Mohon tunggu...
JPIC Kapusin Medan
JPIC Kapusin Medan Mohon Tunggu... Lainnya - Capuchin Brother

Fransiskan Kapusin

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Bahagianya Tanpa Rokok di Masa Pandemi Ini!

19 Februari 2021   16:17 Diperbarui: 19 Februari 2021   16:20 371
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar diambil dari https://www.liputan6.com/bisnis/read/3042901/berapa-uang-yang-bisa-dihemat-dari-berhenti-merokok

Pertama, tulisan ini tidak bermaksud menyindir atau bersifat sentimen atau hendak menembak siapa pun. 

Kedua, tulisan ini bukan bermaksud menggurui, tetapi hendak mengungkapkan aspirasi sekaligus ajakan kepada para sobat perokok yang baik untuk mulai absen dari rokok, meski saya tahu itu berat, ngak kuat.

Saya bukan seorang perokok, tetapi tidak anti terhadap rokok. Juga tidak sentimen terhadap perokok. Kadang, kalau dalam kebersamaan, asap rokok yang tidak saya sukai terpaksa harus masuk ke paru-paru. Walau sebenarnya teman-teman minta supaya saya pindah posisi, saya tetap menahan diri. Saya ingin menghargai kebersamaan itu. Barangkali alasan kedua adalah saya sudah terlatih untuk menjadi perokok pasif, walaupun kata dokter itu jauh lebih berbahaya. Tapi, menurut saya toh hanya sekali dalam sekian waktu, bukan rutin. 

Walaupun sudah terbiasa dengan asap rokok, sampai sekarang tidak ada niat menjadi perokok apalagi pengedar rokok.

Kumpulan Perokok yang Melanggar Prokes

Ketika melintasi jalan menuju kantor, saya melihat sekelompok bapak yang bersatu padu di warung dan dengan santainya menghisap asap rokok yang masuk ke paru-paru. Bagiku, sejauh ini tidak ada masalah. Saya mengerti bahwa rokok sudah menjadi sahabat setia yang selalu ada menemani mereka dimana dan kapan pun. Rokok akan selalu ada di kantong, daripada isteri di rumah. 

Yang menjadi masalah adalah perkumpulan itu tampaknya dan seyogianya tidak sehat dan tidak baik. Ini masa pandemi Covid lho. Perkumpulan demikian adalah kurang bijaksana dan kurang baik menurut aturan prokes. Apalagi, kelompok yang nongkrong itu tidak pakai masker dan tak ada jarak satu dengan yang lain. 

Satu dengan yang lain asyik ngobrol dan adu argumen tanpa merasa bahwa bibit Covid yang tak kelihatan itu siap-siap menyerang tanpa diketahui dari mana datangnya. Dalam pikiran, saya berkata, "Apalah tidak foya-foya Covid kalau gini situasinya, yah?"

Kumpulan yang saya lihat dan jumpai bukan hanya seperti yang saya utarakan di atas. Masih ada beberapa tempat lagi yang sama parahnya. Hanya, cukuplah satu sampel menggambarkan maksud hati.

Merokok pada dasarnya merupakan tindakan yang tidak sehat

Para sobat, janganlah mempersalahkan atau ber-apriori negatif terhadap saya dan tulisan ini. Saya hanya mau meneruskan apa yang dikatakan para ahli kesehatan bahwa merokok itu tidak baik. Hal ini bisa dilihat dari sisi ekonomis, ekologis, dan kesehatannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun