Mohon tunggu...
TIARA NINGTIAS
TIARA NINGTIAS Mohon Tunggu... Human Resources - Redaktur Muda

Sanguin-Melankolis yang tertarik pada seni musik tari dan seni dalam menulis.

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Memberikan yang Terbaik Saat Bekerja

8 Juni 2023   17:28 Diperbarui: 8 Juni 2023   17:31 679
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Worklife. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Siapa diantara kita yang tidak ingin mendapatkan hasil terbaik?

Maukah kita bekerja sudah maksimal, namun dibayar dengan tidak maksimal?

Tentu jawabannya Tidak Ada.

Namun fenomena yang sering terjadi saat ini adalah banyak yang bekerja tidak maksimal tapi maunya di bayar maksimal.
Mungkin masih banyak diantara kita yang takut, cemas dan ragu-ragu untuk lebih loyal dan total dalam bekerja. Salah satunya takut jika imbalan dari kinerja yang sudah dilakukan tidak sesuai harapan.

Berikan yang terbaik sebagaimana kamu ingin diberi yang baik. Orang-orang besar sepanjang sejarah adalah mereka yang lebih banyak bekerja daripada berbicara.
Karya terbaik hanya akan dihasilkan dengan usaha maksimal, kesungguhan, fokus konsentrasi tinggi, ketelitian dan ketawakkalan kepada Allah.

Ada beberapa hal yang mewakili rasa tanggungjawab, dan dapat kita lakukan untuk memberikan yang terbaik saat bekerja, yaitu:

  1. Inisiatif

Mau dan mampu mengambil pekerjaan diluar jobdesk ketika tidak ada yang mengerjakannya. Membantu pekerjaan orang lain yang membutuhkan bantuan, tentu ketika jobdesk utama kita sudah selesai juga bagian dari inisiatif.

  1. Tepat waktu

Tepat waktu disini bukan hanya hadir di kantor tepat waktu, tapi juga menyelesaikan tugas secara tepat waktu. Ketika kita menyelesaikan setiap tugas tepat waktu hal itu menunjukan kita dapat memenuhi tanggung jawab pekerjaan kita dan membagi waktu untuk mengerjakan setiap pekerjaan yang ada.

  1. Totalitas

Bekerja secara totalitas artinya adalah selalu berusaha maksimal untuk mengerjakan sesuatu sebaik mungkin. Pola pikirnya adalah proses dan hasil yang dikerjakan harus dilakukan secara sempurna dan bukan hanya sekedar tugas selesai.

  1. Konsisten dan profesional

Dengan sikap konsisten, pimpinan akan lebih dapat mempercayai kita untuk mengerjakan tugas tertentu. Konsistensi dapat dibentuk dengan tidak mencampurkan urusan pribadi dengan pekerjaan sehingga setiap tugas yang dikerjakan tidak akan terpengaruh dengan kondisi atau masalah pribadi.

            "Jika kita selalu memberikan yang terbaik di setiap tahapan hidup, maka hidup akan memberikan yang terbaik untuk kita. Bekerja dan berkaryalah sebaik mungkin, setulus mungkin tanpa ada setitik pun arogansi. Lalu biarkan Allah dan para hambaNya menilai semua hal yang paling nyata darimu."

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun