Mohon tunggu...
Muhammad Taufan
Muhammad Taufan Mohon Tunggu... Penulis - -

-

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Transformasi Gemilang dari Ignasius Jonan dalam Membentuk Kereta Api Indonesia Maju dan Modern

21 Agustus 2023   07:36 Diperbarui: 21 Agustus 2023   07:43 417
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kereta Api (Sumber: https://pixabay.com/id/photos/kereta-angkutan-lokomotif-199634/)

Hampir setiap tahunnya Indonesia selalu saja melakukan berbagai macam transformasi terhadap berbagai macam bidang. Kini dalam sistem perkeretaapian Indonesia menjadi salah satu pilar kebanggan dan kemajuan yang sangat mengesankan. 

Hal tersebut tentunya menandakan bahwa Indonesia kini sudah mulai banyak melakukan berbagai transformasi infrastuktur yang sukses dilakukan. 

Dengan terobosan akan teknologi dan investasi yang dilakukan membuat sistem kereta api telah menjelma menjadi tulang punggu akan jaringan transportasi bagi masyarakat. 

Apalagi dengan layanan yang efisien ditambah fasilitas modern membuat pengalamn baru yang memukau saat menggunakan kereta api Indonesia.

Mengawali dekade ini maka bidang kereta api Indonesia telah mengalami evolusi yang sangat luar biasa. Perluasan jalur pada sistem kereta api Indonesia yang kini mulai merambah hampir keseluruh pelosok negeri membuat setiap wilayah dapat saling terkoneksi satu sama lain. 

Belum lagi dengan penerapan teknologi canggih seperti sistem sinyal pindar sampai manajemen operasi terkomputerisasi telah diterapkan sehingga menghasilkan jawdal yang lebih akurat bagi masyarakat sebagai pengguna. 

Adanya hal tersebut secara tidak langsung akan memberikan dampak lainnya berupa pengurangan akan kemacetan karena masyarakat akan beralih dari moda transportasi mobil atau motor menjadi kereta api Indonesia. Serta memberikan dampak kepada lingkungan karena dapat menekan konsumsi bahan bakar berbasis fosil.

Tetapi jika melihat dahulu pada kereta api Indonesia sangatlah berbeda jauh. Pada beberapa tahun kebelakang dapat dikatakan bahwa kereta api Indonesia seperti lambang perjalanan yang sangat membutuhkan kesabaran ekstra saat menggunakannya.

Belum lagi pada saat itu adanya keterbatasan infrastuktur dan fasilitas membuat perjalanan menggunakan kereta api menjadi sangat melelahkan.

Atas kondisi tersebut dibutuhkan semangat transformasi yang tidak kenal lelah salah satunya seperti Ignasius Jonan.

Ignasius Jonan merupakan salah satu alumnus dari SMA Katolik St. Louis 1 Surabaya. Setelah selesai maka di tahun 1982 lanjut untuk mendapatkan pendidikan di program studi S-1 Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNAIR dengan lulus tahun 1986. Ia juga pernah mengenyam pendidikan di Fletcher School, Universitas Tufts, Amerika Serikat.

Ignasius Jonan (Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Ignasius_Jonan)
Ignasius Jonan (Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Ignasius_Jonan)

Ignasius Jonan diangkat sebagai Direktur Utama PT KAI saat berada di tahun 2009 oleh Menteri BUMN Sofyan Djalil. Pada saat itu ia belum pernah berkarir dalam bidang bisnis transportasi utamanya pada bidang transportasi rel. 

Tetapi saat sudah bergabung dengan PT KAI ia berhasil membuat kesuksesan. Hal tersebut dapat terlihat sebelum bergabung PT KAI mengalami kerugian berada di angka kerugian Rp 83,5 miliar tahun 2008 menjadi keuntungan Rp 154,8 miliar tahun 2009. Bahkan di tahun 2013 mencatat laba sebanyak 560,4 miliar.

Adanya Ignasius Jonan tersebut juga memberikan kontribusi lainnya dalam bidang aset PT KAI. Di tahun 2008 aset yang dimiliki oleh PT KAI berada di angka Rp 5,7 triliun kini di tahun 2013 asetnya sudah berada di angka Rp 15,2 miliar. 

Jika dihitung secara angka peningkatan yang terjadi hampir mendekati tiga kali lipatnya. Tentunya hal tersebut merupakan sebuah kesuksesan yang luar biasa apalagi PT KAI bisa dikatakan tidak memiliki saingan sehingga jika mengalami kerugian rasanya cukup aneh saja.

Kontribusi yang dilakukan oleh Ognasius Jonan juga dapat dilihat dari banyaknya mulai diberantas hal-hal yang sudah menjadi akar kegiatan di PT KAI. Salah satunya seperti pemberantasan dari oknum percaloan tiket yang menjadi makanan sehari-hari. 

Untuk memberantas tersebut dilakukan penerapan sistem boarding pass, tiker daring, sampai penjualan melalui toko ritel. Sehingga penerapan yang dilakukan tersebut membuat gerak kegiatan dari para oknum percaloan tiket menjadi tidak bisa lagi. 

Tidak hanya itu saja berbagai macam fasilitas mulai dilakukan perbaikan menjadi lebih baik. Salah satu buktinya dapat terlihat dari fasilitas berupa toilet stasiun. Saat para penumpang mau menggunakan toilet stasiun biasanya harus membayar kini sudah dapat digunakan secara gratis dan dilakukan perbanyakan akan jumlah di setiap stasiun yang ada. 

Dari sisi kereta api yang digunakan juga sudah mulai dilengkapi oleh AC serta dilakukan kebijakan akan pelarangan dari kegiatan merokok di dalam kereta. Semua hal tersebut membuat masyarakat sebagai pengguna layanan kereta api Indonesia menjadi lebih nyaman lagi ketika digunakan.


Didalam masa kepemimpinannya juga pihak PT KAI melakukan banyak sekali peremajaan akan sarangan yang sangat banyak. Salah satunya dapat terlihat dari peluncuran kereta baru dengan mendatangkan 100 lokomotif seri CC206 untuk angkutan barang dan penumpang di Jawa. 

Untuk melakukan perubahan tersebut tidak jarang Ignasius Jonan juga turun secara langsung ke lapangan agar lebih mengetahui sukses atau tidaknya transformasi yang dilakukan. 

Saking displinnya dalam merealisasikan transformasi yang dilakukan di tahun 2014 Ignasius Jonan tercatat melakukan pemecatan atau pensiun dini kepada 200 karyawan. 

Agar benar-benar sukses melakukan transformasi akan menertibkan stasiun dari berbagai macam pedangan dan bangunan liar maka dilakukan secara bersama-sama dengan bantuan aparat TNI.

Kini kita sebagai masyarakat yang merupakan pengguna dari layanan transportasi kereta api Indonesia menjadi lebih nyaman. Maka kini juga layanan transportasi kereta api Indonesia menjadi salah satu hitungan untuk digunakan untuk melakukan berpergian ke suatu tempat yang indah di Indonesia. 

Hal tersebut dapat terjadi karena adanya transformasi yang dilakukan oleh PT KAI dalam memberikan layanan terbaik kepada masyarakat sebagai pengguna yang didalamnya terdapat seseorang sebagai penggagasnya seperti Ignasius Jonan. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda para pembaca. Terima kasih.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun