Mohon tunggu...
Timotius Apriyanto
Timotius Apriyanto Mohon Tunggu... Konsultan - OPINI | ANALISA | Kebijakan Publik | Energi | Ekonomi | Politik | Hukum | Pendidikan

Penulis adalah pengamat ekonomi politik, reformasi birokrasi, dan pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Nasib, Pilihan, dan Takdir dalam Perspektif Teori Sosial

3 Desember 2024   06:06 Diperbarui: 3 Desember 2024   06:08 49
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
(Ilustrasi dari medium.com)

Hidup manusia adalah perjalanan panjang yang diwarnai oleh persimpangan antara nasib, pilihan, dan takdir. Konsep-konsep ini tidak hanya menjadi bahan renungan individu, tetapi juga telah menarik perhatian para filsuf, sosiolog, dan pemikir besar dunia.

Nasib, pilihan, dan takdir adalah tiga elemen yang membentuk kehidupan sosial manusia. Melalui perspektif tokoh-tokoh dunia seperti Karl Marx, Jean-Paul Sartre, Paulo Freire, Friedrich Nietzsche, dan Max Weber, kita dapat melihat bagaimana ketiganya saling berkaitan dalam konteks sosial, budaya, dan individual. 

Melalui karya-karya mereka, tokoh-tokoh ini memberikan pandangan yang mendalam tentang bagaimana ketiga elemen ini saling berkaitan dan memengaruhi kehidupan manusia.

Nasib Sebagai Takdir Awal yang Tak Terhindarkan

Nasib sering kali dipahami sebagai keadaan yang diwariskan atau diberikan sejak lahir. Bagi Karl Marx (1818--1883), nasib individu sangat dipengaruhi oleh struktur sosial dan ekonomi tempat mereka dilahirkan.  Marx (1848) menyatakan, "Manusia membuat sejarahnya sendiri, tetapi mereka tidak membuatnya secara bebas; mereka tidak membuatnya dalam keadaan yang dipilih sendiri, melainkan dalam keadaan yang langsung dihadapi, diberikan, dan diturunkan dari masa lalu."

Pernyataan ini menunjukkan bahwa nasib seseorang sangat dipengaruhi oleh konteks sosial dan ekonomi yang ada. Seseorang yang lahir di kelas pekerja memiliki nasib yang berbeda dengan mereka yang lahir di kelas borjuis. Namun, Marx juga percaya bahwa manusia memiliki kemampuan untuk melawan nasib ini melalui perjuangan kolektif. Revolusi sosial, menurut Marx, adalah cara bagi manusia untuk mengubah struktur yang membelenggu mereka.

Berbeda dengan Marx, filsuf eksistensialis seperti Sren Kierkegaard (1813--1855) melihat nasib dari sudut pandang individu. 

Dalam bukunya, The Concept of Anxiety (1844), Kierkegaard berpendapat bahwa manusia "dilemparkan" ke dalam dunia tanpa pilihan awal, tetapi pengalaman hidup mereka memberikan makna pada keadaan itu. Nasib, bagi Kierkegaard, bukanlah sesuatu yang harus dilawan, melainkan diterima dan dimaknai melalui tindakan individu.

Paulo Freire (1921--1997), seorang filsuf dan pendidik asal Brasil, terkenal karena gagasannya tentang kesadaran kritis (critical consciousness) dalam pendidikan dan pembebasan manusia. Konsep ini menjadi inti dari bukunya, Pedagogy of the Oppressed (1968), di mana ia membahas pentingnya kesadaran manusia terhadap realitas sosial, politik, dan ekonomi yang menindas mereka.

Freire mendefinisikan kesadaran sebagai kemampuan individu untuk memahami dunia di sekitar mereka, bukan hanya sebagai sesuatu yang statis, tetapi sebagai sesuatu yang dapat diubah melalui tindakan. Ia membagi kesadaran manusia ke dalam tiga tingkat yaitu kesadaran mistis, kesadaran naif, dan kesadaran kritis. Tingkat kesadaran manusia akan memengaruhi pilihan dan nasib mereka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun