Mohon tunggu...
Totok Siswantara
Totok Siswantara Mohon Tunggu... Freelancer - Menulis, memuliakan tanaman dan berbagi kasih dengan hewan. Pernah bekerja di industri penerbangan.

Pembaca semangat zaman dan ikhlas memeluk takdir

Selanjutnya

Tutup

Cerita Pemilih Artikel Utama

Pilkada Jakarta Jangan Menjual Mulut Manis, Tak Mempan bagi Warga

26 September 2024   07:02 Diperbarui: 27 September 2024   07:08 160
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Kampanye calon gubernur-wakil gubernur Jakarta masih terkesan asal-asalan saja. Belum ada greget, seperti penderita kurang darah. Pasangan calon kepala daerah Jakarta dengan caranya masing-masing baru sebatas menjual mulut manis. Belum sampai masalah esensial yang kini tengah dihadapi warga Jakarta.

Ironis, strategi menjual mulut manis yang dibungkus dengan teori omong kosong masih menjadi kebiasaan dalam Pilkada. Mengingatkan saya kepada sebuah buku yang berjudul On Bullshit, karya filsuf Harry G Frankfurt. 

Buku ini menjelaskan, teori omong kosong yang merangkai ide ke dalam kata-kata dengan konsep atau strategi tertentu kemudian diterapkan dalam komunikasi massa untuk kampanye politik. 

Menurut pengarang buku ini, acap kali omong kosong yang disiapkan dengan lihai itu bertujuan persuasif tanpa mempertimbangkan kebenaran ataupun kepentingan publik yang esensial.

Warga sudah paham bahwa gubernur yang dahulu, Anies Baswedan telah berhasil mendongkrak indeks pembangunan manusia (IPM) dan sukses menata sistem pengembangan SDM di DKI Jakarta. 

Keniscayaan bagi calon gubernur dan wakil gubernur mendatang agar melakukan kesinambungan program pengembangan SDM yang kreatif dan pelayananan publik yang inovatif. Baik yang berupa aplikasi layanan masyarakat Jakarta Kini (JAKI) maupun layanan elektronik lainnya.

Sehingga indeks pembangunan manusia (IPM) di DKI Jakarta yang dari tahun ke tahun terus naik secara signifikan bisa dipertahankan. IPM DKI Jakarta masuk kategori tinggi sejak 2018.

Gubernur Jakarta mendatang dihadang tantangan berat yakni membentuk postur birokrasi di DKI Jakarta yang lebih bernuansa milenial dengan budaya kerja yang lebih berdaya saing global. 

Baik DKI Jakarta maupun IKN Nusantara sama-sama membutuhkan postur ASN yang mengutamakan generasi milenial karena memiliki daya adaptasi dengan perkembangan teknologi dan memiliki masa kerja yang masih panjang. 

Masalahnya adalah sulit mendapatkan sosok milenial unggul yang bersedia menjadi aparatur, karena secara psikologis mereka telah terobsesi dengan ekosistem Jakarta yang telah setara dengan kota-kota besar dunia. Selain itu pranata sosial dan ekonomi di Jakarta sudah membuat mereka merasa nyaman.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerita Pemilih Selengkapnya
Lihat Cerita Pemilih Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun