Mohon tunggu...
Tjahjono Widarmanto
Tjahjono Widarmanto Mohon Tunggu... Guru - Penulis dan praktisi pendidikan

Lahir di Ngawi, 18 April 1969. Pendidikan terakhir S2 di bidang Bahasa dan Sastra Indonesia. Menulis dalam genre puisi, cerpen, artikel/esai/opini. Beberapa bukunya telah terbit. Buku puisinya "Percakapan Tan dan Riwayat Kuldi Para Pemuja Sajak" menjadi salah satu buku terbaik tk. nasional versi Hari Puisi Indonesia tahun 2016. Tinggal di Ngawi dan bisa dihubungi melalui email: cahyont@yahoo.co.id, WA 085643653271. No.Rek BCA Cabang Ngawi 7790121109, a.n.Tjahjono Widarmanto

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Menghikmat Waktu

26 Desember 2020   00:51 Diperbarui: 26 Desember 2020   00:54 99
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Setiap kebudayaan, agama, dan filsafat menaruh perhatian besar kepada waktu. Dalam masyarakat Eropa terdapat semboyan "Time is money", yang menunjukkan bahwa waktu harus dimanfaatkan untuk kesuksesan, keberuntungan, kehormatan, dan kekayaan. 

Bangsa dan budaya Arab memiliki falsafah tentang waktu sebagai al waqtu kash shoif, yang artinya "waktu adalah pedang". Falsafah tersebut mengisyaratkan bahwa kalau pandai memanfaatkan waktu maka manusia akan meraih kebahagiaan, namun jika teledor tak bisa memanfaatkan waktu, maka justru manusia akan tergilas oleh waktu.

Tradisi Hindu Hindia menyebut waktu sebagai proses Trikona (Upatti, Sthiti, Pralaya) yang berlangsung terus-menerus yang harus dimanfaatkan untuk menjalankan dan menunaikan dharma. 

Dalam kitab Satyayuga disebutkan bahwa untuk mencapai nirwana manusia harus memanfaatkan waktu untuk melakukan Yuga Dharma atau melaksanakan kebajikan-kebajikan kepada sesamanya .

Demikian juga dalam tradisi dan kultur Jawa, waktu mendapat tempat yang istimewa dalam kehidupan manusia Jawa. 

Hal ini bisa dilihat dari simbol-simbol yang menandai jangka waktu yang ditempuh manusia Jawa sejak dalam kandungan hingga kematian, seperti tradisi tingkeban, selapan, sepasaran, tedhak siten, midodareni, pitung dinan, patang puluh dinan, nyatus, nyewu, pendhak, dan sebagainya. 

Simbol-simbol penanda waktu yang seperti disebut di atas semuanya melambangkan dan mengingatkan bahwa waktu harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk menjaga keseimbangan alam sekaligus digunakan untuk mengingat Tuhan, asal muasalnya dan kemana manusia akan kembali (sangkan paraning dumadi dan mulih marang aran nira).

Dalam konsep pandangan Nasrani ditegaskan bahwa konsep waktu dapat dimengerti dan dipahami jikalau manusia hidup dalam kesadaran eksistensi bahwa pada saatnya manusia akan menghadap Tuhannya. 

Dengan kata lain, waktu adalah kesementaraan. Waktu adalah catatan hidup yang harus dipertanggungjawabkan di hadapan Tuhannya.

Ajaran Islam mendudukkan waktu sebagai sesuatu yang amat penting. Banyak sekali ayat-ayat Al Qur'an yang menyinggung bahkan diawali dengan kata 'waktu' atau penanda waktu lainnya, misalnya wadh dhuha (demi waktu dhuha), wal fajri (demi waktu fajar/dini hari), wal lailli (demi waktu malam), wal ashr (demi waktu). 

Dalam ayat-ayat tersebut Allah bersumpah dengan menggunakan kata waktu. Menurut para ahli tafsir, dengan menggunakan kata 'waktu' atau penanda waktu yang lain ketika bersumpah, Allah ingin menegaskan bahwa manusia hendaknya benar-benar memperhatikan waktu kalau tidak ingin merugi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun