Mohon tunggu...
TJIPTADINATA EFFENDI
TJIPTADINATA EFFENDI Mohon Tunggu... Konsultan - Kompasianer of the Year 2014

Lahir di Padang,21 Mei 1943

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Dalam Keadaan Marabahaya, Kearifan Lokal Bisa Jadi Penyelamat

29 September 2021   20:50 Diperbarui: 29 September 2021   21:28 214
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Khususnya Bila Berada Jauh Dari Tenaga Medis

Hoping for the best,but ready for the worst.  Mengharapkan yang terbaik,tetapi siap bila terjadi sesuatu yang buruk. Nah,yang namanya hidup ,selalu bersifat dinamika,bergerak dari satu sudut kesudut lainnya dan dari satu waktu ke waktu lain. Nah,daripada ngarang cerita ,saya tuliskan saja pengalaman pribadi  Pengalaman yang bebas dibaca oleh semua umur,karena disamping tidak ada efek samping negatif,juga sekaligus ada pesan penting di dalam peristiwa ini.

Tahun 1980  ,kami sudah punya kendaraan pribadi dan rumah permanent di Wisma Indah I,Ulak Karang. Pada waktu libur panjang anak sekolah,maka setiap tahun kami melakukan perjalanan  jauh . 

Karena sebelumnya,kami sudah melakukan perjalanan ke Kerinci,maka kali ini kami ingin menikmati suasana santai dan sejuk di  Brastagi . Saya mengemudikan kendaraan ,yakni Sedan Corolla dan didampingi oleh isteri tercinta .Dibangku belakang ada ketiga orang anak kami. Perjalanan  membutuhkan waktu lebih dari  20 jam ,baru tiba di  Brastagi. Dan kami menginap disana selama 3 malam.

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
Disengat Lebah

Esok harinya,anak anak bermain main ditaman bunga yang terdapat disana. Rasanya enak banget ,apalagi udara sejuk .Tetiba putri kami menjerit .Saya langsung lari mendekat. 

Ternyata tangannya disengat lebah,sewaktu main main di taman bunga .Ada 3 sengatan lebah dan dalam waktu singkat tangannya mulai merah dan membengkak . 

Saya kontak ke Resepsionis dan tanya apakan ada  dokter yang pratik didekat lokasi. Tapi dijawab ,masih jauh dan hari Minggu dokter tidak buka praktik.  

Syukurlah ada seorang kakek yang tinggal disekitar lokasi menanyakan, mengapa putri kami menjerit jerit . Dan saya ceritakan bahwa putri kami disengat 3 ekor lebah. Dan kakek tersebut ,memetik beberapa tangkai bunga yang ada disana dan memberikan kepada saya. "Nak,remas bunga ini hingga lumat. Kemudian gosokkan ditempat yang disengat lebah. Dalam waktu beberapa menit ,sakitnya akan hilang "

Langsung saya lakukan saran Kakek tersebut dan selang beberapa menit,putri kami sudah berhenti menangis dan saya lihat bengkaknya sudah mulai menghilang . Tentu saja saya ucapkan berulang kali terima kasih,untuk pelajaran berharga dari si Kakek  . Kelak saya banyak menolong orang yang disengat lebah,berdasarkan pelajaran yang saya terima kasih si Opung tadi

Terluka 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun