"Maaf ya Pak, nanti pengirimannya agak telat dua hari, soalnya besok dan lusa ada tanggal merahnya". Kata seorang petugas jasa pengiriman.
"Kalau begitu kebijakan perusahaan, mau gimana lagi Mbak?". Jawabku.
Tapi dalam hati, berharap juga sih pengirimannya bisa lebih cepat, agar barang di tangan pelanggan tiba tepat waktu. Soalnya ini adalah masalah kepercayaan. Bisa-bisa kalau telat, pelanggan tidak lagi memesan barang ke saya. Begitulah pikiranku.
Pernahkah rekan pembaca mengalami hal yang sama? Atau pernah berpikir seandainya ada jasa pengiriman yang tidak libur di tanggal merah. Saya pun pernah berpikir demikian. Maklum saja, saya termasuk orang yang sering menggunakan jasa pengiriman untuk mengirim produk kesehatan ke berbagai daerah.
Untungnya rasa penasaran itu terjawab beberapa waktu lalu, yakni ketika saya hadir di acara Kompasianival 2019 (23/11). Saya baru tahu loh, ternyata ada juga jasa pengiriman yang beroperasi selama 365 hari dalam setahun. Artinya jasa pengiriman tersebut tentu tidak mengenal tanggal merah atau hari libur.
Kira-kira mau tahu perusahaannya?
Walau perusahaan ini masih terbilang baru, yakni berumur sekitar 4 tahunan, ternyata telah memiliki pencapaian yang spektakuler loh.Â
Mau tahu apa saja pencapaian J&T Express?
Pertama. J&T Express telah berhasil mengimplementasikan "shorting" otomatis, mesin "shorting" otomatis. Dengan keberadaan mesin shorting otomatis ini, ternyata mampu menyorting 30.000 paket dalam satu jam. Jadi cukup banyak memotong waktu (efisiensi waktu).
Kedua. J&T Express telah berhasil mendapatkan berbagai penghargaan dari berbagai pihak seperti TOP Brand 2018, TOP Business Opportunity 2018, Service Quality (SQ) Award 2018, Marketing Award 2018, TOP Brand 2019.
Ketiga. J&T Express telah berhasil mengekspansi perusahaannya ke berbagai negara yang ada di Asia Tenggara, seperti Malaysia, Vietnam, Thailand, Filipina, Singapura dan Kamboja.