Menyusun penelitian Best Practice adalah kegiatan yang baik dilakukan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan sebuah media, metode atau strategi yang telah digunakan. Sehingga jika ada sesuatu kendala ataupun yang membuat tidak tercapainya tujuan dapat dilakukan sebuah rencana perbaikan, sehingga tujuan yang ingin dicapai dapat terlaksana dengan baik. Dan kemudian, alangkah baiknya praktik baik dan rencana perbaikan untuk mencapai tujuan tersebut dipublikasikan agar jika pembaca atau audience mengalami hal kendala yang sama dapat mendapatkan pengetahuan dan saling berbagai ilmu dan pengalaman.
Kami telak melakukan kegiatan penelitian praktik baik dalam meningkatkan konsep bilangan pada anak TK Kelompok A Usia 4-5 Tahun melalui media benda konkret. Benda konkret adalah benda nyata yang dihadirkan agar pemahaman dan kemampuan anak dalam mengenal angka dan konsep bilangan tersebut lebih bermakna dan tidak hanya membayangkan saja. Metode demonstrasi sangat cocok digunakan untuk memanbah pemahaman konsep bilangan pada anak. Dan ternyata hasilnya sangat signifikan untuk meningkatkan kemampuan anak dalam konsep bilangan. Â
Berikut ini akan kami jabarkan hasil penelitian praktik  (Best Practice) yang telah kami laksanakan pada lembaga kami.
LK 3.1 Menyusun Best Practices
Nama           : TRI KARNAVERA
No UKG Â Â Â Â Â Â Â : 201699635804
NIM Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â : 2200103922020020
Kelompok       : A3
Daljab           : Kategori 2 Tahun 2022
Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Â Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)
Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran PPL
Lokasi
TK Lebak Ayu Kecamatan Sawahan Kabupaten Madiun
Lingkup Pendidikan
PAUD
Kelompok Usia
A Â 4-5 Tahun
Tujuan yang ingin dicapai
Meningkatkan kemampuan konsep bilangan pada anak kelompok A Usia 4-5 Tahun melalui media benda konkret
Penulis
Tri Karnavera, S.Pd.
Tanggal
10 November 2022
Situasi:Â
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah:
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara terhadap kepala sekolah dan teman sejawat terkait kemampuan konsep bilangan 1-10 pada anak kelompok A usia 4-5 tahun, dari 14 anak di kelas terdapat 8 anak dengan kata lain terdapat 42% saja yang mampu dalam memasangkan benda berdasarkan bilangannya. Anak-anak biasanya menggunakan LKA dalam kegiatannya terkait konsep bilangan, sehingga kemampuan dalam konsep bilangan masih kurang.
Praktik ini penting untuk dibagikan:
- Media konkret serta metode demonstrasi sangat cocok untuk pelaksanaan kegiatan dan tercapainya tujuan kegiatan
- Power Point yang ditayangkan tentang tema yang dibahas pada laptop dalam proses pembelajraan, efektif menambah antusias anak dalam belajar.
- Media konkret yang dihadirkan juga adalah benda yang dekat dengan anak yaitu jahe.
- Tujuan kegiatan dan tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan maksimal.
Peran dan tanggung jawab saya dalam praktik ini adalah:
Bertanggung jawab untuk melaksanakan pembelajaran yang menyenangkan bagi anak didik.
Mencari referensi inovasi pemebalajaran terkait permasalahan yang dihadapi.
Melakukan observasi dan refleksi terhadap pembelajaran yang saya berikan kepada anak didik.
Tantangan :Â
Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,
Yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut adalah:
Sebagian besar anak didik masih kesulitan menentukan benda dengan angka yang ditunjukkan.
Metode ceramah, tanya jawab, dan penugasan dengan LKA dan jarang sekali menggunakan media pembelajaran yang menarik dan meningkatkan kemampuan anak didik.
Pihak yang terlibat dalam praktik ini adalah:
Anak didik sebagai pusat dalam proses pembelajaran
Guru sebagai fasilitator
Kepala Sekolah yang selalu memberikan dukungan pelaksanaan PPL
Teman sejawat yaitu guru dari TK lain yang masih satu kecamatan yang selalu membantu proses perekaman dan pengeditan video pelaksanaan pembelajaran.
Dosen dan guru pamong sebagai pembimbing.
Aksi :Â
Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini
Langkah-langkah yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut adalah:
Mencari media dan kegiatan yang menarik antusias anak agar mendapat pengetahuan dan dapat meningkatkan kemampuan dalam konsep bilanganyang bermakna.
Menggunakan strategi dan metode demonstrasi.
Sumber daya :
- Guru yang mengoperasikan laptop dan menguasai kegiatan pembelajaran.
- Anak didik sebagai pusat pembelajaran. Â
- Laptop yang digunakan untuk menayangkan Power Point penyampaian materi pembelajaran.
- Media konkret yang yang disesuaikan dengan tema.
- Kepala sekolah dan teman sejawat dari TK satu kecamatan yang selalu mendukung pelaksanaan praktik pembelajaran.
Â
Â
Â
Refleksi Hasil dan dampakÂ
Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Â Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut
Setelah dilakukan proses kegiatan PPL dan dilakukan penilaian pada sapek perkembangan kognitif terkait kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 kelompok A Usia 4-5 Tahun di TK Lebak Ayu, maka dapat diambil kesimpulan bahwa kegiatan memasangkan benda dengan lambang bilangan menggunakan media benda konkret yang disesuaikan dengan tema yang dipilih sangat efektif dan menarik untuk meningkatkan kemampuan konsep bilangan. Siswa lebih memahami konsep materi bilangan dalam kegiatan memasangkan benda dengan angka yang ditunjukkan. siswa lebih bersemangat dan tidak cepat bosan, karena pada saat pembelajaran siswa dibagi menjadi beberapa kelompok bermain serta setiap kelompok aktif dalam pembelajaran, eksperimen dan mengerjakan LKPD secara aktif. Hal ini dibuktikan dengan prosentase keberhasilannya yaitu 92% Â yaitu dari 14 anak terdapat 13 anak yang sudah mampu dalam konsep bilangan.
     Media konkret yaitu jahe dan metode demonstrasi ternyata efektif dalam meningkatkan kemampuan konsep bilangan anak. Teman sejawat merespon baik atas strategi pembelajaran yang telah dilaksanakan dan merencanakan untuk mengaplikasikannya untuk anak didiknya.
RTL 1 (Perangkat Pembelajaran Kurtilas kelompok A usia 4-5 Tahun)Â
Dalam rangka diseminasi pengembangan perangkat pembelajaran, urutan rencana kegiatan, waktu dan tempat kegiatan, serta pihak yang terkait adalah sebagai berikut.
Nama        : Tri Karnavera
Instansi       : TK Lebak Ayu
Prodi        : PAUD
Rencana Kegiatan
Waktu
Tempat Kegiatan
Pihak Yang Terkait
Keterangan
Menyusun RPP 4, LKPD, Penilaian
Senin, 21 November 2022
Ruang guru
Teman kelas PPG, guru pamong dan dosen pembimbing
Pukul 10.30
Membuat media
Selasa, 22 November 2022
Ruang guru
Teman guru dari TK lain masih satu kecamatan
Pukul 10.30
Membuat instrumen penilaian
Selasa, 22 November 2022
Ruang guru
Teman kelas PPG, guru pamong dan dosen pembimbing
Pukul 09.00
RTL-2 (Membuat video dalam pembelajaran)Â
Dalam rangka diseminasi pembutan dan edit video praktik pembelajaran, urutan rencana kegiatan, waktu dan tempat kegiatan, serta pihak yang terkait adalah sebagai berikut.
Nama        : Tri Karnavera
Instansi       : TK Lebak Ayu
Prodi        : PAUD
Rencana Kegiatan
Waktu
Tempat Kegiatan
Pihak Yang Terkait
Keterangan
Pembuatan skenario video RPP 4
Rabu, 23 November 2022
Ruang Kelas
Guru dan teman guru dari TK lain yang masih satu kecamatan
Pukul 10.30
Rekaman video
Kamis, 24 November 2022
Ruang kelas
Guru, teman guru dari TK lain yang masih satu kecamatan
Pukul 07.30
Editing video
Jum'at, 25 November 2022
Rumah
Guru dan teman guru dari TK lain yang masih satu kecamatan
Pukul 15.30
Finalisasi video
Sabtu, 26 November 2022
Rumah
Guru dan teman guru dari TK lain yang masih satu kecamatan
Pukul 15.30
RTL-3 (Menyusun Best Practise)Â
Dalam rangka diseminasi penyusunan best practice pembelajaran dengan pendekatan STAR, urutan rencana kegiatan, waktu dan tempat kegiatan, serta pihak yang terkait dengan adalah sebagai berikut.
Nama        : Tri Karnavera
Instansi       : TK Lebak Ayu
Prodi        : PAUD
Rencana Kegiatan
Waktu
Tempat Kegiatan
Pihak Yang Terkait
Keterangan
Koordinasi persiapan Best Practice
Rabu, 23 November 2022
Ruang Guru
Guru, teman guru dari TK lain yang masih satu kecamatan dan kepala sekolah
Pukul 10.30
Pelaksanaan Best Practice
Kamis, 24 November 2022
Ruang kelas
Guru, teman guru dari TK lain yang masih satu kecamatan, dan anak didik
Pukul 07.30
Pembuatan laporan Best Practice
Sabtu, 25 November 2022
Ruang Guru
Guru dan  kepala sekolah
Pukul 10.30
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H