Mohon tunggu...
tihajar
tihajar Mohon Tunggu... Guru - Guru

Membaca

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Artikel Best Praktice Biologi PPG dalam Jabatan

4 Februari 2024   21:09 Diperbarui: 5 Februari 2024   18:17 101
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS VIII MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI SMP NEGERI 2 NIBONG SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Tihajar

Program Studi Pendidikan Biologi

PPG Dalam Jabatan Universitas PGRI Madiun

Pendahuluan

 

Dalam proses pembelajaran banyak sekali permasalahan yang kita temui pada peserta didik kita di sekolah, salah satunya hasil belajar yang rendah. Hasil belajar yang rendah peserta didik dalam pembelajaran salah satu penyebabnya utamanya adalah peserta didik kurang memahami materi yang disampaikan karena memiliki kemampuan yang kurang dan metode pengajaran yang kurang tepat dan menarik mengakibatkan motivasi belajar peserta didik sekaligus prestasi rendah. Kondisi ini disebabkan oleh rendahnya kemampuan guru dalam padagogik, inovasi, literasi dan penguasaan teknologi dalam pembelajaran.

Adapun latar belakang  permasalahan dalam pembelajaran diantaranya : rendahnya minat dan motivasi belajar peserta didik, pembelajaran masih monoton, guru belum maksimal dalam penggunaan model- model pembelajaran inovatif dan guru kurang memotivasi peserta didik pada saat proses  kegiatan belajar mengajar.

Penulis sebagai guru berperan aktif dan mempunyai tangungg jawab untuk melaksanakan praktik pembelajaran ini secara efektif dengan menggunakan model pembelajaran PBL dan media yang tepat dan inovatif sehingga tujuan pembelajaran dan hasil belajar peserta didik bisa tercapai sesuai dengan apa yang diharapkan.

Berdasarkan hasil analisis kajian literatur dan wawancara, penyebab dari tujuan yang ingin dicapai dari meningkatkan hasil belajar. uraian di atas penulis sebagai pendidik melakukan suatu inovasi pembelajaran yang dapat menjawab permasalahan yang terjadi.

Dari beberapa penyebab diatas tantangan yang dihadapi guru agar pembelajaran yang dilakukan dapat meningkatkan hasil belajar adalah peserta didik kurang bersemangat dalam belajar, motivasi belajar peserta didik masih rendah, kesiapan peserta didik dalam proses pembelajaran, guru harus mampu mengefisiensikan waktu dan kurangnya sarana dan prasarana.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun