Mohon tunggu...
Okty Setianingrum
Okty Setianingrum Mohon Tunggu... Freelancer - Mahasiswi FISIP UAJY 2017

Halo! Saya sangat suka menulis sejak kecil.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Mari Mengenal Multimedia

10 Februari 2020   02:45 Diperbarui: 10 Februari 2020   02:50 102
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Perkembangan teknologi membawa kita ke dalam pengalaman baru dalam menikmati informasi. Informasi yang ada dapat kita nikmati dalam berbagai macam bentuk.

Berada di era digital membuat kita hidup dalam segala kemudahan. Hal ini dikarenakan telah banyak muncul teknologi di sekitar kita. Salah satu bentuk kemajuan teknologi adalah kehadiran istilah multimedia. 

Mendengar kata multimedia tentu tidak lagi menjadi hal yang asing. Hal ini dikarenakan saat ini kita hidup dalam era digital yang sudah memanfaatkan ragam bentuk media dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, pemberitaan yang dikemas dalam bentuk audio, foto, infografis, teks maupun video.

Dalam foto jurnalistik, multimedia dipahami sebagai istilah yang merujuk pada fotografi yang digabungkan dengan konten lain. Hal ini dapat dengan mudah kita temukan dalam dunia online.

Di galeri foto online kita bisa menemukan banyak sekali potret sebuah foto yang disertakan teks, video pendek dan video panjang hingga dalam bentuk siaran film. Konten informasi tersebut dijadikan sebagai cara bagi fotografer untuk bercerita atas suatu hal yang sedang terjadi. 

Seperti yang telah dijelaskan, multimedia menggabungkan berbagai bentuk media. Seperti, audio, foto, teks, grafis hingga video. Oleh karena itu, dalam multimedia terdapat dua sistem elemen yang mendukung proses produksinya. Dua sistem elemen tersebut adalah :

1. Audio

Sumber: conceptdraw.com
Sumber: conceptdraw.com

2.Video

Dalam multimedia juga terdapat dua jenis kategori. Kategori tersebut terdiri dari linier dan non-linier. Kedua kategori ini hanya dibedakan berdasarkan pada interaktivitas dari penggunanya. Konten non-linier atau konten hypermedia menawarkan interaktivitas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun