Mohon tunggu...
TOBA SASTRAWAN MANIK
TOBA SASTRAWAN MANIK Mohon Tunggu... Ilmuwan - Pengajar di Politeknik Teknologi Kimia Industri Medan

Dosen/Pengajar, Aktif menulis Opini di Media Lokal dan Anak Dari Desa

Selanjutnya

Tutup

Financial

BRImo: Aplikasi Digital Menjawab Kebutuhan Transaksimu

9 Desember 2023   23:24 Diperbarui: 9 Desember 2023   23:24 538
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Salah satu kesan positif saya tentang Bank Rakyat Indonesia (BRI) adalah janggkauan dan kehadiran cabangnya ada di pedesaan atau kota kecil. Bisa dikatakan sebagai anak dari kampung, bank yang pertama kali saya kenal dan temui adalah BRI. Sehingga tagline bahwa BRI untuk Indonesia telah dibuktikan dengan jangkauan dan kehadirannya yang tidak hanya di perkotaan namun juga di daerah kecil serta tidak hanya bagi kalangan tertentu namun juga untuk semua kalangan masyarakat di Indonesia. Dalam

Saya merupakan salah satu pengguna aplikasi Brimo. Aplikasi Brimo merupakan salah aplikasi digital Bank BRI berbasis data internet. Saya telah menggunakan aplikasi Brimo hampir 2 tahun. Awalnya merupakan kebutuhan kantor, namun setelah berkali-kali menggunakan aplikasi yang menggunakan user interface dan user experience terbaru tersebut, menyadarkan saya bahwa BRimo memiliki sejumlah fitur dan kualitas layanan yang memang dibutuhkan kekinian.

Tampilan aplikasi Brimo Penulis.
Tampilan aplikasi Brimo Penulis.

Menurut pengalaman saya pribadi, BRImo merupakan aplikasi digital yang memiliki fitur yang lengkap dan mudah digunakan. Aplikasi BRimo memanjakan penggunanya dengan berbagai fitur seperti Tarik Tunai, Transfer, BRIZZI, Dompet Digital, Pengisian Pulsa/Data, BRIVA, Listrik dan fitur lainnya. Fitur ini memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat saat ini. Aplikasi yang berbasis digital ini semakin memudahkan penggunanya untuk bertransaksi dimana pun dan kapan pun.

Berbasis digital merupakan salah kelebihan yang ditonjolkan oleh BRImo. Menurut Marginingsih (2020) sejak diluncurkan tahun 2019 lalu, Pengguna BRImo meraih pengguna 2,2 juta pengguna hanya dalam 8 bulan. Pelayanan berbasis data internet  merupakan keniscayaan di era saat ini. Menurut Survei APJII 2023, jumlah pengguna internet di Indonesia rentan tahun 2022-2023 meningkat sekitar 5 juta. Dibandingkan tahun 2022 jumlah pengguna internet di Indonesia 210 juta, Tahun 2023 jumlah pengguna mencapai 215 juta jiwa (https://survei.apjii.or.id/home).

Hal ini menempatkan aplikasi BRImo semakin strategis dan menarik. Logis kemudian pengguna BRImo mendapatkan respon positif dari masyarakat luas. Jika melihat review BRImo di Playstore, rating BRImo cukup bagus yakni 4,5 seperti ditunjukkan dalam gambar di bawah.

Sumber: Playstore/Tampilan Layar
Sumber: Playstore/Tampilan Layar

Namun dalam tulisan sederhana ini, penulis ingin menyuguhkan berdasarkan pengalaman penulis dan hasil kuesioner sederhana penulis. Sependek pengalaman penulis, Penulis belum menemukan kendala dalam penggunaan BRImo. Hal yang mungkin terkadang mengkhawatirkan adalah munculnya ancaman-ancaman phising dan kejahatan digital lainnya yang relatif sering diberitakan terjadi. 

Sesuai dengan pengalaman di atas, penulis membuat riset kecil-kecilan dengan menyebarkan angket sederhana yang berisi beberapa pertanyaan tentang layanan yang diterima oleh pengguna BRImo.Survey terdiri dari  25 pernyataan menggunakan skala likert antara Sangat Setuju, Setuju, Cukup, Kurang Setuju, dan Tidak Setuju. Pertanyaan disebarkan melalui Gform yang bisa diakses dalam tautan berikut https://forms.gle/BAzWR19UMviSWxTE9.

Berdasarkan hal kuesioner tersebut, penulis menemukan beberapa hasil berikut. Secara umum, Responden mayoritas memilih jawaban antara Cukup, Setuju, dan Sangat Setuju. Sehingga dalam hal ini penulis bisa menyimpulkan bahwa layanan BRImo cukup baik. namun dalam tulisan ini penulis hanya menampilkan jawaban responden antara kurang setuju dan tidak setuju. Hal ini bertujuan menjadi kritik dan sumber informasi agar pihak BRI melakukan perbaikan mengenai layanannya. kemudahan dalam mendapatkan informasi 1 orang mengatakan kurang setuju. 

Demikian juga pernyataan bahwa  bersikap simpatik terhadap permasalahan yang dihadapi pengguna BRImo, ditemukan 1 responden menjawab kurang setuju. Masalah aplikasi BRImo yang eror mendapat perhatian serius dari responden. 3 responden mengatakan bahwa BRImo kurang setuju jika dikatakan aplikasi tersebut tidak pernah eror atau bermasalah dan 3 responden mengatakan setuju bahwa pernah eror saat menggunakan BRImo dan 1 responden mengatakan bahwa kurang setuju dengan pernyataan adanya jaminan keamanan terhadap pengguna Brimo.

Demikian mengenai sikap, ditemukan 1 responden mengatakan kurang setuju jika dinyatakan Pihak BRI selalu bersikap sopan dan tanggap terhadap pengguna Brimo. Demikian mengenai bentuk komunikasi dan edukasi. Ditemukan 1 responden berpendapat bahwa pihak BRI kurang setuju dengan pernyataan Nasabah diberikan edukasi yang baik terhadap penggunaan Brimo. Demikian juga mengenai komunikasi yakni pernyataan bahwa BRI memberikan komunikasi yang baik terhadap pengguna Brimo ditemukan 2 responden yang menyatakan kurang setuju. Terakhir ialah ditemukan 1 responden berpendapat bahwa BRImo tidak bisa diakses semua kalangan.

Dari riset sederhana ini bisa dikatakan Aplikasi BRImo sudah bisa memenuhi ekspektasi masyarakat dan memenuhi kebutuhan transaksi digital masyarakat. Aplikasi BRImo dengan segala fitur yang ada sesuai dengan pengalaman pribadi dan hasil riset sederhana penulis telah dianggap cukup dan sesuai dengan ekspektasi pengguna. Aspek kerapian dan kemudahan aplikasi(64% setuju, 14% Sangat Setuju, dan 21,4% Setuju) , sesuai dengan perkembangan kebutuhan pengguna (64% setuju, 28,6% Cukup, dan 7,1% Sangat Setuju), Fasilitas dan fitur yang dimiliki Brimo telah sesuai dengan yang ditawarkan oleh BRI (57,1% setuju, 28,6% Cukup, dan 14,3% Sangat Setuju), Tampilan BRImo membangun keyakinan (35,7% Setuju, 35,7% cukup, dan 28,6% Sangat Setuju), Ada pembaharuan yang berkala (28,6% setuju, 35,7% Sangat Setuju, dan 35,7% Cukup), Keamanan yang dirasakan dalam transaksi (71,4% Setuju, 21,4% Cukup, dan 7,1% Sangat Setuju), Kepercayaan pengguna terhadap transaksi yang dilakukan (78,6% Setuju, 7,1% Sangat Setuju, dan 14,3% Cukup), Reputasi dan Image BRImo menurut pelanggaran (78,6% mengatakan baik, 14,3% mengatakan cukup baik, dan 7,1% sangat setuju dikatakan baik).

Semoga aplikasi digital Bank Rakyat Indonesia yakni BRImo semakin digemari dan dipercaya oleh masyarakat. Pihak BRI perlu melakukan adaptasi dan koreksi aplikasi dan fitur yang diberikan kepada masyarakat. Aspek edukasi dan komunikasi perlu mendapat perhatian serius supaya BRImo semakin mudah dipahami dan dipercaya oleh masyarakat. Sukses dan Majulah BRI untuk membangun Indonesia. Kepakkan sayap pelayanan terbaik di seluruh pelosok dan sudut masyarakat. Hal ini lebih mengafirmkasikan bahwa BRI untuk Indonesia. 

Sumber tulisan: 

Marginingsih, R. (2020). Kualitas Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Bank BRI (Studi Pada Pengguna BRI Mobile di Kota Depok). Moneter-Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 7(1), 24-31.

https://survei.apjii.or.id/home diakses 08 Desember 2023 pukul 00.15 Wib.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun