Mohon tunggu...
Tigaris Alifandi
Tigaris Alifandi Mohon Tunggu... Teknisi - Karyawan BUMN

Kuli penikmat ketenangan. Membaca dan menulis ditengah padatnya pekerjaan | Blog : https://tigarisme.com/ | Surel : tigarboker@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan

Menggugat dan Meninjau Sentralisasi Pelayanan Adminduk Kabupaten Jember

26 Oktober 2018   17:51 Diperbarui: 26 Oktober 2018   19:07 854
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Birokrasi. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

Oleh Tigaris Alifandi

Senin lalu, 22 Oktober 2018, sejumlah aktivis GMNI (Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia) Jember mendatangi kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Jember. Mereka berencana melancarkan aksi tuntutan hearing kepada kepala Dispendukcapil terkait sentralisasi pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) yang menimbulkan banyak keluhan di masyarakat.

Namun, karena situasi kantor Dispendukcapil yang sangat ramai, tidak memungkinkan bagi para aktivis untuk bertemu dengan kepala ataupun staf terkait, sehingga surat tuntutan mereka "hanya" dititipkan lewat petugas magang. Mengecewakan memang.

Akhirnya Dispendukcapil menerima tuntutan audiensi aktivis GMNI keesokan harinya dengan baik.

Sentralisasi pelayanan adminduk merupakan kebijakan dari Bupati Jember dr. Hj. Faida, MMR. Dimana pelayanan adminduk dipusatkan di dua tempat, yaitu Kantor dispendukcapil di Jalan Jawa, Jember serta outlet pelayanan Dispenduk di Roxy Mall, Jalan Hayam Wuruk Jember. Alasan utama sentralisasi tersebut adalah untuk memberantas praktik pungli dalam pelayanan adminduk yang sebelumnya dilakukan di setiap kantor kecamatan. Bupati Jember Faida dari awal memang berkomitmen untuk memberantas praktik pungli, korupsi dan gratifikasi dalam birokrasi pemerintahannya.

Sekilas, langkah tersebut memang benar. Tujuannya mulia, membentuk pemerintahan yang bersih dari tindak pidana korupsi (tipikor). Namun, yang benar belum tentu baik. Ternyata, masyarakat yang sangat dirugikan sebagai konsekuensi kebijakan sentralisasi tersebut.

Keluhan selalu datang, terutama lewat media sosial. Umumnya disalurkan lewat grup facebook Info Warga Jember (IWJ) yang merupakan wadah komunikasi warga Jember asli, pendatang dan perantau. Keluhan tentang Dispenduk dan rumitnya pelayanan adminduk selalu muncul. Umumnya tentang pembuatan dokumen administrasi penting macam KTP elektronik,Kartu Keluarga (KK), ataupun akta kelahiran.

Paling banyak keluhan tentang pembuatan e-KTP. Mengingat pentingnya e-KTP dalam proses administrasi di berbagai bidang, seperti melamar pekerjaan, membuat SIM dan lainnya. Beberapa problem muncul. Seperti e-KTP yang tak kunjung jadi. Padahal, semua persyaratan sudah diproses dan diberikan surat keterangan (suket) yang berlaku kalau tidak salah selama 6 bulan. 

Hingga masa berlaku suket berakhir beberapa warga masih belum menerima KTP, dan ketika datang ke Dispenduk kembali, mendapat pernyataan menjengkelkan bahwa berkas hilang sehingga harus melampirkan berkas baru lagi. Itu hanya satu contoh masalah yang kerap terjadi. Kebetulan, info ini saya dapat dari teman saya yang waktu itu berada di Dispendukcapil menyaksikan seorang warga dari pelosok desa yang hilang berkasnya.

Setiap hari, antrean selalu ramai di Dispenduk. Sampai-sampai pihak Dispenduk mendirikan tenda untuk menampung antrean yang begitu panjang. Di outlet Roxy pun begitu. Antrean terkadang mencapai parkir mobil Roxy Mall.

Padahal, sekitar tahun 2016, sebelum pergantian bupati, Dispendukcapil tidak terlalu ramai. Ketika itu saya mengurus berkas untuk melamar pekerjaan. Hanya dua jam saya sudah mendapat berkas yang saya inginkan. Tak sampai antre berdesakan, bahkan berebut nomor antrean dari Subuh seperti yang terjadi sekarang.

Bupati Jember merespon keluhan masyarakat dengan membuka nomor telepon contact center dan WA sebagai jalur aduan langsung kepada bupati. Tak lama berselang, diumumkan mekanisme pelayanan adminduk secara online yang dinilai lebih praktis, tanpa harus antre panjang.

Sekarang warga Jember bisa mengajukan permintaan dokumen administrasi secara online. Lewat website Dispendukcapil Jember. Tinggal unggah syarat dan berkas yang dibutuhkan. Lalu tunggu dokumen yang dikehendaki jadi. Biasanya dihubungi via nomor telepon. Ataupun pemberitahuan oleh pihak desa lewat Ketua RT setempat.

Namun, masih banyak yang tidak tahu atau bahkan tidak paham tentang pelayanan adminduk online tersebut. Pihak Dispenduk masih aktif menyebarluaskan informasi tersebut. Untuk mencegah antre panjang, calo antrean hingga problem yang timbul karena proses konvensional.

Saya tidak malu mengatakan bahwa kita harus belajar kepada tetangga kita. Kabupaten Banyuwangi. Yang tersohor dengan program inovasi smart kampungnya. Di beberapa kecamatan yang terpilih. Dimana pelayanan adminduk dilakukan secara online, terpadu, dan terorganisir dengan baik lewat sistem yang dibentuk. 

Semua permintaan dokumen bisa dilakukan lewat desa yang terintegrasi dalam sistem smart kampung. Lewat jaringan yang terhubung langsung dengan Dispenduk di kota, berkas di unggah dan menunggu persetujuan dari Dispenduk. Jikalau persyaratan memenuhi, maka dokumen yang dibutuhkan akan dikirim ke desa via online, dan pihak desa yang akan mencetak dokumen tersebut. Inovasi smart kampung Banyuwangi menuai pujian dan penghargaan dari pemerintah pusat. Menjadikan mereka sebagai percontohan penerapan smart kampung yang memangkas birokrasi yang berbelit belit ini.

Tampaknya Jember juga menuju kepada hal serupa. Pelayanan adminduk dilakukan setiap kecamatan atau desa, dengan sistem yang terintegrasi dan terpusat kepada Dispendukcapil. Seperti dikatakan pihak Dispendukcapil Jember seusai audiensi dengan aktivis GMNI. Bahwa jika sistem sudah siap, maka desentralisasi pelayanan adminduk akan kembali dilakukan. Tampaknya sistem itu masih dipersiapkan.

Sekarang kita menunggu saja. Kebijakan lanjutan dari Bupati Faida. Saya yakin beliau akan bekerja keras. Memberikan kebijakan yang benar sekaligus baik. Bagi masyarakat tentunya, serta bagi visi good governance yang diimpikan.

Jaya terus Jemberku tercinta.

Sumber gambar dari website Dispendukcapil Jember

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun