Mohon tunggu...
Tia Nurwahyuni
Tia Nurwahyuni Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Palangka Raya

Mahasiswa Universitas Palangka Raya

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Untuk Meningkatkan Perekonomian Kota Palangka Raya

16 Oktober 2023   13:34 Diperbarui: 16 Oktober 2023   13:52 162
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Kota Palangka Raya ibu kota provinsi dari kalimantan tengah merupakan kota yang sangat banyak akan potensi baik dari sektor alam maupun budaya yang sangat luar biasa, ditengah itu semua masyarakat kota Palangka Raya memiliki potensi yang sangat amat bagus dalam meningkatkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang berpotensi untuk menjadi kunci dalam meningkatkan perokonomian di kota Palangka Raya.

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan istilah yang digunakan untuk sektor bisnis dari usaha-usaha yang memiliki skala yang kecil sampai menengah. UMKM mencakup berbagai macam jenis bisnis contohnya seperti tani sayur, toko online, usaha kuliner kecil , warung makan, toko kelontong, perusahaan kerajinan tangan , bengkel motor,  dan lain-lain.

Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) mempunyai peran yang cukup penting dalam perekonomian lokal, tidak hanya  di kota Palangkaraya tetapi juga di seluruh Indonesia. UMKM Memberikan dampak yang sangat signifikan pada hal pemerataan pendapatan , menciptakan lapangan pekerjaan dan juga mendukung pertumbuhan ekonomi . Dalam opini kali ini, kita akan membahas beberapa strategi yang dapat dilakukan sebagai upaya untuk mengembangan UMKM  di kota Palangka Raya yang dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat Kota Palangka Raya.

Memberikan Pelatihan dan Pendampingan

Strategi utama yang dapat dilakukan untuk upaya meningkatkan kualitas UMKM di kota Palangka raya adalah dengan memberikan pelatihan dan pendampingan kepada para pelaku usaha kecil dan menengah, didalam pelatihan para pelaku UMKM tentu akan banyak mempelajari hal-hal yang tentunya akan meningkatkan kualitas dari UMKM seperti mempelajari tentang bagaimana cara melakukan pemasaran, cara memperomosikan produk yang baik atau memahami tentang strategi marketing yang baik agar tidak kalah dengan para pesaing, mempelajari tentang keterampilan dalam manajemen dan cara yang perlu dilakukan untuk mengelola keuangan agar usaha mereka dapat berjalan dengan baik.

Penggunaan Teknologi

Di zaman sekarang teknologi adalah hal yang sangat penting ,sekarang orang-orang lebih memilih untuk berbelanja menggunakan teknologi atau e-commerce karena dianggap lebih mudah dan praktis, oleh karena itu para pelaku UMKM juga harus memanfaatkan keadaan atau kemajuan zaman dengan memasarkan atau menjual produk yang mereka jual di media ,teknologi dapat membantu untuk meningkatkan keefisienan dan akses ke pasar yang lebih luas yang tentunya akan menjangkau pelanggan yang lebih jauh . Mendorong para pelaku UMKM untuk menggunakan teknologi digital untuk memasarkan produknya seperti menggunakan situs web dan e-commerce. Dengan menggunakan teknologi yang tepat para pelaku UMKM tentunya akan dapat bersaing dengan lebih efektif .

Pengembangan Produk dan Inovasi

Pengembangan produk dan ivovasi adalah dua elemen yang menjadi kunci yang akan mendukung pertumbuhan dan pengembangan UMKM di dalam lingkungan bisnis yang semakin kompetitif para pelau UMKM perlu melalukan inovasi untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan para pelanggan . Pengembangan dan inovasi juga merupakan cara agar produk UMKM tidak ketinggalan zaman , UMKM harus menyesuaikan dengan tren yang sedang berkembang di masyarakat dan memberikan hal-hal yang menarik pada produk yang akan menjadi suatu ciri khas pada produk hal ini tentunya dapat membantu meningkatkan kemampuan untuk bersaing dipasaran dan   menciptakan pertumbuhan jangka panjang bagi UMKM.

Kerjasama dengan Sektor Pariwisata

Kota Palangka Raya merupakan kota yang sangat banyak akan potensi pariwisata dengan segala keindahan alamnya dan budaya dayak yang sangat menarik. Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang berhubungan dengan produksi makanan olahan khas Palangka Raya, produksi kerajinan tangan seperti anyaman tas, topi, dan keranjang yang dianyam dari bahan-bahan alami seperti rotan pandan dan bambu ini dapat berkolaborasi dengan sektor pariwisata dalam promosi produk lokal atau dapat melakukan pameran budaya yang dapat menghasilkan pertumbuhan ekonomi yang signifikan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun