menu belajar dan menu informasi mengenai game ini. Halaman menu ditampilkan dalam bentuk gambar dan dipilih dengan cara menekan salah satu menu yang ada.

Halaman Menu Belajar

Halaman Menu Belajar/dokpri
Halaman Menu Belajar/dokpri

Didalam halaman menu belajar ini terdapat 2 menu yang dapat dipilih yaitu menu mengenal hewan dan menu belajar alphabet. Halaman menu belajar ditampilkan dalam bentuk gambar dan dipilih dengan cara menekan salah satu menu yang ada.

Halaman Mengenal Hewan

Halaman Mengenal Hewan/dokpri
Halaman Mengenal Hewan/dokpri

Halaman ini adalah halaman menu untuk memperkenalkan nama-nama hewan yang disajikan dengan gambar hewan dan audio nama hewan. Audio nama hewan akan muncul ketika pengguna menekan gambar hewan yang ada pada halaman ini.

Halaman Mengenal Alfabet

Halaman Mengenal Alfabet/dokpri
Halaman Mengenal Alfabet/dokpri
Halaman ini adalah halaman menu untuk memperkenalkan huruf alfabet yang disajikan dengan gambar huruf alfabet dan audio cara pelafalan huruf. Audio ini akan muncul ketika pengguna menekan gambar huruf yang ada pada halaman mengenal alfabet ini.

Halaman Menu Bermain

Halaman Menu Bermain/dokpri
Halaman Menu Bermain/dokpri

Didalam halaman menu bermain ini terdapat 2 menu yang dapat dipilih yaitu menu puzzle hewan dan menu puzzle huruf. Halaman menu bermain ditampilkan dalam bentuk gambar dan dipilih dengan cara menekan salah satu menu yang ada.

Halaman Bermain Puzzle Hewan

Halamn Bermain Puzzle Hewan/dokpri
Halamn Bermain Puzzle Hewan/dokpri

Halaman ini adalah halaman menu untuk bermian puzzle bentuk hewan. Yang mana bentuk hewan-hewan ini telah dipelajari pada halaman menu belajar menegenal hewan. Pada halaman ini ditampilkan bentuk hewan dan bayangannya, pengguna diminta untuk memasangkan antara gambar hewan dan bayangannya dengan tepat. Jika hewan ditempatkan pada tempat yang salah maka gambar akan kembali ketempat semula.

Halaman Bermain Puzzle Alfabet

Halaman Bermain Puzzle Alfabet/dokpri
Halaman Bermain Puzzle Alfabet/dokpri

Halaman ini adalah halaman menu untuk bermain puzzle huruf alfabet. Yang mana huruf alfabet ini telah dipelajari pada halaman menu belajar menegenal huruf. Pada halaman ini ditampilkan hewan dan huruf-huruf yang nama hewan tersebut secara acak, pengguna diminta untuk menyusun huruf tersebut kedalam kotak yang telah disediakan agar sesuai dengan nama hewan yang ada. Jika huruf ditempatkan pada tempat yang salah maka huruf akan kembali ketempat semula.

Halaman Informasi

Halaman Informasi/dokpri
Halaman Informasi/dokpri

Halaman ini adalah halaman untuk menampilkan informasi terkait dengan aplikasi game ini. Pada halaman ini ditampilkan gambar yang didalamnya berisi informasi singkat seputar dengan game ini.

Berdasarkan penelitian dan pengembangan yang telah kami lakukan, aplikasi ZOOLETTER PUZZLE dapat dijadikan sebagai media pembelajaran yang efektif dan interaktif untuk anak usia dini. Aplikasi ini membantu anak-anak belajar huruf alfabet dan nama hewan dengan cara yang menyenangkan, sehingga dapat meningkatkan minat dan konsentrasi mereka dalam belajar.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun