Mohon tunggu...
Tiara Mirzetta
Tiara Mirzetta Mohon Tunggu... Guru - Guru

menulis, membaca, nonton film

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

SKIMFA MONJALI (SMK 1 Panjatan Majalah Online Basa Jawa Literasi)

1 April 2024   13:32 Diperbarui: 4 Mei 2024   20:59 463
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

SALAM DAN BAHAGIA

TERGERAK, BERGERAK, DAN MENGGERAKKAN

PERTANYAAN PEMANTIK

  • Bagaimana kerangka BAGJA mendukung perencanaan program/kegiatan di berbagai aspek kurikulerdan ekstrakurikuler?
  • Apa pertimbangan kunci dalam menyusun perencanaan program/kegiatan intrakurikuler, ko- kurikuler, atau ekstrakurikuler?
  • Siapa yang perlu terlibat dalam menyusun perencanaan program/kegiatan, termasuk pemangku kepentingan di dalam dan di luar sekolah?
  • Bagaimana strategi efektif untuk memobilisasi dukungan, memandu dialog, dan mendorong kolaborasi di antara murid, guru, kepala sekolah, dan anggota komunitas?

JAWABAN

  • Kerangka BAGJA memberikan panduan komprehensif untuk perencanaan program/kegiatan di lingkungan sekolah, termasuk intrakurikuler, ko-kurikuler, atau ekstrakurikuler
  • Langkah-langkah dan pertanyaan dalam manajemen perubahan BAGJA memastikan pertimbangan menyeluruh, mulai dari definisi ekstrakurikuler yang sesuai, pengembangan kompetensi, hingga pemanfaatan aset dan kekuatan,serta karakteristik lingkungan yang mendukung kepemimpinan murid.
  • Keterlibatan murid, guru, kepala sekolah, dan anggota komunitas sekolah adalah kunci dalam menyusunperencanaan. Dukungan, dialog,dan kolaborasi mendorongkeberhasilan implementasi program/kegiatan.
  • Kerangka BAGJA juga memandu dalam menentukan suara, pilihan, dan kepemilikan murid untuk mewujudkan program/kegiatan yang relevan dan efektif. Pemikiranini membantu menciptakan lingkungan belajar yang memadukan keberagaman. Saat menggunakan kerangka BAGJA, perhatian harus diberikan pada komponen Profil Pelajar Pancasila, aset sekolah, dan karakteristik lingkungan.

-VISI-

Terbentuknya peserta didik yang berakhlak mulia, Berprestasi, religius, nasionalis,mandiri dan berbudaya.

-PRAKARSA PERUBAHAN-

Program Skimfa Monjali (SMK 1  PANJATAN (SMK Kimia Farmasi) Majalah Online Basa Jawa Literasi) adalah upaya inovatif dan kreatif untuk melestarikan basa Jawa dan Budaya Khas Ngayogyakarta melalui pendekatan digital.

-KARAKTERISTIK LINGKUNGAN-

  • Lingkungan yang mengembangkan keterampilan berinteraksi sosial secara positif, arif dan bijaksana, dimana murid akan menjunjung tinggi nilai-nilai sosial positif yang berbasis pada nilai-nilai kebajikan yang dibangun oleh sekolah.
  • Lingkungan yang menempatkan murid sedemikian rupa sehingga terlibat aktif dalam proses belajarnya sendiri
  • Lingkungan yang menyediakan kesempatan untuk murid menggunakan pola pikir positif dan merasakan emosi yang positif.
  • Lingkungan yang melatih murid untuk menerima dan memahami kekuatan diri, sesama, serta masyarakat dan lingkungan di sekitarnya. 
  • Lingkungan yang membuka wawasan murid agar dapat menentukan dan menindaklanjuti tujuan, harapan atau mimpi yang manfaat dan kebaikannya melampaui pemenuhan kepentingan individu, kelompok, maupun golongan.
  • Lingkungan tersebut menumbuhkan daya lenting dan sikap tangguh murid untuk terus bangkit di tengah kesempitan dan kesulitan

 -AKSI NYATA-

4P

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun