Proposal Kewirausahaan "ES TEH
TIKA HUTABARAT
PENDIDIKAN MATEMATIKA
                    BAB I
                PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Beberapa cara yang dilakukan oleh pengusaha dalam menjaga konsumen agartidak beralih ke produk lain adalah melakukan promosi, menambahkan produkbaru, menambahkan kualitas pada produk, melakukan strategi baru yaitu denganmenggunakanBrandbasadodan juga melakan strategi Co-Branding.Belakangan ini banyak sekali merek-merek yang melakukan kolaborasi baik itudengan sesama produk atau merek dan juga dengan public figure, kolaborasiproduk atau biasa yang disebut dengan Co-Branding adalah penggabungan antaradua merek yang menghasilkan produk baru. Beberapa produk dari Co-Brandingbiasanya berbcda dengan produk lainnya, produk Co-Branding lebih menarik danunik diantara produk lain. Tujuannya adalah menciptakan daya tarik konsumenuntuk membeli, Co-Branding bisa diterapkan oleh bisnis produk ataupun jasa.Dengan bergabungnya dua merek atau lebihkan co-branding, maka terdapatbenyak manfaat yang dialami oleh perusahaan,Â
Produk- produk Es Teh Indoensia sangat mearik pelanggan, selain menjual es teh manis, Es The Indonesia juga menjual minuman Thai tea, Thai Greentea,Fresh Milk Brown Sugar, Cookies and Cream, Es Coklat dan Series Chizu. Salahsatu produk Es Teh Indonesia yang berkolaborasi dengan artis Indonesia yaitu
1.2PERENCANAAN PROPOSAL
1.1 Aspek Produksi
*Alat-alat yang dibutuhkan:
Tempat es batu
Gelas plastik
Mesin press tutup gelas
Termos
*Bahan-bahan yang dibutuhkan:
Gula pasir
Es batu
Teh
*Cara pembuatan:
Masukkan setengah sendok bubuk teh
Masukkan es batu dan tiga sendok gula pasir
Lalu aduk semua bahan hingga merata
2.2 Aspek Pemasaran
Dijual di depan rumah di pinggir jalan
                      BAB 2
*PERENCANAAN KEUANGAN
Biaya Produksi (Alat)
-Termos Tempat es batuÂ
Rp.   300.000
-Mesin press tutup gelas
Rp.   300.000
-Meja lipat dan kursi
(sudah disediakan)
Total=Rp. Â Â Â 600.000
Biaya Produksi (Bahan)
-Gula Pasir (2 bungkus)=Rp. Â 26.000
-Gelas Plastik (100 cup)=Rp. 200.000
-Sedotan (120 buah)=Rp. Â 54.000
'The serbuk (50 cup)
Total=Rp.480.000
Total modal= Rp.1.080.000
*3.2 Pengelolaan Keuangan
Pendapatan bulan pertama = Jumlah x harga
= 100 x Rp. 5000
= Rp. 500.000
Keuntungan bulan pertama = Jumlah harga -- modal awal
= Rp. 500.000-1.080.000
= Rp.-580.000
                  BAB III
PENUTUP
KESIMPULAN
Pada dasarnya minuman Es Te ini adalah minuman enak dengan harga yang merakyat dan dapat dikonsumsi oleh siapa saja, dari anak-anak sampai orang tua. Apalagi pembuatannya dibuat secara higienis dan menggunakan bahan-bahan yang berkualitas.
SARAN
Dapat memberikan gambaran tentang bidang usaha yang nanti nya akan memberi jaminan sukses dalam penjualannya atau peluang usaha yang dapat ditekuni sebagai usaha sampingan selain itu juga memberi kita pelajaran untuk berwirausaha.
PENUTUP
Demikian proposal ini saya buat untuk memenuhi tugas kuliah. Semoga langkah ini dapat memberikan pengalaman baru dan bermanfaat untuk semua orang. Semoga Tuhan Yang Maha Esa memberikan berkat dan rahmat-Nya. Terima kasih.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H