Mohon tunggu...
TIARA AGUSTA SARI
TIARA AGUSTA SARI Mohon Tunggu... Guru - Teacher

Mahasiswa PPG Daljab Tahun 2023 Angkatan 2 Universitas Tanjungpura (UNTAN) Pontianak Guru SDN 07 Kota Alam dan SDN 05 Kelapa Tujuh, CGP Angkatan 10 Kab. Lampung Utara, Lampung

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan ke- 4 Modul 1.4 Budaya Positif

4 Juni 2024   19:18 Diperbarui: 4 Juni 2024   19:33 2769
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Assalamualaikum Wr.Wb,,,,

Salam Guru Penggerak!

Bergerak, Tergegak, Menggerakkan....

Saya Tiara Agusta Sari, saya merupakan Calon Guru Penggerak Angkatan 10 Lampung dari SD Negeri 07 Kota Alam, Desa Alam Jaya Kecamatan Kotabumi Selatan Kabupaten Lampung Utara, saya menulis untuk berbagi pengalaman melalui jurnal dwi mingguan ke 4 ini. Jurnal refleksi dwi mingguan ini dibuat setiap dua minggu dan digunakan sebagai sarana refleksi Calon Guru Penggerak selama mempelajari sebuah modul. Dalam pemaparan jurnal 1.4 kali ini, saya akan membagikan pengalaman saya selama proses mempelajari modul 1.4 tentang Budaya Positif.

Pada kesempatan yang baik ini, saya akan berbagi pengalaman selama proses mempelajari Modul 1.4 yaitu tentang Budaya Positif. Tulisan/jurnal pengalaman ini merupakan refleksi diri setelah saya mengikuti kegiatan pendidikan (upgrading skill) yang ditulis secara rutin setiap dua mingguan.

Dalam menulis jurnal refleksi ini saya menggunakan model 1 yang diprakarsai oleh Dr. Roger Greenaway yaitu model 4F (Facts, Feelings, Findings, Future) dapat diterjemahkan menjadi 4P (Peristiwa, Perasaan, Pembelajaran, dan Penerapan).

Berikut jurnal refleksi dwimingguan modul 1.4 Budaya Positif

  • Fact (Peristiwa)

Setelah mempelajari modul 1.3 tentang Visi Guru Penggerak kemudian pada hari Selasa, 14 mei 2024 saya mulai mempelajari modul 1.4 Budaya Positif dengan alur MERDEKA, yakni:

1. Mulai Dari Diri

  • Pada aktifitas Modul 1.4 - Budaya Positif
  • Aktifitas Hari Selasa, 14 Mei 2024 yaitu
  • 1.4.a.3  Mulai Dari Diri - Modul 1.3, yaitu:
  • melakukan pertanyaan dan berefleksi dengan menjawab pertanyaan pemantik.
  • mengisi isian kolom harapan dan ekspektasi

   2. Eksplorasi konsep.

Dibagian eksplorasi konsep ini, saya mempelajari secara mandiri maupun secara diskusi melalui LMS. Yaitu sebagai berikut:

  • 1.4.a.4 Eksplorasi Konsep Mandiri,, yaitu:
  • Membaca, Mencermati dan Menjawab pertanyaan reflektif  tentang:
  • 1. Disiplin Positif dan Nilai-Nilai Kebajikan Universal (Pembelajaran 2.1)
  • 2. Teori Motivasi, Hukuman dan Penghargaan, Restitusi (Pembelajaran 2.2)
  • 3. Keyakinan Kelas (Pembelajaran 2.3)
  • 4. Kebutuhan Dasar Manusia dan Dunia Berkualitas (Pembelajaran 2.4)
  • 5. Lima Posisi Kontrol (Pembelaharan2.5)
  • 6. Segitiga Restitusi (Pembelajaran 2.6)
  • Memberikan tanggapan terhadap jawaban rekan CGP.

3. Ruang kolaborasi.

Ruang kolaborasi dibagi menjadi dua bagian. Bagian pertama adalah diskusi dengan anggota kelompok dan yang kedua adalah bagian presentasi hasil diskusi kelompok. Ruang Kolaborasi dipandu dan difasilitasi oleh Ibu Mita Syahrianti selaku Fasilitator, serta di ikuti oleh Pengajar Praktik Ibu Ilah Armilah dan 10 Orang CGP hebat lainnya. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring memalui Google Meet. Diskusi kelompok di ruang kolaborasi pertama dilakukan pada hari Selasa, 21 Mei 2024, pada pukul 13.00 -- 15.15.

Pada kelas 10.47  yang terdiri dari 10 calon guru penggerak, dan dibagi menjadi 3 kelompok yang masing-masing 3 peserta dan satu kelompok terdiri dari 4 peserta. Saya berada pada kelompok 3 bersama tiga CGP hebat lainnya yaitu Ibu Yulia (SMKN 01 Kotabumi), Ibu Yuliza (SMK YP 96 Bukit Kemuning) dan Ibu  Ratna juwita (SDN 04 Tanjung Aman), masalah yang dibahas adalah 4 kasus masalah murid di sekolah. Kami menjawab pertanyaan-pertanyaan sehubungan dengan kasus yang terjadi yang dihubungkan dengan materi dalam budaya positif.

Dokumen Pribadi Tiara
Dokumen Pribadi Tiara

Selanjutnya, kegiatan presntasi hasil diskusi  1.4.a.5.1 Ruang Kolaborasi Sesi 2- Presentasi dan Diskusi yang akan dilaksanakan pada: Hari Rabu, 22 Mei 2024

Di sini masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusinya kemudian kelompok lain menanggapi dan memberikan masukan terhadap tugas kelompok lainnya. Setelah presentasi tugas kelompok semakin sempurna untuk diunggah ke LMS pada sesi unggah tugas ruang kolaborasi.

Dokumen Pribadi Tiara
Dokumen Pribadi Tiara
Berikut hasil tugas kelompok saya:


4. Demostrasi Kontekstual

Selanjutnya pada hari senin tanggal 27 Mei 2024 jadwal kegiatan Demonstrasi Kontekstual, yang saya lakukan disini, saya diminta mempraktikkan segitiga restitusi untuk masalah atau kasus yang dilakukan murid di sekolah. praktiknya saya diminta membuat skenario singkat dan memerankan kasus tersebut bersama siswa. 

Saat itu saya merestitusi siswa yang tidak memakai topi dan dasi pada saat upacara dan siswa yang tidak mengerjakan tugas (PR), kemudian saya menyelesaikan kasus itu dengan segitiga restitusi.

Berikut ini tugas Demontrasi yang tekah saya buat:


5. Elaborasi Pemahaman

Pada hari Rabu, 29 Mei 2024 pada pukul 13.00 -- 14.30 pelaksanaan kegiatan Elaborasi pemahaman bersama instruktur Bapak Agung Santoso di google meeting. Instruktur menjelaskan secara jelas materi budaya positif sehingga materi itu makin dipahami oleh CGP.

Dokumen Pribadi Tiara
Dokumen Pribadi Tiara

6. Koneksi antar materi

Pada kegiatan ini yaitu mengaitkan materi yang sudah dipelajari mulai dari modul 1.1, 1.2, 1.3 dan 1.4.

Saya membuat, sebuah kesimpulan mengenai peran saya dalam menciptakan budaya positif di sekolah dengan menerapkan konsep-konsep inti seperti disiplin positif, motivasi perilaku manusia (hukuman dan penghargaan), posisi kontrol restitusi, keyakinan sekolah/kelas, segitiga restitusi dan keterkaitannya dengan materi sebelumnya yaitu Filosofi Pendidikan Nasional Ki Hadjar Dewantara, Nilai dan Peran Guru Penggerak, serta Visi Guru Penggerak.

Saya membuat sebuah refleksi dari pemahaman saya atas keseluruhan materi Modul 1.4 Budaya Positif ini dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini:

  1. Sejauh mana pemahaman Anda tentang konsep-konsep inti yang telah Anda pelajari di modul ini, yaitu: disiplin positif, teori kontrol, teori motivasi, hukuman dan penghargaan, posisi kontrol guru, kebutuhan dasar manusia, keyakinan kelas, dan segitiga restitusi. Adakah hal-hal yang menarik untuk Anda dan di luar dugaan?
  2. Perubahan apa yang terjadi pada cara berpikir Anda dalam menciptakan budaya positif di kelas maupun sekolah Anda setelah mempelajari modul ini?
  3. Pengalaman seperti apakah yang pernah Anda alami terkait penerapan konsep-konsep inti dalam modul Budaya Positif baik di lingkup kelas maupun sekolah Anda?
  4. Bagaimanakah perasaan Anda ketika mengalami hal-hal tersebut?
  5. Menurut Anda, terkait pengalaman dalam penerapan konsep-konsep tersebut, hal apa sajakah yang sudah baik? Adakah yang perlu diperbaiki?
  6. Sebelum mempelajari modul ini, ketika berinteraksi dengan murid, berdasarkan 5 posisi kontrol, posisi manakah yang paling sering Anda pakai, dan bagaimana perasaan Anda saat itu? Setelah mempelajari modul ini, posisi apa yang Anda pakai, dan bagaimana perasaan Anda sekarang? Apa perbedaannya?
  7. Sebelum mempelajari modul ini, pernahkah Anda menerapkan segitiga
  8. restitusi ketika menghadapi permasalahan murid Anda? Jika iya, tahap mana yang Anda praktekkan dan bagaimana Anda mempraktekkannya?
  9. Selain konsep-konsep yang disampaikan dalam modul ini, adakah hal-hal lain yang menurut Anda penting untuk dipelajari dalam proses menciptakan budaya positif baik di lingkungan kelas maupun sekolah?

Adapun link koneksi materi adalah sebagai berikut:


7. Aksi nyata

 kegiatan aksi nyata yaitu:

(a) mengimplementasikan konsep-konsep inti dalam modul Budaya Positif di lingkungan kelas saya, sesuai yang dibuat di tahap Koneksi Antarmateri, dan

(b) membagikan pemahaman dan pengalaman dalam menerapkannya kepada rekan-rekan di sekolah saya.

Dua Hal yang akan saya bagikan, yaitu

  1. pemahaman saya terhadap konsep-konsep kunci dalam Modul Budaya Positif, yaitu perubahan paradigma belajar, disiplin positif, motivasi perilaku manusia, kebutuhan dasar, posisi kontrol restitusi, keyakinan kelas dan segitiga restitusi
  2. Pengalaman dan pembelajaran yang saya dapat setelah menerapkan konsep-konsep kunci tersebut, baik di kelas dan/atau rumah Anda.

Brikut Kegiatan aksi nyata yang telah saya buat:


Hal baik yang saya alami dalam pembelajaran modul 1.4, saya memahami materi tentang budaya positif dan saya langsung menerapkan segitiga restitusi dalam menangani kasus siswa. Hambatan yang saya temui masih sama seperti di jurnal sebelumnya, yaitu waktu yang belum mendukung, namun meski begitu saya berusaha untuk mengerjakan tugas-tugas dan mengumpulkannya tepat waktu.

2. Perasaan. (Feelings)

Selama pembelajaran berlangsung, saya merasa senang dan tertarik karena materinya sangat bagus dan dekat sekali dengan tugas saya sebagai seorang guru. dan dengan berdiskusi kelompok, saya juga semakin paham mengenai materi budaya positif.

Saya sangat bersyukur bisa mengikuti Pelatihan Guru Penggerak ini karena dengan demikian saya tahu tentang berbagai praktik baik, baik yang ada di modul 1.1, 1.2, 1.3, 1.4 budaya positif ini. Ilmu yang sangat berharga bagi saya untuk modal saya dalam mendidik murid di sekolah dan juga mendidik anak-anak saya di rumah dan dengan mengikuti pendidikan guru penggerak, saya banyak belajar dari Instruktur, Fasilitator, Pengajar Praktik, dan rekan Bapak Ibu calon Guru Penggerak yang hebat dengan berbagi pengalaman dan praktik baik.

3. Pembelajaran (Findings)

Pembelajaran yang dapat saya petik dari kegiatan pada modul 1.4 ini adalah saya mengetahui bahwa untuk menciptakan budaya positif di sekolah sangat dituntut kerja sama dan kekompakan serta keselarasan dari semua pihak di sekolah yakni Kepala sekolah, rekan sejawat, petugas sekolah, siswa, dan orang tua. Budaya Positif tidak bisa diciptakan oleh satu orang saja. Harus ada Kerjasama dari semua pihak di sekolah termasuk orang tua siswa dan masyarakat. Kerja sama yang baik dari semua unsur akan memudahkan terciptanya budaya positif dan juga terbentuknya Profil Pelajar Pancasila di kalangan murid. Penerapan posisi kontrol juga menjadi perhatian bagi saya, sedangkan dulu saya memposisikan diri pada posisi kontrol sebagai pemantau dan penghukum sekarang belajar berada di posisi control manager dan teman dalam penyelesaian permasalahan murid dengan menerapkan segitiga restitusi, yakni dengan melakukan 3 langkah:

a) Menstabilkan identitas/stabilize the identity; 

b) Validasi tindakan yang salah/validate the Misbeh. Dan 

c) Menanyakan keyakinan /Seek the Belief.

4. Penerapan. (Future)

saya akan menerapkan ilmu budaya positif ini di sekolah dan supaya lebih tercapainya keinginan saya ini, materi ini harus saya imbaskan kepada teman sejawat di sekolah karena untuk mewujudkan budaya positif ini tidak bisa dilakukan oleh satu orang saja. Pengimbasan ini sangat penting agar tercipta Kerjasama yang baik dengan seluruh warga sekolah yang tentunya lebih memudahkan saya sebagai calon guru penggerak dalam menerapkan budaya positif ini di sekolah. Semoga dalam penerapannya selalu diberi kemudahan oleh Allah SWT. Perubahan yang saya rasakan adalah saya merasa harus tergerak, bergerak dan menggerakkan orang-orang yang ada di sekitar saya untuk segera mengetahui materi yang saya dapatkan ini. Hal yang akan saya lakukan untuk melakukan perubahan yang positif dengan lebih memperhatikan kebutuhan peserta didik, menggunakan posisi kontrol sebagai manager dalam menangani kasus siswa, menerapkan segitiga restitusi dan selalu menganalisis secara reflektif dan kritis penerapan budaya positif di sekolah dengan berkolaborasi dengan warga sekolah dan berbagai pemangku kepentingan, meskipun hal tersebut memerlukan waktu yang tidak sebentar karena melakukan perubahan yang sudah menjadi kebiasaan tidaklah mudah namun kita harus bergerak menuju perubahan yang lebih baik.

Demikian jurnal refleksi dwi mingguan Modul 1.4 Budaya Positif.

Semoga bermanfaat.

Pergi kepasar membeli alpukat

Jangan lupa beli ketoprak

CGP hebat menebar manfaat

CGP hebat guru bergerak

Terimakasih.

Salam Guru Penggerak

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun