Mohon tunggu...
Tini Kartika
Tini Kartika Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa aktif semester 6 di Universitas Pamulang

Saya Tini Kartika, mahasiswa aktif di Universitas Pamulang Program studi Pendidikan Ekonomi semester 6. Ketertatikan saya dalam bidang guru cukup besar karena ingin melatih kepercayaan diri agar dapat lebih berkembang lagi.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Penerapan Manajemen Pemasaran Internasional dalam Meningkatkan Penjualan Pada Produk Online

21 September 2024   09:41 Diperbarui: 21 September 2024   09:42 54
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Pemasaran internasional merupakan sebuah metode yang digunakan untuk memasarkan

produk dan layanan yang disediakan di berbagai negara yang menjadi tujuan dari target

pasarnya. Hal ini dilakukan karena untuk menciptakan suatu pertukaran yang memuaskan

untuk tujuan para individu dan organisasi yang terlibat. Berikut beberapa hal yang perlu diketahui dalam pemasaran internasional:

1. Perusahaan biasanya memulai bisnisnya di negara asalnya, lalu dikembangkan bisnisnya ke negara lain.

2. Pemasaran internasional dapat membantu meningkatkan dalam hubungan dan perekonomian antar negara.

3. Pemasaran internasional dapat meningkatkan kesadaran merek dan mengembangkan bisnis.

Dalam era globalisasi saat ini dan ditambah lagi dengan era digitalisasi yang cukup berkembang pada zaman sekarang, menimbulkan adanya E-commerce atau kegiatan jual beli (transaksi) yang dilakukan secara online melalui media elektronik digital. Dengan adanya ecommerce dapat mengubah cara penjualan, yang awalnya hanya dilakukan secara tatap muka langsung menjadi transaksi secara online atau melalui media digital yang terhubung ke internet. 

Marketplace adalah platform online yang menghubungkan antara penjual maupun pembeli untuk kegiatan transaksi jual beli barang dan jasa. Berikut beberapa fungsi marketplace antara lain:

1. Mempermudah kegiatan transaksi jual beli barang maupun jasa.

2. Meningkatkan persaingan antar penjual.

3. Mempertemukan penjual dan pembeli dari berbagai wilayah maupun negara.

4. Meningkatkan efisiensi dalam proses kegiatan jual beli.

5. Menawarkan berbagai macam pilihan produk barang dan jasa.

Manajemen pemasaran internasional melibatkan berbagai strategi untuk dapat mengoptimalkan keberhasilan dalam perusahaan di pasar global. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dilakukan dalam manajemen pemasaran internasional adalah:

1. Mengidentifikasi peluang pasar global.

2. Melakukan penelitian dan analisis pasar asing.

3. Memahami perilaku konsumen internasional.

4. Menetapkan harga.

5. Mempromosikan produk.

6. Mengarahkan aliran barang dan jasa perusahaan kepada konsumen atau pengguna di lebih dari satu negara.

Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, pemasaran internasional pada produk online diharapkan mampu meningkatkan produktifitasnya. Karena dapat dilihat pada perkembangan zaman saat ini, dimana e-commerce memiliki berbagai macam marketplace seperti, shopee, lazada, toko pedia dan lainnya yang sudah banyak dikenal masyarakat dalam negeri maupun luar negeri yang menjadi targetnya.

Tugas: Ekonomi Internasional, Dosen Pengampu (Raden Ai Luffi Hidayat, S.E., M.E)

Penulis: Tini Kartika (Mahasiswa Universitas Pamulang) 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun