Mohon tunggu...
Tika Kartika Rahman
Tika Kartika Rahman Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Usia 22 tahun , Universitas Teknologi Digital Bandung

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Analisis Strategi Marketing untuk Meningkatkan Penjualan pada UMKM Sugar Souvenir

23 Juni 2024   23:54 Diperbarui: 24 Juni 2024   00:18 124
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

1. Pemasaran

Periklanan merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempromosikan produk dan jasanya. Ini mungkin termasuk memasarkan, menjual dan mendistribusikan produk dan layanan kepada pelanggan atau organisasi lain. 

Saat melakukan promosi, perusahaan menargetkan orang-orang yang tepat untuk produk yang mereka jual. Seringkali para selebritis, selebriti atau orang terkenal lainnya ikut terlibat dalam mempromosikan suatu produk. 

Selain itu, bagian pemasaran akan menyiapkan brosur atau desain promosi yang menarik untuk agar dapat menarik perhatian lebih banyak orang. Pemasaran juga sangat bermanfaat karena memudahkan konsumen dalam mencari produk yang sesuai dengan kebutuhannya. Ketika berhasil mencapai tujuan pemasarannya, perusahaan mendapatkan lebih banyak pelanggan dan keuntungan. 

Selain pemasaran, perusahaan juga harus mengoordinasikan berbagai fungsi, seperti mengembangkan keterampilan, agar perusahaan dapat sukses. Secara umum, pemasaran adalah suatu proses manajemen dimana individu dan kelompok memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka dengan menciptakan dan mempertukarkan barang dan jasa yang bernilai satu sama lain. 

Saat ini, peran marketing tidak hanya menyediakan produk atau layanan yang baik kepada konsumen, tetapi juga memastikan bahwa produk dan layanan tersebut membawa kebahagiaan bagi pelanggan. 

Bagi seorang pebisnis, pemasaran adalah kunci untuk mencapai keberhasilan yang konsisten.  Seorang pebisnis perlu memahami secara mendalam berbagai aspek yang berkaitan dengan pemasaran, karena kesuksesan bisnis sangat dipengaruhi oleh strategi pemasaran yang digunakan. Strategi pemasaran yang tepat akan menentukan keberhasilan produk dan layanan yang ditawarkan.

Manajemen pemasaran juga bertanggung jawab memasarkan produk perusahaan untuk mencapai profitabilitas jangka panjang dan menjamin kelangsungan hidup dan pertumbuhan perusahaan. Secara umum, pemasaran adalah proses mengarahkan individu dan kelompok untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka melalui penciptaan dan pertukaran barang, jasa, dan nilai bersama. 

Pemasaran modern tidak hanya sekedar menyampaikan produk atau layanan kepada pelanggan. mereka juga harus memastikan bahwa pelanggan tetap puas dengan barang atau jasa tersebut. Pebisnis perlu memahami pemasaran secara mendalam, karena kesuksesan bisnis sangat dipengaruhi oleh strategi pemasaran yang digunakan.

2. Jenis-Jenis Pemasaran 

1. Word of Mouth Marketing (WoMM)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun