Sejak istri menjalankan usaha penjualan produk herbal tahun 2010, jasa layanan JNE telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan keluarga kami. Bahkan bisa dibilang pada masa itu, hampir setiap hari mengirimkan paket ke berbagai daerah. Mulai dari daerah Aceh hingga Papua.
Jujur, awal menggunakan jasa layanan JNE tersebut memang karena kantornya tidak jauh dari rumah tempat kami tinggal. Tetapi lambat laun, kepercayaan kami pun tumbuh terhadap JNE. Pasalnya, paket yang kami kirimkan selalu tiba di tangan pelanggan dengan tepat waktu, bahkan terkadang lebih cepat dari dugaan kami.
Selain itu, kami juga merasa puas karena paket yang kami kirimkan tersebut diterima oleh pelanggan dengan kondisi yang baik. Serta mudahnya memantau posisi paket yang sedang dikirimkan berkat teknologi yang dimiliki oleh JNE.
Pengalaman kami sesungguhnya hanyalah segelintir dari banyaknya pengalaman orang lain tentang penggunaan jasa logistik yang sudah berdiri sejak 1990 ini.
Dengan komitmen JNE sebagai perusahaan ekspres dan logistik nasional, ternyata telah membawa dampak yang besar bagi bangsa dan masyarakat.
Selama kehadirannya 33 tahun, JNE telah mampu berkontribusi nyata terhadap kemajuan perekonomian bangsa, hal itu diwujudkan dalam berbagai langkah bisnis yang dapat menjadi peluang bagi masyarakat.Â
Pengembangan bisnis terus dilakukan dengan meningkatkan berbagai sektor penting agar JNE memiliki kualitas pelayanan terbaik, sehingga dapat selalu bermanfaat bagi seluruh stakeholder, pelanggan, maupun para mitra.
Bahkan kalau membandingkan JNE di awal dan sekarang, tentu telah banyak mengalami kemajuan. Sekarang JNE juga telah memperluas bidang usahanya hingga jasa pengiriman makanan khas daerah (PESONA), jasa kepabeanan, penjemputan di bandara, dan pengiriman uang/money remittance.
Nah, kalau mau melihat perkembangannya, dari waktu ke waktu, ternyata ada saja inovasi yang selalu dilakukan oleh JNE. Misalnya, akhir tahun 2012, JNE memisahkan divisi Logistik, menjadi unit usaha tersendiri dan terpisah dari unit kurir ekspres.Â
Tahun 2013, JNE siap berekspansi di bidang logistik, dengan berfokus pada layanan yang mencakup pergudangan, cargo, pengiriman jalur darat, sea freight, dan air freight.Â
Kemudian tahun 2014, JNE mempersiapkan JNE E-Commerce dan melakukan optimalisasi Mobile Applications, serta membangun 250 kantor operasional juga memperluas jaringan hingga lebih dari 7000 outlet di seluruh Indonesia untuk bersaing dalam Asia Free Trade Area yang berjalan sejak tahun 2015.
Bahkan hingga tahun ini (2023) masih banyak perubahan dan inovasi yang telah terjadi di tubuh JNE tersebut.
Tentunya, yang telah dilakukan JNE selama ini pastinya sesuai dengan tujuan awal kehadirannya. Seperti yang disampaikan oleh Kurnia Nugraha selaku Head of Media Relation JNE bahwa tujuan utama didirikannya JNE tersebut agar membawa manfaat bagi banyak orang, baik internal mau pun eksternal perusahaan sesuai dengan tagline kami yaitu, ConnectingHappiness.
Ternyata apa yang telah dilakukan oleh JNE selama ini ternyata menghasilkan buah manis. Beberapa waktu lalu, JNE kembali dianugerahi penghargaan bergengsi, yaitu Gold Champion Indonesia WOW Brand 2023.
Adapun kategori yang telah diraih oleh JNE tersebut yakni kategori Courier Service. Tentu bukan suatu yang mudah untuk mendapatkan penghargaan yang demikian, tentu didasarkan pada kepercayaan masyarakat.
Untuk mendapatkan penghargaan yang diselenggarakan oleh Markplus Inc tersebut, MarkPlus Insight sebagai salah satu divisinya telah melakukan survey Indonesia WOW Brand 2023 terhadap 6.584 responden di beberapa kota besar di Indonesia.Â
Sementara kalau bicara tentang acuan survey ini, ternyata tidak perlu diragukan karena mengacu pada konsep WOW Marketing yang mengadopsi konsep pemasaran Prof. Philip Kotler, Father of Modern Marketing. Berdasarkan hasil survey tersebut, maka terpilih brand-brand terbaik Indonesia dan mendapatkan predikat sebagai Indonesia WOW BRAND 2023.Â
Harus diakui, bahwa pada era konektivitas seperti sekarang, perilaku pelanggan telah bergeser dari proses pengambilan keputusan yang dipengaruhi diri sendiri ke proses pengambilan keputusan yang dipengaruhi secara sosial.Â
Nah, dengan keberhasilan JNE tersebut menjadi juara, tentu karena menerapkan WOW Marketing berdasarkan skor Rasio advokasi merek dan tingkat awareness tertinggi dari merek - merek lain di Industri sejenis.Â
Sebagai informasi, bahwa penghargaan ini diterima oleh Kurnia Nugraha, selaku Head of Media Relation JNE Express di Hotel The Westin, Jakarta (11/5) secara langsung dari Jacky Mussry sebagai Chief Executive Officer MarkPlus, Inc. Â
Pada saat yang sama, untuk ke-delapan kalinya MarkPlus, Inc telah mengadakan conference pemasaran terbesar bagi para brand enthusiast, yang merupakan pestanya orang Brand di Indonesia yang bertema : Branding for the Game Charger, dalam acara WOWBrandFestiveDay2023.
Kegiatan tersebut merupakan sebuah festival pemasaran terbesar bagi para brand enthusiast di Indonesia yang dihadiri sekitar 400 brand enthusiast dari lebih 300 Brand terbaik Indonesia dan diisi oleh pembicara brand expert yang memaparkan konsep Brand terkini.
Sementara pada kesempatan tersebut JNE juga memberikan pemaparan mengenai "Boost Affinity by Brand Collaboration" yang selama ini dilakukan oleh JNE dalam mendukung strategi kolaborasi yang dilakukan oleh JNE, dengan dibawakan oleh Kurnia Nugraha.Â
Akhir kata, harapan ke depan, melalui penghargaan yang baru diterima JNE ini menjadi sarana agar JNE tetap memberikan layanan terbaik dan terus berinovasi demi masyarakat dan bangsa.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H