Mohon tunggu...
Topik Irawan
Topik Irawan Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Full Time Blogger

Full Time Blogger

Selanjutnya

Tutup

Money

Kompasiana Coverage: BII Maybank Perintis Pelayanan Perbankan Elektronik

5 Oktober 2015   10:54 Diperbarui: 6 Oktober 2015   08:47 194
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.


Kompasiana Coverage bersama BII Maybank(dokpri)

 

Inovasi adalah denyut di setiap korporasi yang ingin terus bertahan, menantang perubahan zaman, menghadapi serbuan dari kompetitor agar tetap menjadi pilihan konsumen, dengan beragam inovasi, pada akhirnya korporasi pun tetap bertahan meski gempuran silih berganti, salah satu dari yang sedikit bertahan di alam kompetisi ketat perbankan adalah PT Bank Internasional Indonesia, sebuah bank sarat sejarah yang berdiri sejak 15 Mei 1959.


Pada kenyataannya memang tak bisa di pungkiri BII adalah bank di Indonesia yang bisa di bilang sebagai bank perintis di bidang perbankan elektronik. Di tahun 1998 saat ekonomi nasional mengalami prahara yang mengimbas kepada laju pertumbuhan ekonomi nasional, di situasi politik Indonesia yang saat itu tidak menentu, sebuah terobosan baru dilakukan BII dan belum di lakukan oleh bank bank tanah air, BII meluncurkan sebuah layanan yang di kasih label yaitu internet banking.
Inovasi tak berhenti di situ, pada tahun 2003, satu satunya bank lokal yang menyediakan setoran tunai melalui CDM(Cash Deposit Machine) dan ini menjadi pelopor yang di ikuti juga oleh kompetitor lainnya, dan pada tahun 2011, BII meluncurkan BII Mobile Banking dengan platform terkini dan di susul kemudian inovasi di tahun 2013 kembali BII dengan bangga mempersembahkan produk layanan BII Mobile Banking yang berbasis Short Message Service(SMS) dengan metode enskripsi.

Soal Inovasi Perbankan BII Maybanklah Jagonya

 


Inovasi tiada henti mobile banking BII Maybank(dokpri)

Perlu 2 kali memutari areal SCBD untuk menemukan tempat dimana Kompasiana Coverage BII Maybank2U, ternyata butuh sana sini bertanya agar bisa nyampe ke TKP yaitu di Midtown Jakarta Bistro & Lounge yang beralamat di Jalan Tulodong Atas Nomor 28, SCBD, Senopati, Jakarta Selatan. Namun akhirnya ketemu juga, duh leganya, saat tiba acara belum di mulai, namun terlihat beberapa Kompasianer sudah hadir dengan menenteng goodie bag, registrasi dan saya pun menerima goodie bag boneka anak macan dan flashdisk berlogo BII Maybank, nuhun pisan untuk penyelenggara acara.


Setelah menikmati snack, kami pun di persilahkan menuju lantai dua Midtown, menunggu di sana MC atraktif yang pembawaannya anti galau, siapa lagi kalau bukan Mbak Citra, suasana cafe pun jadi meriah dengan kehadirannya, ada juga Jhon Patrick CEO Cekaja.com, dan nara sumber yaitu Hansal Savla, Senior Director TNS Research, Danny Oei Wirianto, Chairman Kaskus, Gusnawan Tjan, Head of Business Planning & Performance Management BII, Stefanus Willy Sukianto, Head WM, Segment Strategy & E-Channel BII, dan Amran Hassan, Maybank's head of corporate development and innovation.
Dari mereka pula akhirnya saya tahu bahwa memang untuk soal internet banking dan juga inovasi inovasi yang lahir dari produk perbankan di BII Maybank memang oke punya, hampir di semua lapisan inovasi teknologi perbankan BII selalu menjadi pelopor di Indonesia.


Di era ke kinian di mana sarana internet telah menjalar dan menjadi bagian dari gaya hidup, di tahun 1968, saat itu koneksi 2 komputer saling terhubung adalah hal yang paling up date, namun dalam tiga dekade, koneksi antar komputer menjadi jutaan, dan internet pun telah menjadi bagian penting dalam dunia perbankan, secara optimal BII Maybank memanfatkan hal tersebut secara genial.


Kini layanan perbankan BII Mobile Banking berbasis internet dapat dengan mudah diakses melalui ponsel pintar, platform itu tersedia dalam sistem Android dan juga iOS(Apple), berbagai transaksi sangat mudah digunakan dengan jari jari, tinggal pencet handphone maka transaksi financial maupun non financial dalam dilakukan dengan BII Mobile Banking, maka pengelolaaan portfolio rekening yang kita miliki seperti Tabungan, Pinjaman baik KTA maupun KPR, Deposito, Giro akan dkelola secara elegant dengan BII Maybank2U, keren khan?


Kemudahan dari BII Maybank2U memiliki fitur fitur canggih yang sangat menyenangkan penggunanya, semisal informasi promo BII, mengetahui lokasi dimana lokasi ATM BII terdekat dengan teknologi Augmented Reality, belum lagi sebuah keamanan berlapis yang di berupa security image dan image pharase, masih ada juga fitur unggulan adanya informasi mutasi rekening hingga 3 bulan terakhir, lalu ada juga 1 user ID untuk BII Internet Banking dan BII Maybank2U App, informasi kurs valuta asing dan kalkulator pinjaman KPR, dengan bejibunnya fitur fitur unggulan, tak heran jika BII Maybank menjadi barometer dari sistem internet banking yang banyak akhirnya bank lain pun menjadi pengikut trend deh.


Mengapa Harus BII Maybank Sih?


Salah satu bank swasta terbesar di Indonesia ya BII Maybank lho, nggak percaya? Nih simak ya, ada 425 kantor cabang yang di miliki BII Maybank, termasuk cabang Syariah dan luar negeri, wow udah ada cabang BII Maybank di luar negeri bro, ada di Mauritius dan Mumbai. Memiliki Anjungan Tunai Mandiri atawa ATM sebanyak 1.524 termasuk CDM atau Cash Deposit Machine di seluruh Indonesia dan hebatnya lagi nih mas bro, ATM BII Maybank terkoneksi dengan 20.00 ATM yang tergabung dalam jaringan ATM PRIMA, ATM BERSAMA, ALTO, CIRRUS dan jaringan MEPS di Malaysia, yang terkoneksi dengan 3.500 ATM Maybank di Malaysia.


Kenapa harus BII Maybank sih? Selain emang sudah dari sononya ahli masalah internet banking, untuk registrasi dan aktivasinya juga nggak ribet, tinggal kunungi cabang BII terdekat, lalu registrasi BII Internet Banking, Maybank2u ya, maka layanan perbankan berbasis internet pun segera bisa di lakukan, unduh aplikasi juga oke deh, yang menjadi keren adalah biaya transaksi dengan fasilitas BII Maybank2u bebas biaaya registrasi dan administrasi, oke punya nggak tuh?
Biaya hanya dikenakan untuk jenis transaksi tertentu saja seperti kliring, kiriman uang dalam valuta asing,RTGS. Dan menariknya adalah limit transaksi juga memuaskan pelanggan, semisal Online antar bank bisa limit/hari sebesar 50 juta dengan limit/transaksi 10 juta, untuk rekening terdaftar limit/hari 250 juta dengan limit/transaksi 250 juta, bagi rekening belum terdaftar limit per/hari sebesar 100 juta dengan limit/transaksi 100 juta. Limit transfer berlaku gabungn untuk transfer antar rekening BII dan antar bank.


Nah jadi tahu khan mengapa harus BII yang dipilih, untung saja saya bisa ikutan Kompasiana Coverage dengan tema Mobile Banking Landscape & The New BII Mobile Banking, paling nggak peta mobile banking di tanah air bisa ketahui dengan nara sumber yang berkompeten di bidangnya, yang jelas pilihan pasti untuk urusan internet banking ya BII Maybank dong.


Moment Menarik, Mewawancarai Ibu Lani Darmawan

 


Ibu Lani Darmawan saat diwawancarai kru Metro TV(dokpri)

 


Blogger Kompasiana bukan jurnalis tapi jago nulis, iya khan, nah meski bukan jurnalis namun soal mewawancarai nara sumber, harus bisa lah, meski ikut berdesakan dengan jurnalis baik media cetak dan televisi, akhirnya bisa juga mewawancari Ibu Lani Darmawan yang memiliki jabatan sebagai Retail Banking Director, meski bukan jurnalis namun Ibu Lani dengan ramah melayani wawancara, dan ini yang membuat saya tadinya sedikit grogi, mulai bisa bertanya kepada salah satu tokoh penting dibalik munculnya internet banking yang di miliki BII Maybank.

 

Seusai di wawancarai kru Metro TV, terlihat Ibu Lani mulai beranjak dari sorot mata kamera, kesempatan itu pun tidak di sia siakan, saya pun memperkenalkan diri sebagai blogger Kompasiana, dan gayung pun bersambut, untuk beberapa menit Ibu Lani pun mau di wawancarai, yes...yes...yes...!

Dengan gaya bahasa runut, teratur plus pancaran keibuan yang di miliki Ibu Lani, mewawancarai beliau seperti ngobrol dengan ibu sendiri, di jelaskan pula tentang keunggulan internet banking BII Maybank, pada dasarnya transaksi tunai pun dari tahun ke tahun, ini sesuai dengan regulasi dari Bank Indonesia yang mengkampanyekan gerakan non tunai, apa lagi sekarang ini pengguna ponsel pintar di Indonesia terus tumbuh dan ini menopang pemakaian internet banking.
Keunggulan standar keamanan pun di sebut oleh Ibu Lani, BII Maybank mengikuti standar keamanan internasional, adanya verisign dan Two Factor Authenfitication sehingga layanan internet banking BII Maybank sangatlah handal, tak terasa waktu 12 menit 55 detik serasa sangat singkat, namun apapun itu keterangan Ibu Lani Darmawan memberikan wawasan baru tentang internet bankingnya BII Maybank, thanks ya bu.


Layanan Internet Banking Maybank Memang Pancen Oye


Bahwa kenyataan internet di Indonesia memiliki jaringan 3G hingga 4G, sehingga penetrasi internet banking menjadi sebuah keniscayaan, pendapat ini dikemukakan oleh John Patrick sebagai CEO Cekaja.com. Lalu hadir pula Stefanus Willy Sukianto, dengan gamblang dan sebuah pemaparan presentasi menarik, bahwa pengguna smartphone di Indonesia itu luar biasa, ada ekspektasi yang luar biasa dari konsumen, dan strategi BII Maybank untuk merangkul pengguna internet.


Global trend saat ini adalah penggunaan ponsel pintar, jumlah handphone yang beredar di Indonesia ternyata dalam jumlah besar, dan telpon pintar sangat mengakomodatif penggunaan mobile banking. BII Maybank sebagai salah satu pioner dalam urusan internet banking selalu memberikan terbaik untuk hal ini, internet banking mendukung mobilitas nasabah dengan melakukan transaksi perbankan tak mengenal tempat dan waktu bukan sebuah kendala.
Fitur fitur lengkap mobile banking BII Maybank memudahkan orang untuk bertransaksi, dengan cukup menekan tanda bintang 141 pagar maka akses mobile banking pun sangat friendly, ini masalah life style, sebuah gaya hidup yang menyenangkan, sangat mudah dan tinggal angkat ponsel pintar maka apa yang di butuhkan bisa diakses dengan mudah, dan memang mobile banking BII Maybank pancen oye, itu sih iya sih.


Kompasiana Coverage, BII Maybank Membuka Cakrawala Baru Tentang Mobile Banking

Rasanya tak sia sia berangkat dari Cikarang jam 5 pagi, selain bertemu dengan sesama Kompasianer, banyak sekali ilmu yang bisa di dapatkan dalam acara ini, Kompasiana Coverage bersama BII Maybank memberikan cakrawala baru dalam hal mobile banking, bagaimana sebuah jaringan bernam internet mampu memberikan kemudahan kepada manusia, selain itu juga di paparkan bahwa hampir 80% pengguna internet adalah kaum perempuan, wow seru bukan?


Selain itu banyak manfaat dalam Kompasiana Coverage kali ini, ternyata pengguna smartphone berbasis android maupun iOS begitu banyak di Indonesia, ini adalah pasar yang potensial bagi bangsa ini, kita harus selangkah mengerti dan menguasai teknologi, pemaparan para pemangku jabatan di lingkungan BII Maybank memberikan satu pencerahan.
Ternyata memang teknologi dapat di daya gunakan untuk hal hal positif, dan BII Maybank memberikan dampak positif bagi kegiatan pelaku usaha dan wira usaha, apalagi memang mobile banking BII Maybank termasuk perintis di Indonesia, maju terus perbankan Indonesia sehingga mewarnai ekonomi negeri tercinta.


Dedikasi Tinggi Wajar Diganjar Beragam Penghargaan


Setengah abad BII  lebih berdiri, sejauh ini memang BII salah satu bank terbesar di tanah air, Pada 2008, Malayan Banking Berhad (Maybank), bank terbesar di Malaysia dan salah satu grup keuangan terkemuka di ASEAN, mengakuisisi BII dan semakin memperkokoh eksistensi di kancah perbankan nasional dengan nama BII Maybank.


Wajar sekali akhirnya ganjaran award menjadi milik BII Maybank, salah satunya adalah penghargaan Call Center Award 2009 for Service Excellence’ dari the Center for Customer Satisfaction & Loyalty (CCSL) untuk layanan nasabah kartu kredit, dan penghargaan bergengsi lainnya yaitu Peringkat pertama dalam “10 bank Terbaik dalam Kualitas Layanan” 2009 (Customer Satisfaction Index Survey-CSIS) dari Institute of Service Management Studies (ISMS) dan majalah Infobank.
Dari penghargaan yang di dapat, jelas sekali memang BII Maybank sangat berkomitmen dalam pelayanan untuk pelanggannya, dan ini sebuah bukti nyata bukan janji janji pemansi customer service, selamat untuk BII Maybank,sukses selalu!

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun