Dulu pengurusan pajak STNK dan ganti plat nomor kendaraan adalah momok yang tidak mengenakkan, bagaimana tidak panjangnya antrian, petugas yang kurang ramah, lamanya pembuatan dan banyaknya calo yang berkeliaran.Â
Tapi kepemimpinan Gubernur Ganjar Pranowo di tahap awal benar-benar membawa perubahan luar biasa, beliau membuka pengaduan masyarakat dan ditindaklanjuti dengan segera. Gaya blusukan atau turun langsung ke bawah terhadap instansi pemerintah dari provinsi sampai kota dan kabupaten.
Langsung pentelengi oknum pegawai di dinas yang kerjanya santai, masa bodoh dan tidak peduli pada kemajuan, tidak punya gebrakan. Yang penting berangkat ngantor pagi sampe sore, berangkat finger print, medang dan mengerjakan rutinitas biasa, tanpa ada inovasi dan terobosan. Gaya seperti itu harus dikikis habis dari pemerintah, sekarang itu butuh pegawai dan pemimpin yang ambil lompatan bukan cuma jalan saja.
Ternyata metode ini digunakan oleh Samsat Brebes, perbaikan tempat, sarana dan prasarana karena kenyamanan tempat juga sangat dibutuhkan oleh masyarakat saat mengurus baik pajak kendaraan maupun lainnya. Tidak hanya pada sarana dan prasarana saja yang diperbaiki, tapi pola pelayanan juga diperbaiki.
Bukan hanya pelayanan yang secepat kilat, tapi keramahan pegawainya juga luar biasa. Kekaguman penulis tidak berhenti sampai disitu, fasilitas penunjang juga sangat bagus, ada waterjug tersedia, bagi masyarakat yang sedang mengurus sesuatu, bisa ambil kopi, teh atau air mineral.
Tidak ada kata lain yang lebih tepat untuk menggambarkan pelayanan di Samsat Brebes, good and the best, semoga Layanan secepat kilat Samsat Brebes ditiru oleh instansi lainnya di kabupaten Brebes. Bravo Samsat Brebes... I love you fullÂ
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H