HAM hak asasi manusia adalah istilah yang populer yang sering digunakan orang ketika orang tersebut mengalami peristiwa yang kurang menyenangkan yang berkaitan dengan hak-haknya.
 Setiap orang mempunyai hak dan kewajiban semenjak lahir.
Menurut Hidalgo (2004) menyatakan bahwa pendidikan hak asasi manusia tidak hanya mengajarkan hak asasi manusia dan hak hak anak yang dasariah, tetapi juga mengajarkan kewarganegaraan dan tindakan yang bertanggung jawab, demokrasi, cinta akan kemerdekaan, kesadaran nasional dan global, kepekaan terhadap permasalahan wanita dan anak-anak, pelestarian lingkungan, dan pembangunan berkelanjutan. tugas guru dalam memajukan pendidikan merupakan tugas yang nantinya dapat memberikan dampak positif bagi peserta didik dalam menghadapi permasalahannya.
Peran guru sebagai pengajar dapat meningkatkan hasil belajar, Selain itu guru juga membimbing dan memfasilitasi kegiatan peserta didik yang mencerminkan HAM serta mengarahkan peserta didik. Saat guru melaksanakan kegiatan pembelajaran di sinilah peran guru sangat tampak, di mana peserta  didik yang mengikuti pembelajaran, mereka mengalami perubahan perilaku.Â
Perubahan perilaku itu dipengaruhi dari Bagaimana guru menunjukkan hal-hal yang baik. Perubahan perilaku tersebut mencakup perubahan pengetahuan (kognitif), dimana peserta didik yang semula tidak tau menjadi tau.
 Perubahan sikap (afektif), peserta didik yang semula berperilaku kurang baik, menjadi lebih baik. perubahan keterampilan (psikomotor), peserta didik lebih terampil dalam memecahkan masalah dengan baik. perubahan-perubahan tersebut membutuhkan waktu yang lama.
Guru harus bersifat dinamis dan cepat dalam mengikuti perkembangan zaman yang berupa teknologi informasi. Dan untuk memberikan informasi kepada peserta didik guru harus mempunyai kemampuan pedagogik, kepribadian yang baik, profesional dan sosial. Sehingga dengan kemampuan tersebut, guru dapat memberikan dan menunjukkan HAM kepada peserta didik. Kemampuan tersebut diharapkan membantu peserta didik dalam memahami dirinya, lingkungan sekitarnya Bahkan dalam dunia luas atau global.
Pendidikan HAM penting diajarkan sejak dini, karena menanamkan HAM pada peserta didik tidaklah mudah, dan membutuhkan waktu yang lama. Dengan penanaman nilai-nilai pendidikan HAM ini diharapkan kelak peserta didik mendapatkan pembelajaran untuk menghadapi masa depan sebagai manusia yang bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Pelaksanaan pendidikan terjadi di lingkungan keluarga masyarakat dan sekolah.
Peserta didik yang mencerminkan HAM
1. Bebas berbicara dan berpendapat
Peserta didik diajak untuk menyelesaikan tugas secara kelompok kemudian guru mengajak peserta didik untuk menyampaikan pendapat dan tanggapan pendapat kelompok lain dengan baik tanpa ada perdebatan yang sengit yang mengakibatkan pertengkaran diantara kelompok titik di sinilah peran guru sebagai penengah tidak hanya diberikan cara-cara berbicara dan berpendapat, guru juga menunjukkan Bagaimana cara-cara mengambil keputusan dan menerima hasil keputusan.