Mohon tunggu...
Tifany Yesika
Tifany Yesika Mohon Tunggu... Mahasiswa - Undergraduate Student of Economic Management

hello!

Selanjutnya

Tutup

Beauty

Inovasi dan Pengembangan Produk Perhiasan Perusahaan Tiffany&Co!

6 Juli 2022   11:18 Diperbarui: 6 Juli 2022   12:39 1101
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Tiffany & Co. (selanjutnya disebut sebagai "Tiffany") adalah pemasok perhiasan dan arloji terkemuka di Amerika, serta meja mewah, aksesori pribadi, dan rumah tangga.  

Didirikan pada tahun 1837 oleh Charles Lewis Tiffany, filosofi desain Tiffany telah didasarkan terutama pada prinsip utama bahwa "desain yang baik adalah bisnis yang baik".  

Semua desain Tiffany disajikan di Tiffany Blue Box, yang diakui di seluruh dunia sebagai ikon perbedaan dan simbol hadiah utama untuk merayakan saat-saat paling menggembirakan dalam hidup. Saat ini, 100 lebih butik perusahaan di 17 negara melanjutkan tradisi keunggulan perusahaan.

Artikel ini setidaknya akan membahas bagaimana inovasi dan pengembangan produk khususnya perhiasan dari Tiffany & Co. Sehingga bisa menjadi perusahaan raksasa pemasok perhiasan yang paling terkemuka di seluruh belahan dunia. 

Namun sebelum memasuki pembahasan mengenai inovasi dan pengembangan produk dari perusahaan Tiffany & Co. Sebaiknya kita mengenal terlebih dahulu sejarah singkat terbentuknya perusahaan ini. 

Sejarah Singkat Tiffany & Co. : 

Tiffany & Co. adalah perusahaan perhiasan dan perak AS yang didirikan oleh Charles Lewis Tiffany dan Teddy Young di New York City pada tahun 1837 sebagai "pusat alat tulis dan barang mewah."  Toko ini awalnya menjual berbagai macam barang alat tulis, dan beroperasi sebagai Tiffany, Young dan Ellis di Manhattan.  

Nama itu disingkat menjadi Tiffany & Co pada tahun 1853 ketika Charles Tiffany mengambil alih, dan penekanan perusahaan pada perhiasan didirikan.  

Tiffany & Co. telah membuka toko di kota-kota besar di seluruh dunia. Sebagai bagian dari brandingnya, perusahaan ini sangat terkait dengan warna Tiffany Blue, yang merupakan merek dagang terdaftar.  

Sejak itu, desain Tiffany dipakai oleh banyak keluarga terkenal AS seperti Astors, Vanderbilts, Posts, Huttons, dan Morgans.  Atlet, bintang Hollywood, dan bahkan bangsawan Eropa menyukai berlian produk dari perusahaan ini. 

Penekanan kuat Tiffany pada desain perhiasan yang bagus bukanlah hal yang mengejutkan, mengingat reputasi Louis Comfort Tiffany sebagai salah satu pelukis dan perancang seni dekoratif Amerika terbesar.  Ia lahir di New York pada tahun 1848, putra dari Charles Lewis Tiffany.  

Sangat berbakat dan kreatif, Louis Comfort Tiffany menikmati karir yang luar biasa.  L.C.  Tiffany membuat tanda yang paling mengesankan di dunia seni dengan merancang jendela kaca patri, lampu, mosaik dan perhiasan dekoratif lainnya, yang dipamerkan di seluruh dunia. 

Pada pergantian abad ke-20 Tiffany mendapatkan beberapa hadiah, kehormatan, dan status internasional di Pameran Universal di Paris.  Sebelum dinobatkan sebagai Direktur Desain pertama dari Tiffany & Co. ayahnya pada tahun 1902, ia juga mengelola sejumlah perusahaan desain interior dan perusahaan seni dekoratif.

Louis Comfort Tiffany juga sangat inovatif dan dengan mudah mengatur olahan kaca patri menjadi sebuah produk baru.  Tiffany datang dengan ide untuk menggabungkan potongan-potongan pecahan kaca yang dibuang dari produksi jendela kaca patrinya hingga membentuk lampu hias yang indah.  Koleksi beragam warna dan teknik eklektik Tiffany, yang sekarang dikenal sebagai kaca Tiffany, terus berada di kelasnya sendiri.  

Louis Comfort Tiffany sangat mempengaruhi gaya desain perhiasan yang diminati secara Up to date karena kepekaan dan kemahirannya dalam hal mendesain. Berikut contoh gambar produk perhiasan yang di desain oleh Louis Comfort Tiffany. 

img-20220706-wa0007-62c520220d823045897de8b5.jpg
img-20220706-wa0007-62c520220d823045897de8b5.jpg
Inovasi dan pengembangan produk perhiasan dari perusahaan Tiffany & Co. Dipengaruhi oleh 3 filosofi kuat yang secara turun temurun hingga kini tetap dipertahankan sebagai acuan keberlangsungan kerja-kerja inovasi dan pengembangan produk perusahaan, yaitu Desain sebagai Diferensiator (pembeda), Transformator dan Koordinator. 

Desain sebagai pembeda (diferensiator) 

Dari penjelasan di atas, terlihat bahwa Tiffany telah mencoba untuk mensegmentasi dan menargetkan konsumen yang berbeda dan pada saat yang sama, mereka juga mencoba untuk membedakan nama mereknya dari perhiasan lain seperti Cartier dan Bvlgari, dua perusahaan perhiasan, yang dianggap segera.  pesaing merek Tiffany. 

Sebagai pembeda, Tiffany telah mempertahankan desain yang bagus, kualitas pengaturan perhiasan yang kuat, dan keahlian untuk semua variasi koleksi perhiasannya. 

Dengan menggunakan bahan yang premium yang selalu diasosiasikan dengan kualitas khas Tiffany, merek ini telah dipercaya oleh semua konsumen, membantu Tiffany lebih jauh untuk membangun loyalitas konsumen yang kuat, sementara pada saat yang sama, meningkatkan nilai yang dirasakan Tiffany di antara para kliennya. 

Selain mengutamakan kualitas yang baik, pengerjaan dan kepercayaan pada produknya, Tiffany juga menyediakan line up baru dengan desainer kontemporer, seperti yang telah dibahas sebelumnya, seperti Picasso, Gehry dan Peretti, untuk menarik generasi muda yang akan menghargai sentuhan kontemporer pada persembahan Tiffany.  

Dengan menciptakan desain produk baru dan menampilkan artis terkemuka sebagai kolaborator utama, permintaan baru tercipta.  Hasilnya, Tiffany dapat berupaya menarik lebih banyak konsumen dan memperluas basis pelanggannya bahkan ke seluruh penjuru dunia.

Desain sebagai Transformator

Tiffany juga berinovasi dan hadir dengan lini produk dan penawaran baru.  Pemeriksaan baru-baru ini di situs web Tiffany mengungkapkan rangkaian produk yang lebih banyak, termasuk perak yo-yo Tiffany & Co., pemberat kertas, tempat pena dan lain-lain, bukti yang jelas tentang bagaimana Tiffany mencoba menangkap sebagian besar konsumen  pasar dan tidak kalah dengan pesaingnya melalui inovasi desain dan menghadirkan fitur-fitur baru. 

Contohnya termasuk cincin Starburst baru dan liontin Tiffany Stars penawaran desain cantik yang dapat membantu memengaruhi dan membujuk pelanggan untuk menyerahkan uang mereka.

Desain sebagai Koordinator

Desain tidak hanya membedakan dan mengubah tetapi juga mengkoordinasikan dan mengkomunikasikan pesan melalui tanda dan simbol. Meskipun tidak sepenuhnya terkait, dapat dikatakan bahwa Tiffany sebagai koordinator desain dan merek mengaitkan makna tertentu pada perhiasannya, dan karenanya secara tidak langsung memberikan simbol status kepada konsumen. 

Contoh prestise, classiness, canggih mudah dikaitkan dengan klien yang telah memilih untuk membeli perhiasan Tiffany. Tidak hanya mengkomunikasikan pesan-pesan tertentu, tetapi juga meningkatkan status sosialnya dalam struktur kelas.

Referensi :

Bertsch, T., & Wiseman, D. (2004). GROWTH FOR TIFFANY & CO. Journal of the International Academy for Case Studies, 10(1), 83.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Beauty Selengkapnya
Lihat Beauty Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun