Kenapa sih harus digital marketing?
Jawabannya simple, karena di era modern seperti sekarang semua urusan kita dipermudah oleh dunia digital, seperti berbelanja pakaian, makanan, bahkan keperluan rumah tangga semua ada di media sosial.
Suatu ketika saat saya sedang bermain media sosial FACEBOOK, tiba-tiba saya melihat iklan bersponsor tentang lowongan pekerjaan menjadi ADVERTISER di sebuah PT yang bernama PT INFINITY NETWORK NUSANTARA.
Saya mencoba mencari tahu apa itu PT INFINITY NETWORK NUSANTARA dan ternyata PT tersebut merupakan PT yang bergerak di bidang digital marketing
Saya membaca seluruh kualifikasi dan jobdesk yang tertera pada iklan tersebut, karena saya mulai tertarik dengan dunia digital terutama digital marketing. Lalu saya melamar menjadi karyawan di PT INFINITY NETWORK NUSANTARA dan mulai mengenal tentang dunia digital marketing.
Basic saya sebenarnya adalah seorang desainer grafis selama lebih dari 5 tahun, saya juga pernah mencoba berjualan online melalui marketplace dan forum-forum online, namun ilmu yang saya miliki hanyalah ilmu dasar yang hanya sekedar posting lalu saya tinggal rebahan berharap akan ada orderan masuk ke akun saya, ternyata salah besar!
Setelah saya menjadi bagian dari PT INFINITY NETWORK NUSANTARA dan menjadi seorang advertiser, ternyata ada begitu banyak pengetahuan yang baru saya dapatkan tentang digital marketing dari pelatihan di PT tersebut.
Ada beberapa alasan juga mengapa saya mulai tertarik dengan industri digital,
1. Passion
Yap, mungkin terdengar aneh, kalau passion kenapa mengambil jurusan yang berbeda? Sebenarnya menjadi seorang diplomat dengan jas serta kemeja rapih merupakan impian saya sejak bangku SMA. Namun di hidup yang serba tidak terduga ini saya rasa harus selalu ada plan B.
Dan plan B saya berada di industri Digital Marketing. Arahan dan kesempatan yang saya raih di masalalu saya berdanag online saya maksimalkan lagi di PT INFINITY NETWORK NUSANTARA melalui pelatihan awal.
2. Demand
Di industri yang terus maju, faktanya Indonesia masih jauh dari kata penerapan digital. Semua terlihat dari aspek-aspek umum, seperti maraknya flyer konvensional, minimnya penerapan ads (biasanya yang nangkring film luar, produk pakaian, dan lain sebagainya).
Nah, saya melihat peluang dan demad yang tinggi untuk posisi ini. Meskipun demikian, ada banyak tantangan yang harus dihadapi, terlebih jika merambah ke posisi Digital Marketing karena aspeknya yang terhitung sangat luas.
3. Career Development
Ini salah satu tonggak ukur yang sangat berperan besar mengapa saya terjun ke Digital Marketing. Pertama, jenjang kariernya yang sangat luas membuat banyak funnel dan trik yang bisa disematkan dan menjadi poin plus dibandingkan kandidat lain.
Kedua, Digital Marketing yang memiliki cakupan luas membuat saya hampir bisa terjun ke bagian mana saja, seperti SEO, SEM, SocialMedia, Website Development, UI/UX, Ads Specialist dan lain sebagainya.
Selain itu ada banyak posisi yang bersangkutan dengan posisi ini untuk level jenjang ke atas, seperti Growth Hack Strategist, Digital Marketing Strategist, PPC & SEM Specialist, Traffic & Organic Lead, dan lain sebagainya.
Faktor-faktor tersebutlah yang akhirnya memantapkan saya untuk bergabung menjadi bagian dari PT INFINITY NETWORK NUSANTARA terutama menjadi seorang ADVERTISER.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI