Para pelaku usaha kuliner membutuhkan inovasi terus-menerus untuk bertahan hidup. Pasalnya, pandemi COVID-19 yang masih berlangsung dan prakiraan resesi pada 2023 akan menjadi tantangan besar bagi para pelaku usaha.
Meski begitu, kita harus bertahan mengembangkan usaha kuliner kita. Apa rahasianya?
Kesuksesan pada inovasi dan penggunaan platform digital. Sejak awal berdiri, usaha kuliner harus bisa menarik perhatian kosumen, seperti misalnya mahasiswa sebagai target pasar utamanya.
Baca Juga : TIPS Sehat Makan Keripik Kentang Cemilan MenyegarkanÂ
Daya tarik utamanya adalah menu yang khas dengan bumbu rahasia dan harga yang ramah kantong mahasiswa. Tak heran dalam setahun, usaha kuliner bisa berdiri dengan modal awal yang kecil, mampu berkembang pesat dan membuka cabang baru di wilayah manapun.
Melalui Penjualan online, maka penghasilan bisa semakin meningkat, sehingga pada akhirnya kita berani membuka cabang khusus yang hanya melayani pemesanan online. Selain itu, usaha kuliner juga bisa merambah ke luar wilayah.
tiyarmangulo.com berbagi tips membangun usaha kuliner dan strategi yang tepat untuk bertahan dalam persaingan bisnis yang semakin ketat dan situasi ekonomi yang tidak menentu.
Baca Juga : TIPS Berhenti Merokok Menggunakan S.T.A.R.T
Perkuat nilai jual unik
usaha kuliner sangat kompetitif. Oleh karena itu, para pelaku usaha harus lebih cermat dan kreatif berinovasi untuk memperkuat keunggulan produknya. Menonjol bisa menjadi cara yang tepat untuk menarik perhatian konsumen.
Evaluasi bisnis secara reguler
Agar tetap relevan di pasar, para pelaku usaha kuliner harus melakukan evaluasi berkala terhadap kinerja bisnis, produk, dan layanannya. Hasil evaluasi tersebut dapat dijadikan acuan untuk menentukan strategi bisnis ke depan.
Baca Juga : Tips Sebelum Memulai Bisnis
Tingkatkan kesadaran merek dan bangun keterlibatan
Platform digital bisa menjadi media yang tepat untuk meningkatkan brand awareness konsumen. Alhasil, kita wajib terus mendorong penggunaan media sosial untuk menyebarluaskan promosi usaha kuliner kita. Contohnya acara besar, penjualan kilat, hari gajian, dan menu paket promo.
Cara ini sangat efektif dalam meningkatkan transaksi penjualan. Faktanya, 60% dari total penjualan dapat meningkat. Selain itu, Memaksimalkan penggunaan media sosial untuk membangun keintiman dengan konsumen.
Di Instagram misalnya, seringnya memposting postingan menarik untuk membangun engagement dengan follower yang setia, dan tentunya konsumen yang setia.
Baca Juga : Kiat Untuk Menemukan Pasangan di Aplikasi Kencan
Itulah rahasia mengembangkan usaha kuliner Anda di masa yang tidak menentu seperti sekarang ini. tiyarmangulo.com berharap tips-tips tersebut dapat menginspirasi generasi muda untuk berkontribusi meningkatkan perekonomian negara dengan membangun usaha kuliner lokal. (*)
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H