bisnis, penggunaan internet telah mengubah fungsinya dari media sosial menjadi media strategi bisnis mulai dari promosi dan pemasaran hingga penjualan dan layanan pelanggan.Â
Dalam duniaPerubahan cara hidup masyarakat saat ini juga menggeser saluran pemasaran tradisional ke ranah digital. Bahkan perusahaan besar maupun unit usaha kecil (brand) harus mampu mengikuti perkembangan dan memanfaatkan peluang tersebut agar usahanya dapat berkembang.
Tidak ada yang salah dengan Indonesia yang berpenduduk sekitar 200 juta jiwa, jika dipandang sebagai pasar potensial bagi dunia digital. Dilansir dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), pengguna internet di Indonesia pada 2022 mencapai 210 juta pengguna, meningkat sekitar 35 juta pengguna dari sebelum pandemi.Â
Untuk lebih jelasnya, bisa kita lihat data dari We Are Social yang menunjukkan hingga Januari 2022 pengguna aktif media sosial di Indonesia terus bertambah menjadi sekitar 191 juta orang.
Meningkatkan Eksposur Melalui Digital Marketing adalah Jalan yang Harus Ditempuh Brand
digital marketing, merek dapat menjangkau target pasar yang lebih luas karena tidak dibatasi oleh lokasi geografis dan juga dapat membidik konsumen tertentu sebagai objek promosi.Â
MelaluiUntuk memastikan bahwa aktivitas digital yang dilakukan brand benar dan relevan dengan target pasarnya, brand memerlukan parameter untuk mengukur kinerja upaya media sosial mereka.
Namun, sebagai hal yang relatif baru, seringkali pemasar dengan sedikit atau tanpa pengalaman dalam digital marketing dapat melakukan penilaian tidak terukur.
Tingginya permintaan alat yang dapat digunakan untuk melihat dan menilai kinerja kampanye digital di media sosial mendorong tim "Matamaya" untuk mengembangkan sebuah alat pengukur digital marketing.Â
Alat-alat ini adalah alat pemantauan dan melihat kinerja media sosial yang dapat digunakan untuk melihat bagaimana kinerja merek di semua properti media sosial Facebook, Instagram, Tiktok, Twitter, dan Youtube.
Tidak hanya itu, Matamaya juga menawarkan download data olahan dalam format .pptx untuk memudahkan pemasar dalam mencari data, atau format .xlsx sebagai sumber untuk membuat chart on demand.Â
Singkatnya, Matamaya adalah alat yang memudahkan pemasar untuk menangkap data semua merek secara cepat dan akurat dari semua properti media sosial.
Matamaya Berupaya Menjadi Jawaban atas Problem Digital Marketing Pemula
digital marketing sebagai strategi bisnis, kita perlu menganalisis hasil kampanye digital kita dan membandingkannya dengan yang dilakukan oleh pesaing kita.
Dalam memaksimalkan kampanyeMasalahnya, bagaimanapun, adalah bahwa konsumen menggunakan banyak platform media sosial, mengharuskan kita untuk menambang data dari banyak platform yang berbeda. Hal ini membuat proses analisis data menjadi lama dan rumit.
Matamaya adalah solusi yang memungkinkan pemasar untuk memantau kampanye digital pesaing mereka dengan mudah, efektif dan efisien.
Pada dasarnya, Matamaya mengatasi kekurangan alat manufaktur lokal dengan dukungan teknis dan kemampuan untuk menyesuaikan laporan sesuai dengan kebutuhan pasar Indonesia.Â
Matamaya memiliki delapan kemampuan analitik untuk memantau dan menganalisis wawasan dari percakapan digital, kinerja kampanye digital, dan kinerja influencer dari 5 jenis media sosial yang aktif digunakan konsumen saat ini.
Selain itu, Matamaya memahami kata-kata kunci dalam bahasa Indonesia formal dan semi formal untuk wawasan lokal yang lebih dalam.Â
Hasil laporan juga dapat diunduh langsung dalam format .pptx dan .xlsx, sehingga memudahkan pemasar untuk menganalisis wawasan dan mengembangkan rencana untuk kampanye atau bisnis mereka.***
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H