Mohon tunggu...
Indah W.
Indah W. Mohon Tunggu... -

: a wandering soul in her journey to the final destination..

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Celoteh Clara : About Housemaid(s) & Komplain Toge Goreng

17 Juni 2010   04:08 Diperbarui: 26 Juni 2015   15:29 76
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Gambar diambil dari : http://blog.mlive.com/flintjournal/newsnow/2008/02/20080201_Complaint-free.jpg

Part 1 : About Housemaid(s)

Kadang kalo nonton berita tentang pembantu2 yg disiksa ma majikan mereka, gua suka ga ngerti dhe, D, kenapa yaa ampe begitu?!

Gua ngga ngerti apa yg ada dlm pikiran sang majikan ampe bisa segitu semena2nya ma pembantu mereka? Oke lah kalo kadang mang para housemaids suka rada bolots and berbuat salah tapii bukan berarti para majikan berhak main tangan buat menganiaya pembantu mereka khan? Apa ngga bisa diomongin baik2 githu lhoo? Apa krn para housemaids menerima gaji dari kita maka kita berhak memperlakukan mereka bagaikan bukan manusia?! Hellooo.. You don't give away the money kalee.. Elo khan juga make tenaga mereka to run the house, to sweep the floor, to wash your clothes, to prepare your food, and soo many other things. In some houses bahkan para housemaids itu ngga punya jam kerja tetap kaya org kantoran, mereka harus ready 24/7 tiap kali para majikan memerlukan mereka, and ngga ada alasan untuk menolaknya! So, pleasee.. Don't act like you give them a charity here 'cause in facts you don't and oftentimes uang yg elo bayarkan pun bisa dibilang ngga sebanding dgn jam kerja mereka yg kadang non-stop. Para housemaids itu juga don't ask much kok dr para majikan. Asal diperlakukan dgn baik, diberi makan yg cukup, diberi tempat tinggal, mereka udah cukup puas menerima gaji bulanan yg besarnya mungkin untuk para majikan akan habis hanya untuk sekali makan malam sekeluarga in a fancy restaurant. Tapi mereka ngga komplain. Krn mungkin in a way mereka lbh 'nerimo' dan udh cukup puas akan apa yg mereka miliki, dibanding sang majikan yg selalu merasa kurang dan kurang pdhal hartanya berlimpah. Jadi buat para majikan di seluruh dunia.. Treat your housemaids the right ways. Be grateful of your fortunate life. And always remember.. What you give is always what you will get in return. Hukum tabur tuai 'boo!

(Rabu, 20 Agustus 2008)

~.*.~

Part 2 : Komplain Toge Goreng

Hari sabtu lalu gua ke pim ama nyokap and makan di foodcourt.

Gua lagi ngantri soto pesanan nyokap ketika datang seorang wanita yang gua taksir (bukan 'taksir' dalam artian suka lho yaa, ahahaha :p) berumur paling tua itu 40 tahun. Karena dia ribut2 ama pelayannya jadi mau ngga mau gua yang ada deket situ (tau khan seberapa gede sih emang besarnya 1 counter makanan githu?) ikut mendengarkan apa yang menjadi bahan perbincangan hangat yang mulai memanas itu. Ternyata sang wanita itu mo mesan toge goreng. tapii.. dia kaga mau pake lontong and minta lontongnya itu diganti dengan tahu. Nah pelayan yang ada di belakang deket ulekan itu nanya, "tahu-nya ekstra?" Terus si wanita ini ngga senang and dia bilang, "Lho? Udah hak saya donks. Saya khan beli satu paket, kalo saya ngga mau lontong-nya, otomatis saya berhak dapat lebih banyak donk! Wong bayarnya sama. masa saya dapat lebih sedikit! Jadi saya boleh donk nukar lontong-nya dengan tahu!" Rupanya si pelayan di belakang itu memasang tampang ngga senang yang bikin si wanita ini juga jadi ngga senang. Dia bilang, "Heh, Mbak! Kalo ngelayanin pelanggan itu pasang tampang yang ramah! ntar saya masukin koran lho. Belagu amat sih!" Pelayan2 yang lainnya itu hanya diam aja sih. And si pelayan 'terjepit' itu akhirnya masuk ke bagian dapur. Si wanita ini masih aja ngga senang terus nguber pelayan yang ada di counter depan untuk menanyakan pelayan yang baru masuk dapur itu sambil mengancam akan masukin ke koran. Gua? Gua masih nunggu di sana karena tuh soto belon juga kelar, haha.. Kesimpulan gua? Hmm.. Gimana yaa? Secara pribadi.. dari sisi konsumen sih jelas lah gua mau-nya seperti si wanita itu, khan ngga mau rugi, huahahaha :p Tapii.. kalo dipandang dari sisi penjual, ya jelas itu harga khan udah paket, ya you must take it as it is. Kasarnya.. kurang isinya boleh, tapi kalo mo nambah ya harus bayar donkss.. emangnya ini warung nenek moyang elo yang mana elo bisa seenak udel nukar menu paket dengan yang elo mau?! Jadi gimana? Yaa.. mustinya sih tanyain baik2 lah boleh dituker apa kaga, ngga perlu pake esmosi githu. Gua sebenernya ngga senang lho dengan istilah 'pembeli adalah raja.. and kalo pembeli salah, liat poin terdahulu!'. And menurut gua yaa ngga perlu sampai segitunya juga sih ama tuh pelayan. Elo khan ngga tau hari apa yang harus dilalui tuh pelayan. Masa orang ngga boleh bad mood sih? Jangan semena2 hanya karena elo punya uang lebih. Coba kalo bertukar posisi, emang enak digituin ama pelanggan elo? Gimana ya? Gua mikir.. hidup itu selalu berputar sih. Hanya karena sekarang elo sedang berada di 'atas' ya ngga perlu segitunya elo sama mereka yang ada di 'bawah' elo. Bersyukurlah kalo sekarang ini elo ngga perlu ada di balik counter untuk melayani pelanggan2 yang kadang2 suka ngeselin. Tapi bukan berarti elo bisa semena2 ama mereka yang ada di balik counter. Kalo bisa milih ya jelas para pelayan itu juga milih berada dalam posisi pelanggan yang menyebalkan dibanding dalam posisi pelayan yang diomelin! Tapii.. hidup saat ini menempatkan mereka dalam posisi itu. And they can't talk back karena office's policy! jadi mereka hanya boleh menelan kegondokan tanpa bisa membalas. Which reminds me akan status yang dipasang temen gua beberapa waktu lalu di ym, gua lupa sih tepatnya gimana tapi kurang lebih itu bunyinya gini : kemiskinan itu terjadi karena kemalasan dan (lupa sambungannya apa!). Gua tergelitik untuk komen, hahaha.. gua langsung ym dia and bilang : gua ngga setuju ama status elo, and dia cuman balas singkat : ok, no prob. Iya, jelas gua ngga setuju. Pertama2. coba kasih ukuran yang jelas dulu yang dikategorikan "malas" ama "rajin" itu yang seperti apa sih?! Orang yang sekarang punya uang banyak itu belon tentu juga lebih rajin dibanding mereka yang masih serba kekurangan secara materi. Tukang2 kue basah di pasar itu apa kurang rajin? Dari sejak subuh mereka udah berjualan. Yang artinya mereka harus bangun jauh lebih pagi lagi untuk membuat kue2 yang akan mereka jajakan itu! Kurang rajin apanya?! Sementara banyak di antara kita yang mungkin jam 5 pagi masih terbuai dalam alam mimpi. Jangan.. Jangan sedemikian sadis-nya men-cap mereka2 yang masih berada di kondisi kurang materi itu sebagai pemalas. Mungkin Tuhan memang belum mencurahkan berkat materi ke atas mereka. Berbahagialah kalo sekarang elo dalam kondisi berlimpah. Tapii.. jangan men-cap mereka yang belon berada dalam kondisi elo sebagai pemalas! And kenapa gua jadi ngomel2 yaa? Padahal masang gambar buat postingan ini dengan tulisan "complaint free", ahahaha :p

(Selasa, 18 Mei 2010)

-Indah- the soul traveller

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun