Dunia wirausaha, atau entrepreneur, saat ini tengah menghangat. Kehadiran e-commerce dengan market place yang begitu banyak, ditopang dengan jaringan internet yang makin baik, membuat orang banyak yang terjun ke dunia wirausaha.
Dunia wira usaha belakangan ini juga, bukan hanya menjadi milik masyarakat yang bisa dikatakan sudah tua, yang beralih dari pekerja kantor menjadi pelaku wirausaha, ataupun menjadi wirausaha sekaligus menjadi karyawan. Kalangan wirausaha ini datang dari anak muda, baik yang sudah lulus kuliah, mapun sedang berkuliah.
Bukan hanya mahasiswa saja, banyak pelajar yang sudah menjadi wirausaha.Â
Wirausaha itu apa sih sebenarnya? Menurut penelusuran yang saya lakukan, wirausaha adalah seorang yang berani berusaha secara mandiri dengan mengerahkan segala sumber daya dan upaya meliputi kepandaian mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya untuk menghasilkan sesuatu yang bernilai lebih tinggi.
Merujuk definisi di atas, generasi muda sekarang memiliki berbagai sumberdaya. Untuk permodalan, banyak akses ke permodalan dengan berbagai kemudahan. Aplikasi fintech menawarkan pinjaman untuk mendapatkan modal. Di era digital seperti sekarang ini, kita membuat kemasan produk juga sangat mudah.
Semisal, kita ingin membuat produk minuman jus, botol bisa dibeli yang polos dan kita mencetak sticker secara digital, jadilah kemasan produk yang menarik. Menjual produk juga kini tak harus memiliki toko dengan biaya operasional yang mahal.
Melalui media sosial seperti instagram, facebook, hingga whatsapp bisa digunakan untuk menjual. Jaringan sosial kita juga bisa kita manfaatkan. Kita pasti akan menjual duluan kepada keluarga atau teman kita bukan?
Untuk mendukung dunia wirausaha yang terus berkembang dan berinovasi ini, salah satu Bank Plat Merah atau Bank Milik Pemerintah, Bank Mandiri menghadirkan yang namanya Wirausaha Muda Mandiri. Wah... wah ... wah.... Kalau mendengar namanya, Wirausaha Muda Mandiri ini sudah pasti akan mengandeng anak muda ya.Â
Ketika saya datang ke sebuah event di Pasar Santa, Jakarta Selatan, bulan Agustus lalu, saya sempat bertemu dengan dua pelaku wirausaha yang dicetak oleh Wirausaha Mandiri. Sebenarnya ada banyak, tapi dua pelaku usaha ini yang benar-benar saya ajak berbincang. Dua pelaku wirausaha ini adalah The Warna dan Kopi dari Jember.
Mereka ini bukan hanya setahun atau dua tahun terjun ke dunia wirausaha. Mereka ini sudah menjadi bagian dari Wirausaha Muda Mandiri lebih dari dua tahun.Â
6-9 Â September lalu, di kota sejuk penghasil apel, Malang, Wirausaha Muda Mandiri (WMM) menggelar WMM Expo di salah satu mall. Di perhelatan ini, 90 produk lokal tampil. Mereka ini merupakan finalis dan alumnus dari WMM. Ada juga yang merupakan bagian dari Rumah Kreatif BUMN.
Di WMM Expo ini, para wirausahawan muda ini memajang atau memamerkan produk mereka. Tujuannya apa? Biar mereka bisa melakukan penetrasi pasar dengan sosialisasi produk mereka.Â
Bank Mandiri, melalui WMM Expo ini, menunjukkan komitmen mereka untuk melahirkan pelaku usaha muda yang kreatif, mampu bersaing serta dapat menciptakan lapangan kerja baru melalui program yang komprehensif, mulai dari penjaringan pelaku usaha muda potensial, pelatihan pengelolaan usaha, pengenalan metode pemasaran, pengenalan akses pembiayaan serta identifikasi peluang pengembangan usaha.Â
Setelah WMM Expo digelar, pelaku wirausaha muda ini diberikan kesempatan untuk mempresentasikan produk mereka di depan para juri. Ya mereka akan dinilai untuk sejumlah kategori seperti, Wirausaha Industri, Perdagangan dan Jasa, Wirausaha Boga, Wirausaha Kreatif, Wirausaha Sosial, Wirausaha Teknologi Digital, Wirausaha Teknologi Non Digital dan Wirausaha Digital Financial Technology. Ternyata kategorinya banyak sekali ya.
Pelaku wirausaha ini kemudian diajak ke Jatim Park. Mereka diajak melihat usaha di bidang wisata yang berhasil mendatangkan wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia dan bahkan luar negeri. Â
Puncak acara ini adalah pemberian award.Â
Tahun 2018 ini, tercatat 898 wirausaha muda menyerahkan dokumen pendaftaran dan profil usaha. Setelah dilakukan seleksi, 70 peserta lolos untuk mengikuti seleksi nasional. Usai melewati proses penjurian, kemudian terpilih 26 pemenang untuk seluruh kategori dan bidang usaha, serta masing-masing 1 orang pemenang kategori Best of The Best dan kategori terfavorit.
Dari sekian pemenang tersebut adalah pada kategori Bidang Usaha Teknologi Digital Pemenang I adalah Aditya Pratama Ghifary -- Media BIMBINGAN BELAJAR GRATIS Berbasis Website & Aplikasi . Sudah tentu ini sangat kreatif karena bisa membuat orang ikut bimbingan belajar melalui aplikasi.
Buat para pemenang, selamat ya. Oh iya, apa sih sebenarnya yang diberikan Bank Mandiri melalui WMM ini? Yang pertama adalah untuk finalis nasional dan pemenang program WMM mendapatkan kesempatan di program pendampingan usaha dalam bentuk pelatihan skill manajerial, pameran maupun publikasi sebagai kesempatan untuk mempromosikan usaha.
Yang ke-2 adalah Peserta program WMM mendapatkan kesempatan yang luas untuk berjejaring dengan Bank Mandiri Group dan nasabah korporasi Bank Mandiri guna mengembangkan bisnis. Melalui program WMM peserta berkesempatan mendapatkan kesempatan, informasi dan pengalaman yang sangat berharga untuk pengembangan diri dan mendukung bisnis.
Finalis dan pemenang program WMM menjadi anggota WMM Forum yang merupakan organisasi ikatan alumni program WMM yang dapat menghadirkan kesempatan business matching dan persaudaraan sesama pengusaha muda dari seluruh Indonesia. Setiap peserta yang mengikuti program WMM dapat bergabung dengan WMM Forum.
Yang terakhir, salah satu bentuk pembinaan kepada pemenang/finalis Wirausaha Muda Mandiri adalah melalui dukungan publikasi.
Wirausaha Muda Mandiri juga sudah berusia 11 tahun. Sejak pertama kali digelar pada  2007, program WMM telah diikuti 36.000 pengusaha di seluruh Indonesia dan telah berhasil memberikan manfaat kepada lebih dari 45.000 individu. Nantinya, para alumnus WMM juga bisa menjadi agen inspirator untuk mendukung penciptaan 1.000 digital start up dan program Rumah Kreatif BUMN.
Â
Â
Â
Â
Â
Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H