Mohon tunggu...
Tiara Merdika
Tiara Merdika Mohon Tunggu... Freelancer - a stoic

Because words are energy

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

5 Tips Mengatasi Kewalahan saat Bekerja

24 Februari 2022   10:45 Diperbarui: 24 Februari 2022   10:51 519
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi: energepic.com from Pexels 

Tekanan kerja, teman-teman kantor yang julid atau toxic, ditambah kemacetan kota karena ledakan penduduk yang over load. Beberapa indikator ini biasanya menjadi pemicu stress di tempat kerja sehingga munculah kekhawatiran terhadap masa depan. Kekhawatiran yang tidak dapat diatasi biasanya akan membuat seseorang tidak dapat menikmati beberapa hal yang akan dilakukan saat bekerja sehingga kewalahan terhadap pekerjaan mengakibatkan stress.

Saat kewalahan terjadi, tubuh akan memunculkan respon emosional yang tidak proposional seperti kecemasan yang tinggi dan mudah tersinggung terhadap hal kecil. Bagaimana cara mengatasi keadaan yang demikian?

Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi kewalahan karena beban kerja. Sebelum melakukannya, selalu awali dengan mengambil napas lambat. Pernapasan lambat dapat mengurangi stress dan membantu tubuh untuk lebih rileks dan membuat otak dapat berpikir lebih jernih.

1. Self-talk positive

Self-talk adalah dialog internal yang dipengaruhi oleh pikiran bawah sadar. Orang-orang menjadi lebih sadar bahwa self-talk positive adalah alat yang ampuh untuk meningkatkan kepercayaan diri dan mengekang emosi negatif, dan tentu saja menjadi alat manajemen stress yang efektif. Tak hanya itu, self-talk positive juga dapat membantu kita untuk merasa lebih tenang. Sebagai permulaan, saat kita berada dalam kondisi kewalahan karena tumpukan pekerjaan, kita dapat mencoba dengan:

"Saya lebih suka menyelesaikan lebih banyak hal dalam sehari, tapi saya akan menerima apa yang secara realistis yang bisa saya lakukan."

Kalimat ini menggunakan teknik perilaku kognitif umum yang dimana seseorang mengganti kata "keharusan" dengan "lebih suka" atau bisa" untuk menghilangkan kecemasan dan merasa lebih berdaya.

"Meskipun saya memiliki banyak hal yang harus dilakukan, untuk saat ini saya hanya bisa fokus terhadap pekerjaan yang sedang saya kerjakan. Saya akan merasa lebih baik jika saya melakukan itu."

2. Berjalan kaki

Saat otak kita lelah dengan tumpukan pekerjaan, cobalah mengambil sedikit waktu untuk berjalan kaki. Sekedar berjalan kaki untuk membeli minuman kesukaan, atau mengambil waktu jam makan siang untuk melakukan aktivitas ini tidak ada salahnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun