Mohon tunggu...
Theresia Albertina R.C
Theresia Albertina R.C Mohon Tunggu... -

Tugas Soft Skill FE - Atma Jaya

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Menulis Pesan Persuasi

26 Oktober 2016   16:39 Diperbarui: 26 Oktober 2016   16:49 9
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Persuasi adalah usaha untuk mengubah perilaku, kepercayaan, atau tindakan seseorang. Menggunakan proses penulisan pesan persuasi ada 3 langkah yaitu:

Langkah 1: Rencanakan Pesan Anda, terdiri dari

Menganalisis situasi yaitu dapat mengidentifikasi sifat dan jumlah pesan tersebut dengan menganalisis audiens. Pertimbangkan sisi postif dan sisi negatifnya atas solusi yang anda berikan. Untuk memahami audiens dan mengkategorikan kebutuhan mereka, anda dapat merujuk keinformasi spesifik seperti demografi dan psikografi.

Mengumpulkan Informasiyaitu apa yang audiens Anda ketahui, yakini atau rasakan saat ini dengan apa yang anda inginkan untuk mereka ketahui, yakini atau rasakan sebagai akibat mereka menerima pesan Anda.

Memilih Media yang Tepat, Bila Anda tidak yakin bahwa Anda dapat menjangkau semua atau hampir semua audiens Anda dengan satu media, Anda akan memerlukan dua atau lebih media, seperti menindaklanjuti e-mail yang berisi kempanye dengan surat tertulis.

Mengatur Informasi Anda, batasi ruang lingkup anda agar melibatkan hanya informasi yang dibutuhkan untuk membantu audiens mengambil langkah berikutnya, ketika mengambil keputusan yang dipilih.

Langkah 2: Tulis Pesan Anda

Berikut adalah karakteristik untuk membangun kredibilitas dalam pesan persuasi yaitu gunakan bahasa yang sederhana, dukung pesan dengan fakta, sebutkan sumber Anda, jadilah seorang ahli, bangun landasan berpikir yang sama, jadilah orang yang objektif dan terakhir adalah tampilkan niat baik anda.

Langkah 3: Selesaikanlah Pesan Anda

Selesaikan pesan dengan cara mengevaluasi isi pesan Anda, cobalah untuk menilai argumen Anda secara objektif dan cobalah untuk tidak melebih-lebihkan kredibilitas anda.

Membuat Kerangka Pesan dengan Model AIDA, yaitu:

1. Attention. Menulis kalimat pembuka yang singkat dan menarik perhatian

2. Interest. Buat gambar yang lebih detail terkait masalah yang Anda usulkan untuk diselesaikan dengan solusi yang Anda tawarkan 

3. Desire. Bagaimana perubahan tersebut akan memberikan manfaat kepada mereka, baik secara pribadai maupun profesional

4. Action. Berikan saran tentang tindakan yang Anda inginkan dari audiens Anda.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun