Mohon tunggu...
Tiara Fajar Hartati
Tiara Fajar Hartati Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mari membaca:)

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Strategi Pengembangan Kewirausahaan dalam Bidang Jasa Les Privat

27 April 2023   08:16 Diperbarui: 27 April 2023   08:19 913
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Dalam kewirausahaan seorang wirausaha tentu selalu memikirkan bagaimana cara mengembangkan usahanya, sehingga usaha tersebut dapat berjalan dengan sukses dan mendapat keuntungan. Begitu juga dengan bidang jasa les privat yang sangat dibutuhkan oleh seorang pelajar untuk meningkatkan keterampilannya. Walaupun menguntungkan, usaha ini harus bersaing dengan pesaing-pesaing yang besar ataupun terkenal. Tentunya hal ini memerlukan strategi ataupun langkah-langkah dan cara yang matang sesuai dengan kebutuhan pasar guna menghadapi dan bertahan pada usahanya. 

 

STRATEGI ATAU LANGKAH-LANGKAH DALAM MENGEMBANGKAN LES PRIVAT

Berikut ini merupakan strategi atau langkah-langkah dalam mengembangkan les privat, yaitu:

1.     Meningkatkan Pengetahuan Dan Skill Mengajar Para Pengajar Les Privat

Meningkatkan pengetahuan para pengajar juga penting, agar para pengajar dapat memberikan berbagai ilmu pengetahuan baru kepada pelajar ataupun siswa. Sehingga dapat menimbulkan pemahaman dan rasa keingintahuan yang tinggi. 

Selain meningkatkan pengetahuan pengajar, dalam les privat juga perlu meningkatkan skill pengajar. Hal ini dilakukan agar proses transfer ilmu ke siswa tidak akan terhambat dan justru merugikan bagi usaha les privat yang dijalankan.

2.     Pasang Papan Nama

Jangan lupa memasang papan nama di tempat les privat tersebut, agar orang-orang mengetahui informasi bahwa terdapat jasa les privat. Buatlah tampilan kreatif dan semenarik mungkin sehingga banyak yang tertarik untuk mendaftar. 

3.     Riset Pasar

Melakukan riset pasar guna mengetahui mata pelajaran atau subjek apa yang paling dibutuhkan untuk diajarkan secara privat. Mata pelajaran ini sering sekali menjadi hal yang sulit bagi siswa di sekolah, sehingga akhirnya terdapat tempat les privat yang khusus atau terdapat pelajaran yang diajarkan. Contohnya yaitu matematika dan Bahasa asing, terutama Bahasa inggris. 

4.     Memberikan Diskon Atau Potongan Harga

Semua orang pastinya menyukai diskon atau potongan harga pada saat berbelanja. Sama halnya dengan berbelanja, les privat juga dapat memberikan penawaran diskon atau potongan harga untuk menarik peminat mendaftar les privat. 

5.     Pendekatan Dengan Orang Tua Siswa

Target pasar dalam les privat tidak hanya siswa, namun para orang tua juga termasuk. Karena orang tua lah yang memilih dan menempatkan anaknya dalam dunia pendidikan. Hal ini dilakukan untuk menyakinkan orang tua agar mempercayakan anaknya dididik secara privat. 

6.     Analisis Usaha

Senantiasa melakukan evaluasi untuk meningkatkan atau mempertahankan kualitas pengajaran kita. Apakah peserta les privat merasa nyaman dan terbantu dengan les privat ini? Jika belum, apa yang kurang dan apa yang harus kita lakukan dalam mengatasi kekurangan tersebut. 

MANFAAT DAN PROSPEK USAHA LES PRIVAT

Manfaat dan prospek usaha dari les privat, yakni:

1.     Bisa dilakukan dari rumah secara online maupun offline.

2.     Permintaan atau demand semakin tinggi seiring perkembangan dunia pendidikan.

3.     Tidak terbatas hanya pada mata pelajaran sekolah, tetapi juga keterampilan lain seperti bermusik atau memasak, sehingga siswa dapat mengembangkan keahlian lain.

4.     Dapat dimulai dengan modal minim, baik dengan maupun tanpa renovasi ruangan.

5.     Lebih menguntungkan dari sisi operasional karena jumlah murid lebih sedikit dibandingkan les bukan privat.

6.     Waktu belajar lebih efektif dan dapat disesuaikan dengan siswa. 

TANTANGAN DAN KELEMAHAN USAHA LES PRIVAT

Prospek bisnis ini sangat bagus, tetapi ada juga tantangan dan kelemahannya. Berikut ini adalah beberapa tantangan dan kelemahan yang akan dihadapi bisnis les privat atau bimbingan belajar:

1.     Bisnis les privat termasuk dalam bisnis yang memiliki persaingan tinggi. 

2.     Setiap sekolah memiliki silabus dan metode belajar yang berbeda. Dengan begitu, pengajar les privat harus menemukan metode pembelajaran yang tepat agar siswa dapat mengerti materi pembelajaran. 

3.     Pada umumnya orang tua lebih percaya lembaga bimbingan belajar ternama sehingga usaha les privat yang baru akan lebih sulit memasarkan bisnisnya. 

Meskipun terdapat tantangan dan kelemahan dari bisnis ini, namun tentu saja selalu ada celah yang bisa dimanfaatkan. Bila memiliki strategi pemasaran dan bisnis yang tepat, niscaya usaha les privat Anda akan terus berkembang.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun