Mengantri berjam-jam untuk sebuah layanan perbankan bukanlah mitos, tapi fakta. Baik dari urusan menyetor sejumlah uang, menarik uang, melakukan transfer serta berbagai layanan lainnya.
Keluar dari ATM yang satu karena ada masalah dengan mesinnya, lalu sibuk mencari ATM lainnya untuk menyelesaikan tagihan-tagihan yang jatuh tempo. Aktivitas ini pun sangat menguras tenaga, menghabiskan waktu, bahkan terkadang kesal tidak dapat dihindarkan.
Itulah beberapa pengalaman pribadi dan mungkin pengalaman teman-teman pembaca juga ketika harus berurusan dengan perbankan di era "zaman old".
Tetapi di era "zaman now" begitu berbeda. Kemajuan teknologi informasi telah meruntuhkan cara-cara lama. Membuat orang harus menerima dan sedia untuk berselancar di berbagai gelombang perubahan tersebut.
Hasilnya, sekarang saya tidak pernah antri lagi di depan teller atau bagian informasi untuk melakukan transaksi perbankan atau hanya untuk sekedar mencari informasi teranyar dari perbankan tersebut. Cukup memanfaatkan gadget di tangan. Kapan dan dimana pun bisa dilakukan.
Di era internet dan digital sekarang, memang tidak ada kata lain, harus berubah dan berinovasi. Jika tidak, cepat atau lambat akan punah. Begitulah kenyataan yang harus dihadapi setiap lembaga, organisasi maupun perusahaan.
Semua harus berselancar dengan lihai, mengikuti liukan gelombang yang bergerak semakin cepat. Artinya berselancar ditengah-tengah arus perubahan adalah sebuah keniscayaan untuk tetap eksis dan bertahan.
Bank Danamon adalah sebuah perusahaan perbankan yang tidak luput dari tuntutan perubahan dan inovasi tersebut. Di usianya ke-61, perusahaan yang berbasis layanan tersebut, tentu harus benar-benar memperhatikan efektivitas, kualitas serta kecepatan layanan terhadap permintaan dan kebutuhan masyarakat.
Bukan itu saja. Bank Danamon pun harus mengakomodir generasi terkini atau generasi millenial yang semakin dominan pengaruhnya.
Jika dilihat dari trend yang berkembang dikalangan generasi millenial, bahwa teknologi digital telah mengubah banyak hal dalam bekerja, berinteraksi dan berkomunikasi.
Dalam bekerja, generasi ini pun lebih tertantang dengan pekerjaan kreativitas, fleksibel dan bebas. Untuk interaksi dan komunikasi lebih banyak memanfaatkan gadget dan media sosial. Sementara untuk gaya hidup, bahwa generasi millenial sangat menikmati hal-hal yang berbau traveling dan kuliner.
Untuk itu Bank Danamon tidak pernah lelah untuk berinovasi dan mengakomodir kebutuhan generasi tersebut. Kali ini, Bank Danamon pun memperkuat kanal komunikasi digital melalui digital journey.
Melalui peluncuran Corporate Website dan pesona instagram yang begitu menarik dan sangat update, diharapkan mempermudah dalam mengakses serta mempercepat interaksi digitalnya.
Saya pribadi ketika mencoba berselancar di website Bank Danamon, ternyata sangat banyak informasi yang bisa diperoleh. Mulai dari jenis-jenis layanan  Bank Danamon yang mudah untuk dimengerti. Artinya tanpa harus berkunjung ke bank yang bersangkutan, kita pun bisa mempelajari melalui website tersebut.
Belum lagi di website tersebut dilengkapi dengan hal-hal yang berkaitan dengan karir, info untuk kaum muda, keluarga, strategi memulai usaha, stategi menambah pendapatan, dan lain sebagainya.
Disamping kehadiran website tersebut, peluncurkan aplikasi DCard Mobile dan DCash Connect Mobile pun turut meramaikan dan meningkatkan pelayanan Bank Danamon kepada masyarakat luas, secara khusus bagi generasi millenial.
DCard Mobile sendiri merupakan perangkat lunak yang bertujuan untuk memberi kenyamanan dalam menjalankan manajemen kartu kredit untuk nasabah Danamon. DCard Mobile menyediakan jasa layanan informasi dan transaksi kartu kredit yang dapat diakses kapanpun, dimanapun melalui smartphone. Adapun fitur-fitur DCard Mobile tersebut seperti Money Transfer, My Own Installment, Bill Poin dan Poin Reward.
Untuk memulainya silahkan download melalui Play Store dan Appstore di smartphone kesayangan Anda.
Salam Inovasi
-----------
Referensi :
- Aplikasi DCard Mobile Danamon dan DCash Mobile Danamon
- danamon.co.id
- danamonline.com
- event.kompasiana.com
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H