Assalamualaikum Wr.Wb,,,,
Salam Guru Penggerak!
Bergerak, Tergegak, Menggerakkan....
Saya Tiara Agusta Sari, saya merupakan Calon Guru Penggerak Angkatan 10 Lampung dari SD Negeri 07 Kota Alam, Desa Alam Jaya Kecamatan Kotabumi Selatan Kabupaten Lampung Utara, saya menulis untuk berbagi pengalaman melalui jurnal dwi mingguan ke 3 ini. Jurnal refleksi dwi mingguan ini dibuat setiap dua minggu dan digunakan sebagai sarana refleksi Calon Guru Penggerak selama mempelajari sebuah modul. Dalam pemaparan jurnal 1.3 kali ini, saya akan membagikan pengalaman saya selama proses mempelajari modul 1.3 tentang Visi Guru Penggerak.
Pada kesempatan yang baik ini, saya akan berbagi pengalaman selama proses mempelajari Modul 1.3 yaitu tentang Visi Guru Penggerak. Tulisan/jurnal pengalaman ini merupakan refleksi diri setelah saya mengikuti kegiatan pendidikan (upgrading skill) yang ditulis secara rutin setiap dua mingguan.
Dalam menulis jurnal refleksi ini saya menggunakan model 1 yang diprakarsai oleh Dr. Roger Greenaway yaitu model 4F (Facts, Feelings, Findings, Future) dapat diterjemahkan menjadi 4P (Peristiwa, Perasaan, Pembelajaran, dan Penerapan).
Berikut jurnal refleksi dwimingguan modul 1.2. Nilai dan Peran Guru Penggerak.
Fact (Peristiwa)
Setelah mempelajari modul 1.2 tentang Nilai dan Peran Guru Penggerak kemudian pada hari Senin, 29 April 2024 saya mulai mempelajari modul 1.3 tentang Visi Guru Penggerak. Dari modul 1.3 saya belajar aya mempelajari modul 1.2. dengan alur MERDEKA, yakni:
Mulai dari diri yaitu merumuskan visi pribadi mengenai murid dan sekolah yang menumbuhkembangkan Profil Pelajar Pancasila. Dari mulai dari diri ini calon guru penggerak diminta untuk memaparkan refleksi mandiri 1 yaitu membuat "gambar" yang bertemakan "Imajiku tentang murid di masa depan". Dengan membuat satu gambar mengenai murid yang di dambakan 5-10 tahun mendatang, refleksi mandiri 2 yaitu melengkapi kalimat rumpang yang diantaranya dapat menggambarkan visi tentang murid dan sekolah yang di idam-idamkan, refleksi mandiri 3 yaitu menyusun rumusan VISI dalam kalimat-kalimat yang menggunakan kata bermakna kuat, spesifik, berorientasi masa depan, menekankan potensi yang ada sehingga khas menggambarkan murid dan sekolah dalam konteks yang sesuai dengan kenyataan masing-masing.
2. Eksplorasi konsep.Â
Dibagian eksplorasi konsep ini, saya mempelajari secara mandiri maupun secara diskusi melalui LMS. Di eksplorasi konsep ini setidaknya ada 9 poin yang dibahas yaitu poin pertama dibuka dengan sebuah puisi karya Ir. Soekarno "Aku Melihat Indonesia" serta narasi visi mengenai murid dan lingkungan belajar di masa depan yang diimpikan, membahas lanjutan mengenai visi, bagaimana mewujudkannya dengan sebuah pendekatan Inkuiri Apresiatif. Inkuiri Apresiatif (IA) adalah suatu filosofi, suatu landasan berpikir yang berfokus pada upaya kolaboratif untuk menemukan hal positif dalam diri seseorang, dalam suatu organisasi dan dunia di sekitarnya baik di masa lalu, masa kini maupun masa depan (Cooperrider & Whitney, 2005), selanjutnya tentang :Â
A. memimpin perubahan positif diantaranya berpikir strategis dan inkuiri apresiatif sebagai paradigma,Â
B. Mengelola perubahan positif diantaranya inkuiri apresiatif sebagai pendekatan manajemen perubahan (BAGJA), proses inkuiri dalam BAGJA dan ATM (amati, tiru, modifikasi) dan kemudian dilanjutkan dengan melakukan refleksi mandiri.
3. Ruang kolaborasi.Â
Ruang kolaborasi dibagi menjadi dua bagian. Bagian pertama adalah diskusi dengan anggota kelompok dan yang kedua adalah bagian presentasi hasil diskusi kelompok. Ruang Kolaborasi dipandu dan difasilitasi oleh Ibu Mita Syahrianti selaku Fasilitator. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring memalui Google Meet. Diskusi kelompok di ruang kolaborasi pertama dilakukan pada hari Selasa, 30 April 2024 pukul 14.00 - 16.15 WIB.Â
Sementara itu, presentasi hasil diskusi dilaksanakan pada hari Kamis, 02 Mei 2024 pukul 19.30- 21.45 WIB.
berikut hasi tugas kelompok saya:
4. Demonstrasi Kontekstual.Â
Pada kegiatan ini, saya mendapatkan tantangan untuk menjalankan model manajemen perubahan Inkuiri Apresiatif BAGJA secara nyata. Sebagai latihan, saya diminta untuk menjalankan tahapan BAGJA untuk menghasilkan sebuah rekomendasi perubahan. Adapun link demonstrasi konteksual sebagai berikut :Â
5. Elaborasi Pemahaman.Â
Saya melakukan elaborasi pemahaman dengan instruktur melalui Goole Meet pada hari Selasa, 07 Mei 2024 sesi 2 pukul 15.30 - 17.00 WIB. Instruktur yang memandu kegiatan elaborasi adalah Bapak Pangarso Yuliatmoko, S.Pd.
6. Koneksi Antar Materi.Â
Pada kegiatan ini yaitu mengaitkan materi yang sudah dipelajari mulai dari modul 1.1, 1.2 dan 1.3. Tugas di bagian ini diminta untuk merefleksikan dan mengaitkan pemahaman antar modul dengan 2 pertanyaan pemantik yaitu "Apa yang Bapak/Ibu pahami mengenai kaitan peran pendidik dalam mewujudkan filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan Profil Pelajar Pancasila pada murid-muridnya dengan paradigma inkuiri apresiatif (IA) di sekolah Bapak/Ibu? dan Revisi dan rumuskan dengan penuh keyakinan, visi yang telah Bapak/Ibu buat berdasarkan jawaban pertanyaan diatas, ke dalam sebuah VISI yang membuat Bapak/Ibu bersemangat ketika membacanya, dan menggerakkan hati setiap orang yang membacanya!". Adapun link koneksi materi adalah sebagai berikut :Â
7. Aksi NyataÂ
dalam modul 1.3 ini yaitu saya berusaha untuk mengimplementasikan rencana manajemen perubahan yang telah saya buat. Adapun link aksi nyata adalah sebagai berikut :Â
2. Feeling (Perasaan)
Setelah mempelajari modul 1.3 tentang visi guru penggerak dan mengikuti serangkaian kegiatan baik belajar secara mandiri maupun diskusi secara virtual, saya merasa senang dan semakin termotivasi dalam menjalankan pendidikan guru penggerak. Selain itu saya juga bersemangat dalam menerapkan visi saya sebagai guru penggerak. Saya berupaya menjalankan rencana perubahan yang sudah direncanakan. Semangat dan motivasi ini akan membuat budaya positif dalam menjalankan prakarsa perubahan sehingga visi saya akan terwujud. Sebagai bentuk penerapan dari modul 1.3 saya menuangkannya dalam kegiatan aksi nyata di kelas dan di sekolah.
3. Findings (Pembelajaran)
Setelah mempelajari modul 1. 3 ini saya dapat mengetahui bahwa dalam memimpin perubahan positif harus berpikir strategi, terencana, dan memahami inquiri apresiatif (IA) sebagai paradigma. Tahapan BAGJA merupakan gubahan tahapan Inkuiri Apresiatif sebagai pendekatan manajemen perubahan yang pertama kali diperkenalkan oleh Cooperrider ke dalam langkah 4D Discover-Dream-Design-Deliver (Cooperrider & Whitney, 2005) yang kemudian dalam praktik-praktik selanjutnya tahapan Discover dipecah menjadi Define dan Discover (Cooperrider et.al, 2008). Akronim dari BAGJA sendiri adalah Buat pertanyaan utama, Ambil pelajaran, Gali mimpi, Jabarkan rencana dan Atur eksekusi. Dalam menyusun tahapan BAGJA dapat melalui tindakan seperti ATM (amati, tiru, dan modifikasi).
4. Future (Penerapan)
Setelah mempelajari dan memahami visi guru penggerak di modul 1.3. ini, saya akan berusaha menerapkan dan mewujudkan visi saya yaitu " " Terwujudnya Generasi yang Cerdas, Berahlak, dan Berkarakter Profil Pelajar Pancasila" dan saya akan menerapkan prakarsa perubahan yang telah saya rumuskan yaitu  Berfokus pada Visi aspek " Berkarakter" dan Profil Pelajar Pancasila dimensi "Mandiri" yiatu  "BERUPAYA UNTUK MEWUJUDKAN KEPEMIMPINAN MURID MELALUI PENINGKATAN RASA PERCAYA DIRI (SUB ELEMEN DIMENSI MANDIRI PROFIL PANCASILA)".Â
Prakarsa perubahan ini sudah saya rencanakan sesuai dengan alur tahapan BAGJA dengan membuat pertanyaan-pertanyaan dari alur tahapan BAGJA tersebut. Saya juga akan melakukan pembelajaran yang berpihak pada murid dan melakukan pembelajaran yang nyaman dan menyenangkan .Â
Saya juga akan terus berinovasi dalam mengembangkan ide dalam pembelajaran. Oleh karena itu saya harus melakuakn kolaborasi dengan rekan sejawat dan pihak sekolah untuk mewujudkan visi dan prakarsa perubahan saya sebagai guru penggerak. Saya juga melaksanakan refleksi pembelajaran bersama siswa, dan teman sejawat.
Demikian jurnal refleksi dwi mingguan Modul 1.3 saya tentang Visi Guru Penggerak.
Semoga bermanfaat.
Terimakasih.
Salam Guru Penggerak.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H