Mohon tunggu...
Tiar Tiarawaty
Tiar Tiarawaty Mohon Tunggu... Mahasiswa - Author

a student majoring in fisheries at the faculty of fisheries and marine sciences Universitas Padjadjaran

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Analisis Pemasaran Cumi Egg Roll

8 November 2021   12:36 Diperbarui: 8 November 2021   16:12 361
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Oleh : JUNIANTO1 DAN TIAR TIARAWATY2

             1. Dosen Departemen Perikanan_UNPAD

             2. Mahasiswa Program Studi Perikanan _ UNPAD

Cumi egg roll adalah suatu inovasi produk yang dibuat agar para konsumen dapat menikmati hasil perikanan yakni cumi-cumi, dengan cara pengolahan yang berbeda. 

Pada umumnya, cumi-cumi diolah dengan berbagai bumbu seperti cumi asam manis, cumi saus padang, cumi balado, cumi hitam, cumi sambal dabu-dabu, cumi sambal ijo, dan bumbu lainnya. Cumi egg roll merupakan makanan praktis dan bergizi sehingga dapat menjadi produk yang digemari konsumen.

Cumi-cumi merupakan kelompok hewan cephalopoda yang banyak tersebar di perairan Indonesia. Cumi-cumi memiliki daging putih yang menjadi keunggulan tersendiri serta menjadi produk hasil perikanan yang banyak disukai oleh masyarakat. 

Dalam bidang perikanan komersial, cumi-cumi menduduki urutan ketiga sebagai komoditas perikanan yang cukup penting (Okozumi dan Fuji, 2000 dalam Pricilia,2011). 

Selain kandungan protein dan lemak yang dimiliki oleh makanan laut, cumi-cumi mengandung asam amino esensial serta kaya akan kandungan kalsium dan fosfor yang berguna untuk tubuh (Meirina, 2008).

Konsumsi masyarakat terhadap produk perikanan tidak hanya terbatas pada produk perikanan segar, namun terdapat juga dalam bentuk hasil olahan. Semakin modern, olahan hasil perikanan terdapat berbagai macam jenisnya. Cumi egg roll merupakan suatu makanan praktis untuk menikmati cumi-cumi. 

Produk ini dibuat dengan berbahan utama cumi-cumi. Cumi egg roll dapat disajikan sebagai snack atau menjadi pelengkap nasi yang praktis dan bergizi. Produk ini dapat memenuhi kebutuhan konsumen seperti cara praktis mengkonsumsi cumi-cumi tanpa harus mengolahnya. Produk ini juga dapat memenuhi kebutuhan nutrisi konsumen karena kandungan gizi yang terkandung dalam cumi-cumi.

Memahami kebutuhan konsumen merupakan awal kesuksesan dari suatu bisnis, baik dengan penjualan langsung atau penjualan ke bisnis lain. Hal ini selaras dengan pernyataan Crisp dalam Simamora (1991) bahwa perusahaan tidak akan dapat mengelola sebuah organisasi pelayanan yang berkualitas, tanpa memahami sifat dan kebutuhan pelanggan serta apa yang diinginkan pelanggan. Produk Cumi egg roll dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dalam berbagai aspek, sebagai berikut :  

Dalam 100 gram cumi-cumi mengandung energi sebesar 75 kilokalori, protein 16,1 gram, karbohidrat 0,1 gram, lemak 0,7 gram, kalsium 32 miligram, fosfor 200 miligram, dan zat besi 1,8 miligram. Selain itu, cumi-cumi juga mengandung vitamin A sebanyak 0 IU dan vitamin B1 0,08 miligram.

Cumi egg roll dapat dinikmati oleh usia dewasa, rewaja, hingga anak-anak karena Cumi egg roll ini selain rasanya yang enak, juga memiliki kandungan nutrisi yang baik. Termasuk juga dalam kategori jenis kelamin, baik perempuan ataupun laki-laki dapat menyantap produk ini. Kira-kira itulah yang disasar dalam pemasaran cumi egg roll. 

Terdapat banyak pesaing yang menjual Cumi egg roll di beberapa e-commerse, maka dari itu produk ini membuat ciri khas tersendiri. Bahan yang digunakan merupakan cumi-cumi segar dengan kualitas premium, tidak berbau amis, tanpa campuran daging lain.

Dari data yang didapatkan di media online, didapatkan 5 jumlah pesaing dengan merk berbeda dan memiliki keunggulan dari masing-masing produk sebagai berikut.

Produk 1

Keunggulan   : Berlebel halal, harga terjangkau.

Harga             : 10.000 -- 55.000

Variasi           : egg roll dengan dua variasi yaitu cumi dan udang 

Asal kota       : Jakarta

Produk 2

Keunggulan   : Packaging unik, home made dan fresh.

Harga             : 25.000

Variasi           : cumi original

Asal kota       : Tanggerang Selatan

Produk 3

Keunggulan   : Home made, bebas MSG,  bebas pengawet.

Harga             : 40.000

Variasi           : pedas, mayo.

Asal kota       : Jakarta Barat

Produk 4

Keunggulan   : Halal, menu sehat, tanpa pengawet, packaging sangat menarik.

Harga             : 48.000

Variasi           : original

Asal kota       : Jakarta Timur

Produk 5

Keunggulan   : Desain kemasan unik dan menarik, fresh dan tanpa pengawet.

Harga             : 58.000

Variasi           : original

Asal kota       : Jakarta

Berdasarkan tabel diatas, didapatkan data lokasi penjual Cumi egg roll yang serupa, bahwa pesaing produk Cumi egg roll rata-rata berada di kota Jakarta dan Tanggerang.

Produk Cumi egg roll dipasarkan pada bentuk pasar persaingan sempurna. Pasar persaingan sempurna di dalam teori ekonomi mikro pada umumnya adalah suatu pasar yang ditandai oleh tidak adanya sama sekali persaingan yang bersifat pribadi diantara perusahaan-perusahaan individu yang ada didalamnya. 

Dikatakan pasar persaingan sempurna karena memiliki ciri-ciri diantaranya, jumlah penjual dan pembeli masing-masing banyak dan mereka masing-masing bertindak sebagai penerima harga. 

Kemudian jenis barang yang diperjualbelikan bersifat homogen atau sama. Adanya kebebasan bagi penjual dan pembeli untuk keluar masuk pada bidang usaha atau pasar barang yang bersangkutan. Lalu, adanya mobilitas sumber daya yang ada secara sempurna, artinya pembeli mudah untuk mendapatkan sumber daya produksi.

DAFTAR PUSTAKA

 Candrawati, K. (2017). Pengaruh Demografi, Psikografi Dan Literasi Keuangan Terhadap Minat Produk Investasi Pada Masyarakat Condong Catur Yogyakarta (Doctoral dissertation, Universitas Mercu Buana Yogyakarta).

Eddy Purnomo. 2007. Gerak Dasar Atletik. Universitas Negeri Yogyakarta

Kotler, P. dan Amstrong, G., 2012, Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1, Erlangga, Jakarta.

Kotler, Philip and Gary Amstrong. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Meirina Kurnia., 2008. Kajian Pengolahan Cumi-Cumi (Loligo sp.) Siap Saji. Skripsi. Fakultas Teknologi Pertanian, Institut Pertanian Bogor.

Minderop, Albertine. 2010. Psikologi Sastra. Karya sastra, Metode, Teori, dan Contoh Kasus. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Oentoro 2012, Dikutip Dari Buku Manajemen Pemasarann Teori & Implementasi Dr. Sudaryono 2016.

Pricilia V. 2011. Karakterisasi Cumi-Cumi (Loligo sp) Departemen Teknologi Hasil Perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor.

Simmamora, Bilson. 2014. Riset Pemasaran. PT Gramedia Pustaka Utama : Jakarta.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun