Mohon tunggu...
Totok Siswantara
Totok Siswantara Mohon Tunggu... Freelancer - Menulis, memuliakan tanaman dan berbagi kasih dengan hewan. Pernah bekerja di industri penerbangan.

Pembaca semangat zaman dan ikhlas memeluk takdir

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Jangan Remehkan Keretakan Terowongan, Perlu Pemeriksaan Saksama

2 Januari 2024   13:03 Diperbarui: 2 Januari 2024   13:28 298
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Jangan Remehkan Keretakan Terowongan, Perlu Pemeriksaan Saksama

Gempa bumi berkekuatan M 4,8 yang mengguncang Sumedang dan sekitarnya pada Minggu (31/12/2023) menyebabkan beberapa rumah dan bangunan publik mengalami kerusakan. BNPB pun melaporkan bahwa dinding twin tunnel atau terowongan kembar Tol Cisumdawu mengalami keretakan.

Retaknya dinding terowongan Tol Cisumdawu langsung direspon beberapa pihak seperti pemerintah provinsi Jawa Barat, kepolisian dan pihak pengelola jalan tol dengan satu kata, "aman". Seperti paduan suara mereka menyatakan kondisinya aman. Mereka sangat khawatir dengan dampak viralnya masalah keretakan dinding terowongan di sosial media.

Mestinya instansi tersebut bersikap lebih saksama dan hati-hati berdasarkan kaedah ilmiah dan berpegang kepada tindakan teknis. Bukan asal statement, seperti misalnya pernyataan pihak yang menyatakan bahwa yang dimaksud dengan keretakan tersebut adalah sarang laba-laba. Mestinya dengan adanya gempa bumi, meskipun secara kasat mata tidak terlihat retakan di permukaan luar, bisa jadi ada keretakan serius di bagian dalam. Sehingga perlu dilakukan prosedur inspeksi yang tidak sekedar dengan mata telanjang.

Pihak pengelola Tol Cisumdawu yakni PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) menyatakan bahwa keretakan di dinding terowongan kembar itu katanya hanya kotoran dari sarang laba-laba. Perlu dicat lagi agar tidak terlihat. Sebaiknya terlebih dahulu dilakukan inspeksi secara saksama dengan alat ukur lebar retak beton yang merupakan alat uji NDT ( non destructive test ) yang sangat berguna membantu dalam pengawasan dan perawatan mutu beton.

Alat tersebut memiliki fungsi utama untuk mengukur lebar suatu retakan pada bidang beton. Alat ukur lebar retak beton ini banyak digunakan untuk pengujian non destruktif dari lebar retak jembatan, terowongan, konstruksi dan struktur beton lainnya. Selama deteksi, sistem mengambil gambar retakan secara otomatis dan menampilkan gambar retakan secara real time dan data gambar dapat disimpan secara otomatis.

Keretakan dinding terowongan tol Cisumdawu (sumber : RubicsNews.com)
Keretakan dinding terowongan tol Cisumdawu (sumber : RubicsNews.com)

Analisis dan solusi terjadinya keretakan dinding beton pada bangunan teowongan dan bagunan bawah tanah lainnya sangat penting. Terlebih ketika terjadi bencana alam gempa bumi dan banjir. Pada prinsipnya terowongan menahan beban secara lateral pada sekeliling dindingnya. Jika terjadi keretakan bisa merambat akibat adanya konsentrasi air di sekitarnya. Pekerjaan perawatan kebocoran terowongan akibat retakan menggunakan dua metode, secara efektif pemilihan metode dapat diperhitungkan dari titik bocor yang terjadi pada dinding terowongan.

Metode yang pertama adalah Grouting. Yaitu memasukkan cairan semen dengan alat inject pada bagian dinding yang mengalami kebocoran. Metode kedua adalah plester. Plesteran dilakukan apabila kerusakan yang terjadi masih berupa retak rambut dan gompal/ coak pada area yang kecil. Grouting digunakan pada kerusakan yang luas dan dalam. Terutama pada bagian yang mengalami keruntuhan besar dan memerlukan pengecoran skala besar.

Meningkatnya pembangunan infrastruktur bawah tanah seperti bangunan terowongan dalam mendukung sistem transportasi dibutuhkan beberapa analisa terhadap perilaku terowongan dalam mencegah terjadinya kerusakan. Para ahli teknik sipil terus melakukan penelitian untuk mengetahui perilaku yang menyebabkan kerusakan seperti retakan dan displacement dengan melakukan analisis yaitu menggunakan model.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun