JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN MODUL 3.3 PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK PADA MURID
Perkenalkan nama saya Tiara Agusta Sari (SDN 07 Kota Alam), calon guru penggerak angkatan 10
Kabupaten lampung Utara, Provinsi Lampung
Fasilitator : Ibu Mita Syahrianti
Pengajar Praktik: Ibu Ilah Armilah
Pada kesempatan ini saya akan menyampaikan jurnal refleksi dwimingguan modul 3.3 Pengelolaan program yang berdampak pada murid. Melalui Jurnal Refleksi Dwi Mingguan modul 3.3 Pengelolaan program yang berdampak pada murid, saya menciptakan ruang untuk merenung, belajar, dan berbagi apa yang telah saya dapatkan selama pembelajaran beberapa materi di modul 3.3 .
Dalam mengekspresikan refleksi diri ini, saya memilih pendekatan yang sangat bermakna, yaitu model 4F (Fact, Feeling, Findings, dan Future) yang diinisiasi oleh Dr. Roger Greenaway. Melalui proses ini, saya menyadari bahwa setiap peristiwa memiliki makna tersendiri, setiap perasaan adalah bagian dari perjalanan pertumbuhan, setiap pembelajaran membawa kita lebih dekat pada visi kita, dan setiap penerapan adalah langkah konkrit menuju perubahan.
Jurnal ini, lebih dari sekadar kewajiban rutin, merupakan cerminan perjalanan emosional dan profesional saya. Saya mengajak diri saya sendiri untuk melihat lebih dalam, tidak hanya pada fakta dan temuan, tetapi pada esensi dari pengalaman tersebut. Dengan demikian, saya tidak hanya menulis tentang apa yang terjadi, tetapi juga tentang bagaimana itu memengaruhi hati dan jiwa saya.
Dalam merangkai kata-kata ini, saya merasa berkomitmen untuk terus tumbuh dan berkembang. Setiap peristiwa dan perasaan menjadi bahan bakar untuk pembelajaran, membuka jalan bagi penerapan yang lebih bijaksana di masa depan. Saya yakin bahwa setiap langkah kecil dalam perjalanan ini membawa saya lebih dekat pada visi saya sebagai seorang guru penggerak yang berdedikasi.
Jadi, mari kita terus berjalan dengan keyakinan dan semangat, menggali kebijaksanaan dari setiap pengalaman, dan merangkul masa depan yang penuh dengan potensi dan kesempatan. Semoga setiap hal yang kita tulis dan kita alami hari ini menjadi landasan kokoh untuk perjalanan mendebarkan kita ke depan. Terima kasih atas kesempatan ini, dan mari kita terus berbagi cahaya kebaikan dalam dunia pendidikan.
1. Fact (Peristiwa)
Modul 3.3 merupakan modul terakhir dari kegiatan pendidikan dan pelatihan calon guru penggerak Angkatan 10 ini. Sama halnya dengan modul-modul sebelumnya, Modul 3.3 di mulia dengan alur MERDEKA yaitu:
Pembelajaran di LMS di mulai pada, Senin, 26 Agustus 2024 Â yaitu:
Modul 3.3 Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid
1. 3.3.a.3 Â Mulai Dari Diri - Modul 3.3
Aktivitas CGP;
1 Mencermati pertanyaan pemantik
2 Merefleksikan diri tentang pengalaman yang paling berkesan saat terlibat di kegiatan sekolah.
3 Menjawab 7 pertanyaan refleksi di LMS
4 Memberi komentar jawaban CGP lainnya.
5 Menjawab pertanyaan tentang harapan mempelajari modul 3.3.
6 Memberi komentar jawaban CGP
2. 3.3.a.4. Eksplorasi Konsep Mandiri - Â Modul 3.3
Aktivitas CGP pada Eksplorasi Konsep Mandiri, yaitu:
1) Mencermati pertanyaan pemantik
2) Membaca materi
3) Menganalisis contoh program atau kegiatan sekolah (dalam narasi situasi dan video)
4) Menuliskan refleksi
5) menjawab beberapa pertanyaan
Pembelajaran hari  Rabu-Kamis, 28-29 Agustus 2024 adalah:
3.3.a.4.1 Forum Diskusi Eksplorasi Konsep - Â Modul 3.3
Aktivitas CGP, yaitu:
1) Merefleksikan diri dengan menjawab pertanyaan pemantik tanpa menuliskan jawabannya.
2) Diskusi dilakukan secara berkelompok (data kelompok terlampir di bawah ini)
3) Dalam Kelompok, mendiskusikan sebuah program atau kegiatan sekolah yang sudah/sedang dijalankan oleh salah satu anggota kelompok di sekolahnya.
4) Anggota kelompok yang bersedia program/kegiatan sekolahnya didiskusikan, harus memposting di LMS disertakan *nama program/kegiatan yang akan didiskusikan
5) Postingan tsb dikomentari dan didiskusikan oleh anggota kelompok lainnya dalam bentuk thread (rangkaian percakapan di LMS)
6) Anggota kelompok yg program/kegiatan sekolahnya didiskusikan, harus menanggapi pertanyaan-pertanyaan awal yg diajukan oleh rekan sekelompoknya (karena dislah yg mengetahui program tsb)
7) Setelah diskusi mulai  berjalan, dan ide-ide baru mulai terbentuk, anggota kelompok yg lain dapat ikut menanggapi, menjawab pertanyaan yg diajukan sebelumnya.
8) Ada 3 poin yang harus  didiskusikan dalam forum diskusi (ada  di LMS)
9) Setiap CGP dalam kelompoknya perlu memberikan pertanyaan dan memberikan komentar/pertanyaan dari CGP lainnya dalam kelompoknya.
Hindari pertanyaan yang jawabannya ya/tidak.
10) Setelah selesai diskusi kelompok, CGP melakukan refleksi pribadi dengan menjawab 3 pertanyaan refleksi yang ada di LMS ( refleksi ini sebagai tagihan jurnal refleksi mingguan)
3. 3.3.a.5.1 Â Ruang Kolaborasi Sesi 1 - Modul 3.3- Diskusi KelompokÂ
Hari Jumat, 30 Agustus 2024
Kegiatan Diskusi kelompok kali ini saya berkelompok dengan Ibu Yulia Sari dari SMKN 01 Kotabumi, Ibu Yuliza Kurniawati dari SMK YP 69 Bukit Kemuning, Bapak Pikriyadi dari SMKN 01 Bukit Kemuning, dan Ibu Haisih Komalaria dari SMPN 01 Bukit Kemuning.
 3.3.a.5.1  Ruang Kolaborasi Sesi 2 - Modul 3.3 - Presentasi
Jadwal Rukol Sesi 2 sebagai berikut:
Kelas A10.47
Hari : Senin, 2 September 2024
Pukul 14.00 - 16.15 WIB
Aktifitas pada Rukol  Sesi 2, yaitu:
 1 Masing-masing kelompok akan menyampaikan hasil diskusi membuat gambaran umum program/kegiatan sekolah yang mempromosikan suara, pilihan, dan kepemilikan murid.
2 Memberikan tanggapan atau masukan/umpan balik konstruktif atas presentasi kelompok lain.
Unggah Tugas Hasil Diskusi Rukol:
4. 3.3.a.6. Demonstrasi Kontekstual - Modul 3.3
Dilaksakan tanggal 3-4 September 2024
Due date : 9 September 2024, pukul 23.59 WIB
Aktivitas CGP:
1 Membuat *Rencana Perubahan
 yang terkait dengan Program/Kegiatan yang ingin Ibu/Bapak terapkan.
berikut tugas Demonstari Kontekstual:
3.3.a.7.1 Elaborasi Pemahaman - Modul 3.3 Kelas BGP.Lampung-A10-Grup.10 [Christian Puguh Sulistyo]
Kamis, 05 September 2024 pukul 13.00-14.30pm
Untuk kegiatan gmeet ini, Â bapak ibu dapat mengakses dan mengklik modul 3.3,Â
khususnya pada laman 3.3.a.7.1 Elaborasi Pemahaman - Modul 3.3 pada LMS bapak ibu
Mengingatkan aktifitas pembelajaran LMS, Jum'at , 6 September 2024:
5. 3.3.a.9 Koneksi Antar Materi -- Modul 3.3
Aktivitas Koneksi Antar Materi :
1 Â Membuat Sintesa Pemahaman dalam bentuk tulisan Reflektif tentang Program yang berdampak pada Murid.
2 Menjawab 5 Pertanyaan pemandu berikut ini untuk melakukan refleksi:
1. Â Â Â Â Â Bagaimana perasaan Anda setelah mempelajari modul ini?
2. Â Â Â Â Â Apa intisari yang Anda dapatkan dari modul ini?
3.      Apa  keterkaitan yang dapat Anda lihat antara Modul ini dengan modul-modul sebelumnya?
4. Â Â Â Â Â Setelah melihat keterkaitan antara modul ini dengan modul-modul lainnya jelaskanlah perspektif Anda tentang program yang berdampak positif pada murid.
5.      Bagaimana seharusnya program-program  atau kegiatan sekolah harus direncanakan, dilaksanakan, dan dievaluasi agar program-program tersebut dapat berdampak positif pada murid?
3 Menggunakan rubrik penilaian untuk mengetahui tulisan reflektif seperti apa yang diharapkan.
Rubrik Penilaian dapat dicermati pada LMS, atau download file di bawah informasi ini.
4 Mengunggah hasil refleksi  pada LMS aktivitas 3.3.a.8 Koneksi Antar Materi - Modul 3.3 dengan cara klik
6. 3.3.a.9 Â Aksi Nyata - Modul 3.3
Aktivitas Aksi nyata:
Mengimplementasikan / melakukan tindakan-tindakan dan rencana-rencana pada tahapan:
1. B (Buat pertanyaan)
2. A (Ambil pelajaran)
yang telah dibuat pada karya Demonstrasi Kontekstual Modul 3.3.
Aktivitas Aksi Nyata Modul 3.3 :
Pada modul 3.3, saya mempelajari tentang bagaimana menyusun program yang berdampak pada murid, bagaimana cara menumbuhkan student agency dengan mempertimbangkan 3 aspek yang dimiliki murid seperti suara (voice), pilihan (choice), dan kepemilikan(ownership). Kemudian materi tentang lingkungan yang mendukung tumbuh kembangnya kepemimpinan murid, serta pentingnya keterlibatan komunitas dalam menumbuhkan kepemimpinan murid.
2. Perasaan (Feeling)
Yang saya rasakan pada minggu kedua ini adalah minggu yang membahagiakan sekaligus menyedihkan. Membahagiakan karena akhirnya kami sampai pada modul yang terakhir dalam PGP angkatan 10 ini, meskipun banyak tugas yang harus saya kerjakan, dapat terselesaikan dengan baik dan sesuai jadwalnya. Saya juga merasa sangat bahagia, karena saya masih diberikan kesehatan dan kesempatan untuk sampai di titik ini, yaitu sampai pada modul 3.3 dan telah mempelajari materinya di eksplorasi konsep dilanjut dengan melaksanakan Ruang kolaborasi sesi diskusi. Dengan adanya PGP ini, saya akan berusaha untuk mengimplementasikan setiap ilmu yang saya dapatkan di sekolah tempat saya mengajar. Apalagi apa yang akan saya lakukan bersama rekan guru lainnya dapat berdampak positif bagi murid di sekolah.
Dan hal yang menyedihkan bagi saya, karena minggu ini adalah minggu terakhir kami akan melakukan ruang kolaborasi dengan Fasilitator, walaupun secara personal kami belum mengenal secara langsung, tapi saya merasakan banyak sekali ilmu-ilmu yang beliau sampaikan kepada saya yang berkaitan dengan materi di LMS. Saya juga banyak mendapatkan bantuan dari beliau selama mengikuti PGP ini. Banyak sekali kekurangan saya dalam mengikuti PGP ini, mulai dari jaringan yang tidak bersahabat, tugas-tugas ada beberapa yang selalu beliau ingatkan. Beliau banyak mengingatkan saya dan membantu saya mengatasi hal tersebut. Dalam jurnal ini, saya ingin mengucapkan terimakasih banyak kepada Ibu Mita Syahrianti sebagai Fasilitator atas kebaikannya selama ini. Walaupun nantinya saya juga akan mengucapkannya secara langsung kepada beliau. Tak lupa juga saya banyak mengucapkan terimaksih kepada Ibu Ilah Armilah selaku Pengajar Praktik, yang selalu membimbing dan mengingatkan saya.
Ilmu-ilmu baru yang saya peroleh dari modul ini memberikan dorongan semangat yang luar biasa. Forum diskusi di sesi ruang kolaborasi dan elaborasi bukan sekadar tempat pertukaran ide, tetapi juga ladang subur bagi pemahaman mendalam tentang materi ini. Saya yakin bahwa pengalaman ini bukan hanya memberikan wawasan baru, tetapi juga membentuk jiwa dan semangat saya untuk mengimplementasikan dengan penuh dedikasi. Selain materinya yang sangat menarik dan menantang, modul ini juga merupakan modul terakhir yang harus saya pelajari. Artinya, saya harus bersiap untuk mengimplementasikannya di kelas atau di sekolah saya. Selain itu, saya juga merasa senang karena banyak ilmu-ilmu dan pengetahuan baru yang saya peroleh selama mengikuti kegiatan PGP ini. Saya juga merasa senang dan tertarik ketika pertanyaan-pertanyaan yang muncul dibenak saya dan saya merefeksikan pada bagian mulai dari diri dapat terjawab dengan baik dan jelas. Ada hal menarik yang terjadi pada pembelajaran di modul ini, yaitu saat saya harus menyelesaikan tugas demonstrasi kontekstual. Dalam tugas ini, CGP diminta untuk membuat sebuah program secara mandiri. Program yang saya buat yaitu GELISAH (Gerakan Literasi Sekolah). Perasaan senang sekali ketika saya dapat merancang sebuah program dan melibatkan murid didalamnya.
3. Pembelajaran (Findings)
Pembelajaran yang saya dapatkan setelah mempelajari modul ini sebagai berikut, yaitu pada saat saya menyusun sebuah program sebaiknya kita melihat aset/kekuatan yang dimiliki oleh sekolah. Pentingnya melibatkan murid sebagai mitra dalam penyusunan, baik pada saat murid memberikan suara, pilihan dan kepemilikandalam pelaksanaan, dan evaluasi program, baik dapat dilibatkan dengan memberikan kesempatan mereka untuk berpendapat (suara) adn menentukan pilihannya sehingga mereka akan merasa memiliki dan merasakan manfaat dari program yang akan dikembangkan.
Yang perlu dikembangkan oleh guru di sekolah adalah pentingnya menciptakan lingkungan yang positif dalam menumbuhkan student agency. Pentingnya dukungan dari semua pihak/komunitas dalam menumbuhkan kepemimpinan murid. Prakarsa perubahan yang akan dilakukan dapat menggunakan Tahapan BAGJA dengan menambahkan unsur suara, pilihan, dan kepemilikan murid.
Dalam proses pembelajaran modul ini, tentunya saya juga memperoleh pengetahuan dan pengalaman baru. Pengalaman saya dalam merancang sebuah program yang melibatkan murid dan mengimplementasikannya dengan tahapan BAGJA merupakan hal baru bagi saya. Modul 3.3 ini dalam menjadikan murid sebagai Student Agency.
Modul 3.3 ini  juga menambah pemahaman saya bagaimana menyusun dan merancang kegiatan yang akan memberikan dampak positif bagi murid. Dampak positif tersebut diharapkan dapat menumbuhkan kepemimpinan murid atau student agency. Agar kegiatan tersebut dapat berdampak bagi murid, perlu mempertimbangkan suara (voice), pilihan (choice) yang dimiliki murid sehingga akan menimbulkan kepemilikan (ownership) bagi murid.
4. Penerapan ( Future)
Rencana kedepannya yang akan saya lakukan adalah saya akan melakukan kolaborasi dengan rekan dan murid-murid saya di sekolah, berbagi ilmu dan secara bersama-sama untuk merancang program atau kegiatan yang dapat menumbuhkan kepemimpinan murid dengan mendengarkan suara (voice) dan pilihan (choice) mereka. Sehingga program tersebut dapat berdampak bagi murid dan menumbuhkan rasa memiliki pada diri murid terhadap apa yang sudah dirancang secara bersama-sama. saya ingin dapat melaksanakan program yang telah saya rancang dengan murid tersebut. Harapannya program ini dapat menumbuhkan kepemimpinan murid dan mewujudkan karakter profil pelajar pancasila. Dan saya juga akan menyebarkan pengetahuan dan pengalaman saya dalam menyusun program yang berdampak positif pada murid ini pada rekan-rekan sejawat.
Terimakasih
Semoga Bermanfaat
Salam Guru Penggerak
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI