Mohon tunggu...
Sukamto
Sukamto Mohon Tunggu... Dosen - Dosen

Saya adalah Dosen jurusan teknologi pangan/hsl pertanian Univ.Widyagama Malang. Peneliti pangan. Suka menulis hal hal sederhana tentang pangan dan nasib usaha kecil mamin Indonesia.

Selanjutnya

Tutup

Travel Story Artikel Utama

Daya Pikat Apel Batu Malang

26 Juni 2016   10:49 Diperbarui: 27 Juni 2016   09:02 1039
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Panorama Kota Batu sebagai penghasil apel khas Batu (Koleksi Pribadi)

Kota Batu dan Kota Malang adalah kota yang identic dengan kota buah apel, sehingga sering dijuluki bahwa Malang  dan Batu sebagai Kota apel. Kalau anda traveling ke Jawa Timur rasanya tidak lengkap jika tidak mengunjungi Kota Wisata Batu dan Malang. Tidak heran kalau hari libur, hari Sabtu dan Minggu kondisi jalan menuju Kota Batu selalu ramai dan kadang-kadang macet karena banyaknya masyarakat yang akan berwisata ke Kota tersebut.

Nasib apel Batu dan Malang

Buah apel Batu dan Malng dulu terkenal di seantero Indonesia, namun sekarang terjadi pergeseran karena masyarakat sudah beralih pada buah apel Impor yang harganya relative murah, warna dan citarasanya juga lebih menarik.

Sebanarnya buah apel merupakan salah satu maskot Kota Batu dan Kota Malang untuk menarik wisatawan, namun sekarang apakah apel Batu dan Malang  masih memiliki daya pikat bagi wisatawan. Pertanyaan tersebut menggelitik kita semua karena apel impor ternyata sudah membanjiri kota Malang, Batu dan sekitarnya. Kalau mau bertahan maka apel Batu maupun apel Malang harus mampu memperbaiki kualitas sehingga bisa bersaing dengan apel impor.

Beberapa tahun terakhir banyak obyek wisata baru yang sengaja dikembangkan oleh Pemerintah Kota Batu bersama masyarakatnya. Pengembangan obyek wisata baru tersebut terbukti mampu menarik wisatawan baik domestik maupun manca Negara. Hal ini menjadi peluang pasar yang baik untuk mendongkrak eksistensi apel khas Batu maupun Malang. 

Namun kenyataanya menurut berita yang dirilis oleh WWW.antarajatim.com 2016menyebutkan bahwa populasi tanaman dan produksi buah apel Batu terus merosot dalam beberapa tahun terakhir. Pada 2005, dari 2,6 juta tanaman, hanya 2,2 juta yang produktif. Produksi buah apel sebanyak 1.235 ton memiliki produktivitas hingga 28 kg/tanaman. Lima tahun kemudian, dari 2,5 juta tanaman yang tersisa, hanya 1,9 juta pohon yang produktif. Produktivitas pun menurun menjadi 17 kg/tanaman, dengan hasil produksi 842 ton. 

Di samping itu beberapa informasi yang diperoleh bahwa banyak petani apel Batu/Malang mengatakan bahwa  harga jual apel Batu/Malang tidak menutup biaya produksi dari petani. Hal ini diduga karena adanya Liberalisasi impor produk hortikultura sehingga buah apel impor membanjiri Indonesia dengan harga yang relatif murah.Sedangkan dilihat dari harga, apel lokal jauh lebih murah dibandingkan apel impor namun tetap kalah bersaing dengan apel impor.

Apel Rome beauty khas Batu (Koleksi Pribadi)
Apel Rome beauty khas Batu (Koleksi Pribadi)
Oleh karena itu perlu solusi agar eksistensi apel Batu dan Apel Malang tetap bertahan dan menjadi daya pikat wisatawan baik domestic maupun mancanegara.

Pemikiran untuk mengembalikan daya pikat apel khas Batu dan Malang

Berikut beberapa pemikiran  untuk mengembalikan daya pikat dan citra apel Batu dan Malang untuk mengimbangi membanjirnya apel impor yang masuk ke Indonesia :

1. Memperbaiki sistem budidaya dan penanganan pasca penen.

Produktifitas apel Batu yang terus menurun penyebabnya harus dapat diurai satu persatu. Peremajaaan harus segera dilakukan dengan menggukan teknologi budidaya apel dengan system yang lebih modern. Perhatian yang serius terhadap perubahan kualitas kesuburan tanah, hama dan penyakit serta penanganan pasca panen buah apel. Penggunanan pupuk, insektisida dan fungisida kimia yang tidak terkendali justru merusak kualitas apel Batu dan Apel Malang saat ini.

2. Membuat diversifikasi produk berbasis apel. Masyarakat harus mampu berkreasi untuk menemukan produk-produk inovatif yang berbasis buah apel khas batu diantaranya: kripik apel, sari apel, sirup apel, dodol apel, teh apel dan cuka apel. Di Kota Batu dan Malang banyak industri kecil dan menengah yang memproduksi makanan jajanan yang di klaim dari bahan dasar buah apel, namun jika ditelusuri lebih mendalam sudah tidak murni lagi dari buah apel. Sebagai contoh minuman sari buah dengan berbagai merek ternyata sebagaian besar menggunakan bahan perasa Apel. 

Sebenarnya diversifikasi produk berbasis apel merupakan solusi yang baik untuk mengobati kerinduan terhadap apel Batu/Malang karena mudah dibawa, praktis, lebih awet, dan bisa berwujud aneka produk. Oleh karena itu pembinaan baik oleh Pemerintah, Perguruan Tinggi dan Stake Holder yang lain sangat penting.   Produk diversifikasi tersebut harus diarahkan untuk memenuhi Standar Industri yang dipersyaratkan baik Nasional maupun Internasional dan tetap berbahan baku apel yang sehat.

Salah satu produk diversifikasi apel, teh apel celup (Koleksi Pribadi)
Salah satu produk diversifikasi apel, teh apel celup (Koleksi Pribadi)
3. Membangun kebersamaan masyarakat Kota Batu dan Kota Malang sehingga dapat mempercepat tercapainya cita-cita bersama dalam mengembalikan daya pikat apel Batu dan Apel Malang pada masa-masa mendatang.

4. Kita sebagai bangsa Indonesia sudah semestinya memiliki kebanggaan terhadap produk-produk asli daerah seperti apel Batu. Marilah kita tanamkan  dan masyarakatkan semboyan Aku Cinta Buah Indonesia (ACBI) (SKT-UWG-2016)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun