Dalam sebuah buku  "Citizen 4.0 : Menjejakkan Prinsip-Prinsip Pemasaran Humanis di Era Digital" yang ditulis oleh Hermawan Kartajaya, salah satu topik bahasan yang menarik bagi saya adalah tentang empat tahapan marketing.
Pada tahap marketing 1.0 dikatakan bahwa pemasar hanya memedulikan produk. Pengetahuan produk pun menjadi modal utama dari pemasar. Dengan demikian, mereka berusaha meyakinkan konsumen dengan berbagai cara tanpa peduli kondisi konsumen.
Berbeda dengan tahap marketing 2.0 yang berhulu pada customer centric. Artinya konsumen menjadi pusat dari segala aktivitas pemasaran. Jadi, pemasar pun didorong terlebih dahulu meneliti keinginan dan kebutuhan konsumen, kemudian merancang produk yang cocok.
Sementara kalau tahap marketing 3.0 dikatakan bahwa produk yang bagus, customer centric, bisa saja menjadi sia-sia kalau pemasarannya tidak dilakukan secara human spirit. Konsumen harus dipandang sebagai manusia yang memiliki pikiran, hati dan semangat.
Nah, bagaimana dengan tahap marketing 4.0?
Marketing 4.0 itu bersifat kekinian, semuanya dikaitkan dengan digitalisasi. Tapi perlu diwaspadai, hakikat kemanusiaan bisa hilang atau berkurang ketika digitalisasi hanya melahirkan kecepatan. Untuk itu, marketing 4.0 tidak boleh lepas dari esensi marketing 3.0 yang tetap memandang sisi kemanusian dari konsumen tersebut.
Kalau kita bicara tentang digitalisasi, tidak bisa dimungkiri bahwa di era ini telah memaksa orang melakukan berbagai interaksi di dunia maya. Termasuk interaksi antara penjual dan pembeli barang, antara penyedia dan pengguna jasa. Salah satu media yang mereka gunakan adalah situs (website).
Permasalahannya, bagaimana kita mengenali bahwa sebuah situs tersebut dapat dipercaya sebagai media interaksi antara penjual dan pembeli barang, antara penyedia dan pengguna jasa?Â
Sebab kita tahu sangat banyak situs yang ada di dunia maya. Bahkan bukan sekali dua kali kita mendengar ada kerugian dan ketidakpuasan yang ditimbulkan oleh interaksi di dunia maya tersebut.
Sarannya, kita perlu semakin melek teknologi dan informasi, misalnya perlu mengenali situs terpercaya yang memiliki reputasi yang baik dalam mendukung interaksi penjual dan pembeli  barang, penyedia dan pengguna jasa dari dunia maya. Sehingga kedua belah pihak terhindar dari kerugian yang mungkin terjadi.
Untuk itu, beberapa hal berikut yang bisa menjadi bahan perhatian kita, apakah situs tersebut memiliki identitas yang jelas, mudah tidaknya melakukan interaksi dengan pengelola atau pengguna lain, terdapat testimoni yang bisa dipercaya, kemudian apakah situsnya memiliki domain gratisan? Tentu masih banyak lagi.
Nah, bagi Anda yang berkecimpung sebagai penjual dan pembeli di dunia maya, atau perusahaan yang sedang melakukan proses pengadaan barang dan jasa, Mbizmarket adalah tempat yang tepat untuk Anda.Â
Mbizmarket atau www.mbizmarket.co.id merupakan situs terpercaya yang berhubungan dengan penyediaan barang dan jasa (e-procurement). Atau melalui situs ini, para pelaku usaha dari berbagai skala, baik skala kecil, menengah dan besar, dapat dengan mudah berkomunikasi dengan vendor penyedia barang atau jasa tanpa harus bertatap muka.
Sebagai situs B2B Marketplace untuk belanja perusahaan, Mbizmarket ternyata didukung oleh sistem yang terbaik, ribuan penjual terpercaya yang siap memenuhi kebutuhan pengadaan perusahaan Anda, dengan ketersediaan pululuhan ribu produk.
Nah, kalau Anda memiliki perusahaan yang sedang memiliki masalah dalam proses pengadaan barang dan jasa atau memang sedang mencari situs yang berhubungan dengan pengadaan barang dan jasa, ada baiknya segera berselancar ke Mbizmarket.
Ngomong-ngomong, apa sih manfaat e-procurement bagi sebuah perusahaan?
Dari sebuah sumber (mbiz.co.id) mengatakan bahwa penggunaan e-procurement tersebut adalah untuk mempermudah proses pengadaan barang dan jasa. Manfaat berikutnya untuk penghematan biaya administrasi pengadaan, mempercepat proses pengadaan, meningkatkan transparansi dalam pelaksanaan.Â
Sementara kalau dari sisi kelebihan memanfaatkan e-procurement, bahwa proses pencarian produk, harga, deskripsi, dapat dilakukan secara online. Persetujuan bisa juga Anda dapatkan secara online sehingga mempermudah proses kerja yang lebih cepat. Selain itu, proses pembayaran pun dapat dilakukan di awal atau di akhir saat barang diterima.Â
Nah, sebagai pionir solusi pengadaan online, maka Mbizmarket ternyata memiliki berbagai keunggulan lho! Misalnya, belanja pengadaan lebih efisien dengan sistemnya yang terintegrasi. Kemudian fitur-fitur yang tersedia pada sistem mengedepankan efisiensi dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing perusahaan. Sementara pilihan harganya terbaik, kompetitif dan transparan dari ribuan penjual yang terdaftar pada situs tersebut.
Sebagai bukti nyata, berikut adalah testimoni dari pengguna Mbizmarket, baik itu sebagai penjual atau pembeli.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H