Mohon tunggu...
Tiara Desfianti
Tiara Desfianti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Prodi Pendidikan Non Formal

Saya memiliki hobi menulis dan olahraga seperti olahraga renang dan vollyball

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Memperkenalkan Macam-macam Media Literasi di SDN 08 Padang Sago

18 Agustus 2024   11:20 Diperbarui: 18 Agustus 2024   11:21 21
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

MEMPERKENALKAN MACAM-MACAM MEDIA LITERASI DI SDN 08 PADANG SAGO NAGARI KOTO BARU OLEH GUGUS MUHAMMAD NATSIR DALAM KEGIATAN BAKTI SOSIAL MAHASISWA DEPARTEMEN PENDIDIKAN NON FORMAL DI NAGARI KOTO BARU, KORONG TUNGKA KAMPUNG PENYALAI, KEC PADANG SAGO, KAB PADANG PARIAMAN

Tiara Desfianti, Rahmadani, M Valpatafso Valentino G, Rona Fitria, Jesica Nazla Fahrezy

Pendidikan Non Formal

Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang. Jl. Prof Dr Hamka Kampus Air Tawar, Kota Padang, Sumatera Barat, 25171

e-mail  : tiaradesfianti@gmail.com, r0124173@gmail.com, jesicanazlafahrezy@gmail.com, figo82874@gmail.com, ronafitria668@gmail.com

Abstrak

Artikel penelitian ini membahas tentang macam-macam media literasi yang dapat digunakan oleh siswa di SDN 08 Padang Sago Nagari Koto Baru, Korong Tungka Kampung Penyalai, Kec Padang Sago, Kab Padang Pariaman. Penelitian ini menyelidiki pelaksanaan dan efek dari kegiatan pengenalan media literasi Gugus Muhammad Natsir dalam bakti sosial siswa Departemen Pendidikan Non Formal di SDN 08 Padang Sago Nagari Koto Baru. Lokasi penelitian adalah Nagari Koto Baru, Korong Tungka Kampung Penyalai, Kecamatan Padang Sago, Kabupaten Padang Pariaman. Dalam kegiatan bakti sosial ini, mahsiswa berusaha memperkenalkan berbagai jenis media literasi kepada siswa SDN 08 Padang Sago Nagari Koto Baru. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan keterampilan literasi siswa di era modern serta memperkenalkan berbagai media literasi yang dapat di akses oleh siswa. Dengan adanya kegiatan bakti sosial yang bertujuan untuk mengajak siswa siswi SDN untuk melakukan literasi seperti membaca dan menulis membawa banyak mamfaat bagi para siswa salah satunya yaitu agar bisa meningkatkan dan menanamkan jiwa literasi di dalam diri setiap siswa  dari kecil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan ini tidak hanya memperkenalkan siswa dengan berbagai media literasi, tetapi juga meningkatkan kesadaran siswa tentang pentingnya keterampilan literasi di era digital. Kegiatan ini juga berdampak positif pada keterlibatan siswa dan dukungan komunitas lokal dalam proses pembelajaran. Diharapkan penelitian ini akan membantu mengembangkan strategi pembelajaran literasi yang lebih efisien dan sesuai dengan kebutuhan siswa di wilayah semua wilayah terutama di daerah pedesaan. Selain itu, penelitian ini akan memberi tahu komunitas dan lembaga pendidikan tentang pentingnya media literasi dalam pendidikan dasar.

Kata kunci: memperkenalkan, macam-macam, media literasi, SDN 08, literasi, Muhammad natsir

INTRODUCING VARIOUS LITERACY MEDIA AT SDN 08 PADANG SAGO NAGARI KOTO BARU BY THE MUHAMMAD NATSIR GROUP IN THE STUDENTS' CHARITY ACTIVITIES OF THE DEPARTMENT OF NON-FORMAL EDUCATION IN NAGARI KOTO BARU, KORONG TUNGKA, PENYALAI VILLAGE, PADANG SAGO DISTRICT, PADANG PARIAMAN REGENCY

Abstract

This research article discusses the various types of literacy media that can be used by students at SDN 08 Padang Sago Nagari Koto Baru, Korong Tungka Kampung Penyalai, Padang Sago District, Padang Pariaman Regency. This study investigates the implementation and effects of the literacy media introduction activity of the Muhammad Natsir Group in the social service of students of the Non-Formal Education Department at SDN 08 Padang Sago Nagari Koto Baru. The location of the study was Nagari Koto Baru, Korong Tungka Kampung Penyalai, Padang Sago District, Padang Pariaman Regency. In this social service activity, students tried to introduce various types of literacy media to students of SDN 08 Padang Sago Nagari Koto Baru. The purpose of this activity is to improve students' literacy

 skills in the modern era and introduce various literacy media that can be accessed by students. With the existence of social service activities that aim to invite elementary school students to do literacy such as reading and writing, it brings many benefits to students, one of which is to be able to improve and instill a literacy spirit in every student from an early age. The results of the study showed that this activity not only introduced students to various literacy media, but also increased student awareness of the importance of literacy skills in the digital era. This activity also had a positive impact on student involvement and local community support in the learning process. It is hoped that this research will help develop literacy learning strategies that are more efficient and in accordance with the needs of students in all regions, especially in rural areas. In addition, this research will inform communities and educational institutions about the importance of literacy media in basic education.

Keywords: introducing, various, literacy media, SDN 08, literacy, Muhammad Natsir

PENDAHULUAN

SDN 08 Padang Sago merupakan salah satu sekolah dasar yang berada di Nagari Koto Baru, Korong Tungka Kampung Penyalai, Kec Padang Sago, Kab Padang Pariaman. Yang mana sekolah dasar tersebut menjadi tempat kunjungan bakti sosial yang dilakukan oleh gugus 12 (Muhammad Natsir) pada saat kegiatan Bakti Sosial Mahasiswa Keakraban Departemen (BSMKD) yang dilaksanakan dari tanggal 9 sampai 11 agustus 2024.

Bakti Sosial Mahasiswa Keakraban Departemen (BSMKD) yang diadakan Jurusan Pendidikan Non Formal setiap tahunnya merupakan kegiatan sosial yang bertujuan untuk mendidik mahasiswanya agar lebih aware dengan kondisi lingkungan khususnya didaearah yang berada. Seluruh mahasiswa Pendidikan Non Formal setiap tahunnya akan selalu mengikuti kegiatan Bakti Sosial Mahasiswa Keakraban Departemen (BSMKD) dengan desa dan daerah yang berbeda-beda yang berlokasi di Provinsi Sumatra Barat . Program kerja yang dilakukan pun akan selalu berbeda setiap tahunnya. Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari 2 malam di desa yang telah ditentukan dan selama kegiatan berlangsung seluruh peserta tidak diperkenankan untuk menggunakan handphone, seluruh handphone dititipkan dan disimpan oleh kakak pamong masing-masing gugus, dan hanya boleh diakses saat diperintahkan. Sehingga bisa membuat mahasiswa secara langsung akan berbaur dengan masyarakat, melakukan semua aktivitas dan kegiatan tanpa berpanduan dan bergantungan kepada handphone tersebut dan diharapkan akan mendapatkan pelajaran hidup berharga.

Bakti sosial, atau lebih dikenal sebagai baksos, merupakan kegiatan yang menunjukkan rasa kemanusiaan dan kepedulian sosial antara sesama manusia. Tujuan utama dari bakti sosial adalah untuk meningkatkan kepedulian dan rasa social terhadap kondisi masyarakat, terutama di pedesaan, yang mengalami kesulitan ekonomi dan lapangan pekerjaan. Kegiatan ini juga bertujuan untuk merapatkan kekerabatan dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesadaran sosial dan ilmu pengetahuan. Selain itu tujuan Bakti Sosial Mahasiswa Keakraban Departemen (BSMKD) yang diadakan Pendidikan Non Formal tahun 2024 ini yaitu untuk mempererat tali persatuan antara angkatan (angkatan dan senior, dan lain-lain), menambah ilmu pengetahuan, mendorong sikap mandiri, dan lain sebagainya.

Kegiatan Bakti Sosial Mahasiswa Keakraban Departemen (BSMKD) yang ditujuan untuk kelompok Muhammad Natsir adalah literasi, yang dilakukan di sebuah sekolah dasar ( SDN 08) Padang Sago, kegiatan dengan tema literasi tersebut bertujuan untuk meningkatkan dan mendorong jiwa literasi yang ada di dalam diri siswa dan siswi tersebut. Literasi tersebut terdiri dari tiga gugus yang berbeda, sehingga kami membagi tugas dengan memilih tiga kelas yaitu: 4,5,6 kemudian gugus Muhammad Natsir mendapatkan untuk memberikan materi di siswa dan siswi kelas 6, dimana mereka semua beranggotakan 11 orang.

Seorang mahasiswa yang akan bekerja dan banyak berada dilapangan karena yang berbagi tentang pentingnya literasi dapat menjadi panutan dan motivator. Mereka bisa menunjukkan cara-cara menarik dan menyenangkan untuk belajar membaca dan menulis, sehingga anak-anak merasa lebih termotivasi dan tertarik pada literasi. Yang mana proses awal yang kelompok yang mana kami memulai kegiatan dengan memperkenalkan diri dan diakhiri dengan penutupan seperti memberikan rework dan foto bersama.

METODE PENELITIAN

Metode yang gugus Muhammad Natsir gunakan saat melakukan Kegiatan Bakti Sosial Mahasiswa Keakraban Departemen (BSMKD) adalah metode kualitatif, yaitu dengan cara melakukan observasi dan wawancara langsung di lapangan dengan sasaran yaitu siswa/siswi kelas enam yang berlokasi di SDN 08 Nagari Koto Baru, Korong Tungka Kampung Penyalai, Kec Padang Sago, Kab Padang Pariaman.Observasi dilakukan pada jam 08.00-12.30 WIB. Yang menjadi sasaran yaitu siswa/siswi kelas enam yang beranggotakan 11 orang.

Kelompok Muhammad Natsir mendapatkan tema literasi, kemudian kami mengembangkan tema tersebut menjadi " Memperkenalkan macam-macam media literasi di SDN 08 Nagari Koto Baru, Korong Tungka Kampung Penyalai, Kec Padang Sago, Kab Padang Pariaman". Dimana tujuan dari melakukan kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan dan menanamkan jiwa literasi di dalam diri setiap siswa/siswi Sekolah Dasar tersebut. Dengan literasi dapat membuka pintu bagi siswa/siswi untuk mengakses informasi dan pengetahuan yang luas. Melalui membaca, mereka dapat menjelajahi  berbagai topic, memperkaya wawasan dan mengembangkan rasa ingin tahu. Selain itu dengan melakukan literasi dapat mendorong siswa dan siswi SDN 08 tersebut untuk berpikir lebih kritis, menganalisis informasi dan membentuk opini yang rasional.

Sehingga membuat kemampuan membaca dan menulis yang baik dapat meningakatkan percaya diri siswa/siswi. Mereka merasa lebih mempu untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dan mengejar cita-cita mereka. Selain itu dengan melakukan kegiatan Kerja Bakti Sosial di SDN 08 ini diharapkan dapat membantu siswa/siswi untuk dapat berkomunikasi dengan efektif, baik secara lisan maupun tulisan. Dan mereka dapat mengekspresikan ide, berdiskusi, dan membangun hubungan yang positif dengan orang lain.

PEMBAHASAN

Kegiatan Bakti Sosial Mahasiswa Keakraban Departemen (BSMKD) Departemen Pendidikan Non Formal dilaksanakan tanggal 9 sampai 11 agustus 2024, yang diikuti 95 peserta angkatan 2023. Dan kegiatan pengabdian masyarakat tersebut dilaksanakan pada hari sabtu 10 agustus, yang diawali jam 05.00 untuk melaksanakan sholat berjamaah, kemudian senam bersama dan dari pukul 07.00-08.00 waktu makan bersama, dan seluruh mahasiswa Pendidikan Non Formal di kumpulkan di lapangan dan diberi arahan dan informasi mengenai kegiatan pengabdian masyarakat tersebut, seperti perlengkapan yang harus dibawa, hal-hal apa saja yang akan dilakukan selama kegiatan. Panitia juga mengingatkan untuk selalu 3S (Senyum, Sapa , Salam) kepada masyarakat dan penduduk yang di temukan di daerah tersebut. Kemudian panitia membagi beberapa kelompok gugus menjadi beberapa bagian untuk daerah pelaksanaan pengabdian masyarakat, seperti untuk melakukan pengabdian masyarakat dengan tema literasi dilakukan oleh gugus 9, 11 dan gugus 12 yang melaksanakan pengabdian masyarakat di SDN 08 08 Nagari Koto Baru, Korong Tungka Kampung Penyalai, Kec Padang Sago, Kab Padang Pariaman. Dan masing-masing daerah akan diberikan beberapa panitia untuk mengarahkan dan mengatur semua kegiatan yang akan dilakukan selama pengabdian masyarakat berlangsung.

Dimana Kkegiatan literasi tersebut didukung oleh mobil pintar yaitu sebuah mobil yang berisikan berbagai macam buku seperti buku dongeng dan novel, mobil tersebut juga biasa disebut dengan perpustakaan keliling. Pada jam 08.20 seluruh anggota gugus 12 ( Muhammad Natsir) bersiap-siap, mengambil peralatan dan mempersiapkan materi yang akan disampaikan kepada siswa/siswi di SDN tersebut. Dan sesampainya di gerbang SDN 08 kami diarahakan oleh panitia untuk bersikap sopan dan meminta izin dulu sebelum melaksanakan kegiatan. Kegiatan kami awali dengan meminta izin terlebih dahulu kepada wali kelas, kemudian dilanjutkan dengan memperkenalkan diri anggota gugus kami, dan meminta mereka untuk memperkenalkan diri satu persatu, dimana siswa kelas 6 tersebut berisikan 11  orang yang terdiri dari 5 perempuan dan 6 laki-laki. Dan sebelum kami menyapaikan materi kami terlebih dahulu memberikan ice breaking kepada siswa agar mereka dapat focus untuk mendengarkan materi literasi yang akan kami sampiakan.

Setelah itu secara bergantian kami memberikan materi terkait literasi tersebut, seperti menjelaskan tentang pengertian literasi, yang pada umumnya literasi tersebut merupakan kegiatan berupa membaca serta menulis, kemudian dilanjutkan tentang mamfaat dan keguanaan literasi seperti menambah ilmu pengetahuan yang dari tidak tahu menjadi tahu, mendapatkan informasi baru, memperluas wawasan, mendorong untuk berfikir kritis. Dan kami juga menjelaskan bahwa literasi bukan hanya dilakukan dengan buku saja, tetapi juga bisa dilakukan dengan menggunakan berbagai macam media seperti handphone seperti bisa dengan mengakses youtube dll, media massa, televise, Koran dan lain sebagainya. Kami juga memberikan beberapa pertanyaan seperti apakah mereka hobby membaca? Buku apa saja yang mereka baca? Mereka suka membaca buku apa? Apakah mereka sudah lancar membaca?. Dan dari yang kami dapat mereka 80% dari mereka hobby membaca buku komik, 15% membaca dongeng dan 5% membaca buku pantun. Dan kami juga memerintahkan mereka untuk menulis dan kami lihat mereka sudah bisa menulis dengan bagus.

Dan setelah selesai menyampaikan materi dan memberikan beberapa pertanyan sekitar jam 11.00 mobil pintar datang, dan kami mengarahkan siswa/siswi tersebut untuk membaca buku dan sebelum mereka keluar kelas kami memberkan yel-yel agar mereka merasa lebih bersemangat, kemudian mereka secara teratur mencari buku apa yang mereka inginkan, dan setelah mendapatkan buku kemudian mereka membaca buku  tersebut sembari kami damping untuk memberikan beberapa pengarahan seperti menanyakan judul buku apa yang mereka baca, dan mereka juga bertanya mengenai hal-hal yang tidak mereka ketahui terhadap buku tersebut. dan setelah mereka membaca, kami memerintahkan mereka untuk masuk kedalam kelas dan memerintahkan mereka untuk menyimpulkan di depan kelas terhadap buku yang mereka baca, kemudian kami menutup kegiatan tersebut dengan memberikan rework kepada seluruh siswa/siswi kelas 6 tersebut.

KESIMPULAN DAN SARAN

Kegiatan Bakti Sosial Mahasiswa Keakraban Departemen (BSMKD) Departemen Pendidikan Non Formal yang dilaksanakan pada tanggal 9 hingga 11 Agustus 2024, dengan tema pengabdian masyarakat di SDN 08 Nagari Koto Baru, Korong Tungka Kampung Penyalai, Kec. Padang Sago, Kab. Padang Pariaman, berlangsung dengan sukses. Sebanyak 95 peserta angkatan 2023 terlibat dalam kegiatan ini, yang dimulai dengan berbagai aktivitas pagi hari sebelum pelaksanaan pengabdian masyarakat. Pada tanggal 10 Agustus 2024, kegiatan pengabdian masyarakat dilaksanakan dengan fokus pada literasi. Gugus 9, 11, dan 12 bertanggung jawab dalam pelaksanaan kegiatan ini, dengan dukungan dari mobil pintar atau perpustakaan keliling yang menyediakan berbagai buku untuk siswa-siswi di SDN 08. Dalam kegiatan tersebut, mahasiswa memberikan materi tentang literasi kepada siswa kelas 6, mencakup pengertian literasi, manfaat membaca dan menulis, serta berbagai media yang bisa digunakan untuk literasi. Aktivitas ini diakhiri dengan sesi membaca buku menggunakan mobil pintar dan presentasi singkat oleh siswa tentang buku yang telah mereka baca. Seluruh kegiatan dilakukan dengan pendekatan yang interaktif dan melibatkan siswa secara aktif. Dengan diadakannya BSMD ini diharapkan mahasiwa agar dapat lebih dekat dan menjalin silaturahmi yang lebih baik dengan masyarakat.

DAFTAR PUSTAKA

https://warmadewa.ac.id/berita/detail/1159/FEB-Unwar-Gelar-Bakti-Sosial-Mahasiswa-BSM-Tahun-2019-di-Bangli.html

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun