"Maaf ya Pak, nanti pengirimannya agak telat dua hari, soalnya besok dan lusa ada tanggal merahnya". Kata seorang petugas jasa pengiriman.
"Kalau begitu kebijakan perusahaan, mau gimana lagi Mbak?". Jawabku.
Tapi dalam hati, berharap juga sih pengirimannya bisa lebih cepat, agar barang di tangan pelanggan tiba tepat waktu. Soalnya ini adalah masalah kepercayaan. Bisa-bisa kalau telat, pelanggan tidak lagi memesan barang ke saya. Begitulah pikiranku.
Pernahkah rekan pembaca mengalami hal yang sama? Atau pernah berpikir seandainya ada jasa pengiriman yang tidak libur di tanggal merah. Saya pun pernah berpikir demikian. Maklum saja, saya termasuk orang yang sering menggunakan jasa pengiriman untuk mengirim produk kesehatan ke berbagai daerah.
Untungnya rasa penasaran itu terjawab beberapa waktu lalu, yakni ketika saya hadir di acara Kompasianival 2019 (23/11). Saya baru tahu loh, ternyata ada juga jasa pengiriman yang beroperasi selama 365 hari dalam setahun. Artinya jasa pengiriman tersebut tentu tidak mengenal tanggal merah atau hari libur.
Kira-kira mau tahu perusahaannya?
Walau perusahaan ini masih terbilang baru, yakni berumur sekitar 4 tahunan, ternyata telah memiliki pencapaian yang spektakuler loh.Â
Mau tahu apa saja pencapaian J&T Express?
Pertama. J&T Express telah berhasil mengimplementasikan "shorting" otomatis, mesin "shorting" otomatis. Dengan keberadaan mesin shorting otomatis ini, ternyata mampu menyorting 30.000 paket dalam satu jam. Jadi cukup banyak memotong waktu (efisiensi waktu).
Kedua. J&T Express telah berhasil mendapatkan berbagai penghargaan dari berbagai pihak seperti TOP Brand 2018, TOP Business Opportunity 2018, Service Quality (SQ) Award 2018, Marketing Award 2018, TOP Brand 2019.
Ketiga. J&T Express telah berhasil mengekspansi perusahaannya ke berbagai negara yang ada di Asia Tenggara, seperti Malaysia, Vietnam, Thailand, Filipina, Singapura dan Kamboja.
Keempat. Kalau kita bandingkan antara jumlah pengiriman J&T Express tahun 2018 dan 2019, khususnya periode 10.10 dan 11.11 terlihat adanya peningkatan yang signifikan.
Kalau pada  tahun 2018 periode 10.10 terdapat 2.000.000 paket pengiriman, maka pada tahun 2019 jumlah pengirimannya mencapai 4.500.000 paket.
Sementara untuk periode 11.11 pada tahun 2018 terdapat jumlah pengiriman 3.600.000 paket, sementara pada tahun 2019 mencapai 6.000.000 paket.
Bagi seorang yang membutuhkan layanan cepat, terpercaya dengan jangkauan yang luas, tentu pilihannya akan jatuh pada J&T Express ini.
Begitu pula dengan kalangan milenial, J&T Express ini pun bisa menjadi pilihan. Mengingat J&T Express sangat aktif di berbagai media sosial seperti facebook, twitter, instagram dan youtube.
Tentu dengan keaktifan di media sosial yang digandrungi oleh kalangan milenial tersebut tentu akan mampu menyampaikan konten menarik dan informasi yang cepat tentang hal-hal yang berhubungan dengan pengiriman.
Dalam hal ini, J&T Express memiliki cara tersendiri untuk menyampaikan informasi tersebut, tentu sesuai dengan karakteristik media sosialnya, misalnya orang-orang yang menggunakan facebook yang lebih tertarik dengan yang visual, sementara pengguna instagram lebih ke tampilan yang estetika.
Tentu semua itu dilakukan agar tidak ada satu pun "followers" atau pelanggan di media sosial yang terlewatkan. Intinya, walau cara penyampaian berbeda tetapi pesan yang disampaikan tetap sama.
Nah, bagaimana J&T Express dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0 yang sedang gencar-gencarnya dibicarakan saat ini, sudah siapkah bersaing?
Sejati kita tahu bahwa Revolusi Industri 4.0 itu identik dengan Artificial Inteligence (AI) dan Internet of Things (IoT).
Kalau melihat terobosan-terobosan yang dilakukan, seperti adanya teknologi  mesin sortir otomatis (Automatic Shorting Machine) yang mampu menyortir lebih dari 180 destinasi, termasuk pengiriman paket ke luar Pulau Jawa dalam satu putaran dengan kapasitas sortir mencapai 30.000 paket per jam.Â
Hal itu tentu dapat melakukan efektivitas dan efisiensi dalam pengiriman, sehingga barang pelanggan yang dikirim akan lebih cepat prosesnya.
Begitu pula dengan cek resi J&T Express yang sangat mudah dilakukan. Cukup memanfaatkan smartphone di tangan, maka barang yang kita kirimkan akan terpantau sejak awal hingga barang tiba di tempat.
Itulah beberapa bentuk keunggulan dan kesiapan dari J&T Express untuk bersaing di era Revolusi Industri 4.0 yang sedang menghadang di depan.
Mau membuktikan layanan pengiriman era Revolusi Industri 4.0 ala  J&T Express? Yuk.... monggo!
___________
Sumber Informasi:
Talk Show J&T Express pada acara Persvektif "Deliver The Content Across Indonesia"
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H