Mohon tunggu...
TIARA AGUSTA SARI
TIARA AGUSTA SARI Mohon Tunggu... Guru - Teacher

Mahasiswa PPG Daljab Tahun 2023 Angkatan 2 Universitas Tanjungpura (UNTAN) Pontianak Guru SDN 07 Kota Alam dan SDN 05 Kelapa Tujuh, CGP Angkatan 10 Kab. Lampung Utara, Lampung

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan ke- 5 Modul 2.1

22 Juni 2024   22:40 Diperbarui: 22 Juni 2024   22:59 3736
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN MODUL 2.1 PEMBELAJARAN UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN BELAJAR MURID

Assalam mualaikum wr.wb....

Tabik Pun.....

Perkenalkan nama saya Tiara Agusta Sari, calon guru penggerak angkatan 10

Kabupaten lampung Utara, Provinsi Lampung

Fasilitator : Ibu Mita Syahrianti

Pengajar Praktik: Ibu Ilah Armilah

Pada kesempatan ini saya akan menyampaikan jurnal refleksi dwimingguan modul 2.1 Pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan murid, Dalam Menyusun jurnal ini, saya menggunakan model 4F / 4P yaitu Facts/Peristiwa, Feelings / Perasaan, Findings / Pembelajaran, Future / Penerapan.

Penjelasannya sebagai berikut:

1. Peristiwa (Facts)

Kegiatan modul 2.1 ini dimulai pada hari jumat tanggal 07 Juni 2024 yaitu saya memulai modul dengan menyelesaikan aktivitas 2.a tes awal modul 2 atau pretest di LMS. Setelah itu, saya mendalami materi Modul 2.1 dengan pendekatan MERDEKA, yang meliputi beberapa tahap, yaitu:

a. Mulai dari diri,

Saya memulai pembelajaran dengan merenungkan diri sendiri melalui tautan "Mulai dari Diri". Saya merespon empat pertanyaan reflektif yang dijawab.

b. Eksplorasi Konsep

Aktifitas Eksplorasi Konsep Mandiri Modul 2.1 Hari Jum'at, 7 Juni 2024 yaitu:

  • Menjawab 6 pertanyaan pemantik (Pengantar) pd LMS dan menuliskannya pada kolom Notes and Questions
  • Membaca, mempelajari serta menyimak video materi pembelajaran modul 2.1
  • Menuangkan ringkasan pemahaman Materi pada kolom Notes
  • Memberikan komentar/umpan balik terhadap jawaban yang dikirim oleh CGP lainnya.
  • Mengerjakan Tugas 2, yaitu menjawab 3 pertanyaan Pembelajaran  2.1.2 Pengertian Pembelajaran Berdiferensiasi - Sebuah Ilustrasi pada kolom Notes
  • Mengerjakan Tugas 3, yaitu  menjawab 3 pertanyaan Refleksi dan menuangkan jawaban di LMS  pada kolom Notes.
  • Dalam bagian ini, saya memperoleh pemahaman tentang pembelajaran diferensiasi dan konsep yang berkaitan. Saya juga diberikan tugas untuk membuat diagram Frayer yang menggambarkan pembelajaran diferensiasi.

berikut link tugas eksplorasi konsep:


C. Ruang Kolaborasi

Ruang Kolaborasi Sesi 1 - Modul 2.1

Aktivitas CGP tahap Rukol ini adalah:

Dalam kelompok, CGP mengamati & mencermati 2 video pd LMS

  •  Menentukan & menyepakati salah satu Skenario Pembelajaran Berdiferensiasi yg akan dianalisis.
  • Berkolaborasi & berdiskusi dalam menganalisis salah satu Skenario Pembelajaran Berdiferensiasi, dengan bantuan menjawab 4 pertanyaan pemandu yg bisa dilihat pd LMS atau Link Tugas Rukol.
  • Lembar Kegiatan Diskusi dan Skenario Pembelajaran Berdiferensiasi dapat dilihat pada Link Tugas Rukol Sesi 1 Modul 2.1
  •   Aktifitas Sesi 1- Kerja Kelompok, akan dilaksanakan pada:
  •   Hari Selasa Rukol, 11 Juni 2024:
  • Pukul 14.00 - 16.15 WIB
  • Saya terlibat dalam diskusi kelompok dan presentasi hasil diskusi melalui google meet yang disediakan di LMS, sedangkan presentasi hasil diskusi dilakukan besoknya. Materi diskusi mencakup strategi pembelajaran berdiferensiasi dan penilaian dalam pembelajaran berdiferensiasi.

Foto Pribadi Tiara
Foto Pribadi Tiara
  • 2.1.a.5.1  Ruang  Kolaborasi Sesi 2 - 
  • Modul 2.1 - Presentasi dan umpan balik, yang akan dilaksanakan pada:
  • Hari Rabu, 12 Juni 2024, pada:
  • Pukul 14.00 - 16.15 WIB

GGP melaksanakan diskusi / presentasi kelompok secara bergantian antara kelompok 1 dan 2, kemudian diberi penguatan oleh Fasilitatot Ibu Mita Syahrianti...

Foto Pribadi  Tiara
Foto Pribadi  Tiara

Berikut hasil diskusi ruang kolaborasi saya dari kelompok 1:


D. Demonstrasi Kontekstual

Bagian ini melibatkan pembuatan RPP berdiferensiasi sebagai tugas.

Berikut hasil tugas Dekon yang telah saya buat:

https://lms34-gp.simpkb.id/pluginfile.php/216534/assignsubmission_file/submission_files/245375/TUGAS%20RPP%20DEKON%20TIARA%20AGUSTA%20SARI.pdf?forcedownload=1

E. Elaborasi Pemahaman

Pelaksanaan Elaborasi Pemahaman - Modul 2.1

Kelas BGP.Lampung-A10-Grup.10 bersama ibu instruktiur DIANINDAH APRIYANI, 

dilaksanakan pada Rabu, 19 Juni 2024 pukul 15.30-17.00pm.

Kegiatan ini menguatkan pemahaman saya terhadap materi yang mencakup permasalahan siswa dengan kemampuan awal yang rendah dalam pembelajaran diferensiasi dan kriteria diferensiasi proses.

Foto Pribadi  Tiara
Foto Pribadi  Tiara
Foto Pribadi Tiara
Foto Pribadi Tiara

F. Koneksi Antar-Materi

Saya membuat penjelasan tentang simpulan pembelajaran berdiferensiasi, alasan keefektifan pembelajaran berdiferensiasi, dan kaitannya dengan modul 1 yaitu modul 1.1 Filosofi KHD, 1.2 Nilai dan Peran guru penggerak, 1.3 visi guru penggerak, 1.4 budaya positif dan modul 2.1 pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan belajar murid dalam Program Pendidikan Guru Penggerak. Saya membuat koneksi antar materi ini dalam bentuk narasi dan saya upload ke youtube.

berikut tugas Koneksi antar materi yang telah saya buat:


G. Aksi Nyata

Saya menerapkan pembelajaran berdiferensiasi dalam pembelajaran tematik pada siswa  kelas 2 SD Negeri 07 Kota Alam . Selain itu kami juga diminta untuk membuat rancangan tindakan aksi nyata dengan format yang telah disediakan dan dikumpulkan juga di LMS.

2. Perasaan (Feeling)

yang Dirasakan Pada saat mempelajari Modul 2.1, saya merasa sangat semangat, bangga, senang, dan ditantang. Semangat muncul karena materi pembelajaran berdiferensiasi sangat menarik bagi saya. Saya merasa bangga karena diberi kesempatan untuk mempelajari materi yang berharga dan bermanfaat. Keterlibatan dalam kolaborasi dengan rekan CGP juga membuat saya senang. Tantangan datang dari tugas yang dihadapi dalam menjalankan peran ganda sebagai guru di sekolah dan peserta pelatihan.

3. Pembelajaran (Findings)

yang Didapatkan Dari Modul 2.1, saya memperoleh pemahaman mendalam tentang pembelajaran berdiferensiasi. Materi ini memberi saya wawasan tentang bagaimana mengidentifikasi kebutuhan belajar siswa dengan mempertimbangkan kesiapan belajar, minat, dan profil belajar siswa.

4. Penerapan (Future)

Rencana Aksi ke Depan Setelah memahami konsep, saya akan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi di kelas. Rencana ini melibatkan perencanaan matang, termasuk penyusunan RPP/modul ajar, persiapan media, dan strategi pembelajaran yang relevan.

Semua pengalaman ini menunjukkan komitmen saya dalam mengembangkan diri sebagai pendidik dan mendukung pendidikan yang lebih baik. Saya merasa senang dapat berpartisipasi dalam program ini dan berharap dapat terus belajar dan berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

 

Salam dan bahagia Bapak Ibu Guru Penggerak.

Guru Bergerak Indonesia Maju...

Terimaksih...

Wassalam mualaikum wr. wb....

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun