Mohon tunggu...
Tiana Lusiani
Tiana Lusiani Mohon Tunggu... Mahasiswa - MAHASISWA

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Karakteristik Perkembangan Anak

15 Juli 2024   13:27 Diperbarui: 15 Juli 2024   16:25 62
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

A. KARAKTERISTIK PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI

Perkembangan merupakan suatu proses yang tidak akan luput dari kehidupan. Perkembangan juga melalui beberapa tahapan seperti dalam kandungan bahkan menjadi dewasa. Adapun karakteristik perkembangan anak usia dini dapat dilihat sebagai berikut:

1. Perkembangan jasmani (Fisik Dan Motorik) Perkembangan fisik motorik mengikuti pola perkembangan yang sama, yaitu hukum cephalocaudal dan hukum proximodistal. Oleh karena itu, perkembangan fisik dan motorik anak dapat diramalkan, apakah normal ataukah mengalami hambatan.  Perkembangan motorik juga tergantung pada kematangan otot dan saraf.

2. Perkembangan kognitif

Kemampuan kognitif yang memungkinkan pembentukan pengertian, berkembang dalam empat tahap, yaitu tahap sensori motor (0-24 bulan), tahap pra oprasional (24 bulan -7 tahun), tahap oprasional konkret (7 tahun-11 tahun), dan tahap oprasional formal (dimulai usia 11 tahun). Tahap-tahap ini merupakan pola perkembangan kognitif yang berkesinambungan, yang akan dilalui oleh semua orang.

3. Perkembangan berbicara.

Bicara merupakan keterampilan mental motoric, yang mampu mangaitkan arti dengan bunyi yang jelas seperti artikulasi.

4. Perkembangan emosi

Setiap orang mengikuti pola perkembangan emosi yang sama, sekalipun dalam variasi yang berbeda. Variasi tersebut meliputi segi frekuensi, intensitas, dan jangka waktu dari berbagai macam emosi, serta usia pemunculannya yang disebabkan oleh beberapa kondisi yang mempengaruhi perkembangan emosi.

5. Perkembangan sosial

Perkembangan emosi mengikuti suatu pola, yaitu suatu urutan prilaku sosial. Pola ini sama pada semua anak di dalam suatu kelompok budaya. Maka, ada pola sikap anak tentang minat terhadap aktivitas sosial dan pilihan tertentu.

B. KARAKTERISTIK PERKEMBANGAN ANAK USIA 0-6 TAHUN

Secara umum anak usia dini dikelompokkan dalam usia (0-1 tahun), (2-3 tahun), (4-6 tahun); dengan karakteristik masing-masing sebagai berikut:

1. Usia 0-1 tahun

Usia ini merupakan masa bayi. Berbagai karakteristik anak usia bayi dapat ijelaskan sebagai berikut:

- Mempelajari keterampilan motorik

- Mempelajari keterampilan menggunakan panca indra

- Mempelajari komunikasi sosial.

2.  Usia 2-3 tahun

Pada usia ini terdapat beberapa kesamaan karakteristik dengan masa sebelumnya. Beberapa karakteristik khusus untuk anak usia 2-3 tahun adalah sebagai berikut:

- Sangat aktif mengeksplorasi benda-benda yang ada di sekitarnya.

- Mulai mengembangkan kemampuan berbahasa.

- Mulai belajar mengembangkan emosi.

3. Usia 4-6 tahun

Usia 4-6 tahun memiliki karakteristik sebagai berikut:

 - Berkaitan dengan perkembangan fisik, anak sangat aktif melakukan berbagai kegiatan.

- Perkembangan bahasa juga semakin baik. Contohnya seperti meniru, mengulang pembicaraan.

- Perkembangan kognitif (daya pikir) sangat pesat, ditunjukkan dengan rasa ingin tahu anak yang luar biasa terhadap lingkungan sekitar.

C. KARAKTERISTIK PERKEMBANGAN ANAK USIA 6-7 TAHUN

Pada fase ini anak mulai dikenalkan dengan sekolah secara formal. Yang dimana mereka akan mulai beradaptasi dengan segala aspek lingkungan sosialnya. Maksud disini akan tertuju pada jenjang sekolah dasar (SD) dimana anak akan menunjukkan karakter sebagai siswa.

Pada jenjang pendidikan SD dapat diperinci menjadi dua fase, yaitu:

a. Masa kelas rendah SD, kira-kira umur 6 tahun atau 7 tahun

1) Karakteristik umum

(a) Waktu reaksinya lambat

(b) Koordinasi otot tidak sempurna

(c) Suka berkelahi , dll.

2) Karakteristik kecerdasan

(a) Kurangnya kemampuan pemusatan perhatian

(b) Kemauan berpikir sangat terbatas

(c) Kegemaran untuk mengulangi macam-macam kegiatan, dll.

3) Karakteristik sosial

(a) Hasrat besar terhadap hal-hal yang bersifat drama

(b) Berkhayal dan suka meniru

(c) Gemar akan keadaan alam, dll.

b. Masa kelas tinggi SD, kira-kira umur 9 tahun atau 10 tahun - umur 12 tahun atau 13 tahun.

1) Karakteristik umum

a) Waktu reaksinya cepat

b) Koordinasi otot sempurna

c) Gemar bergerak dan bermain, dll.

2) Karakteristik kecerdasan

a) Mempunyai kemampuan pemusatan perhatian

b) Kemampuan berpikir lebih banyak , dll.

3) Karakteristik sosial

a) Tidak suka pada hal-hal yang bersifat drama

b) Gemar pada lingkungan sosial

c) Senang pada cerita-cerita lingkungan sosial, dll.

referensi: https://www.journal.an-nur.ac.id/index.php/annur/article/view/130

Dosen            : Elnawati. M, Pd

Mahasiswa : Tiana Lusiani
                           Rizkia Wahyu Ananda
                           Salma Lailatul Qodar
                          Teguh Suharyadi
                          Putri Wahyuni

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun